BAGIAN 4. PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING

Berdasarkan hasil rekapitulasi laporan pemantauan secara langsung dan laporan tertulis kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut yang dihimpun oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut, diperoleh data sekolah yang  menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya secara daring (dalam jaringan) atau online.
 " Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya" 
Dari 53 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Tanah Laut, sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara daring ada sebanyak 16 sekolah atau sekitar 30,2%  yang melaksanakannya pada Jumat, 5 Juni 2020. Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya.

KesepuluhUPTD SMPN 5 BATI-BATI. Sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Bati-Bati ini secara geografis letak berada di  relatif jauh dengan Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sekitar 50 kilometer lebih.. Namun demikian, akses internet di daerah tersebut rupanya dapat mendukung pengumuman kelulusan secara daring. Sekolah yang dipimpin oleh Supian, S.Pd ini memiliki jumlah siswa kelas IX  sebanyak 28 dan  dengan tingkat kelulusan 100 %. 
Menurut Supian, S.Pd, pihaknya menyampaiksan pengumuman kelulusan secara daring melalui aplikasi WA (WhatsApp) karena masih dilarang untuk mengumpulkan anak-anak sekolah sesuai dengan surat edaran Bupati  dan Dinas Pendidikan Kab.Tanah Laut untuk memutuskan penyebaran covid-19. Lalu, mengenai kendala dalam penyampaian pengumuman kelulusan siswa kelas IX tersebut, Supian, S.Pd menegaskan bahwa pelaksanaanya lancar dan tidak ada kendala,
"  Namun demikian, akses internet di daerah tersebut rupanya dapat mendukung pengumuman kelulusan secara daring. Sekolah yang dipimpin oleh Supian, S.Pd ini memiliki jumlah siswa kelas IX  sebanyak 28 dan  dengan tingkat kelulusan 100 %. "
Kesebelas.  UPTD SMPN 1 PANYIPATAN.  Sekolah yang berada di Kecamatan Panyipatan ini dipimpin oleh Mukramin.  Memiliki jumlah siswa kelas IX sebanyak 77, dan melaksanakan pengumuman kelulusan secara daring melaui aplikasi WA (WhatsApp). Alasan mengumumkan secara daring menurut Mukramin,  untuk menghindari kerumunan siswa dalam jumlah banyak dalam rangka mengantisipasi Covid-19 tandasnya.
Dalam penyampaian pengumuman kelulusan secara daring, kendala yang dihadapi menurut kepala sekolah, sebagian besar siswa tidak memiliki HP dan terkendala jaringan. Meski demikian, pelaksanaan pengumuman berjalan dengan baik, ujarnya.
'
" Sekolah yang berada di Kecamatan Panyipatan ini dipimpin oleh Mukramin.  Memiliki jumlah siswa kelas IX sebanyak 77, dan melaksanakan pengumuman kelulusan secara daring melaui aplikasi WA (WhatsApp). Alasan mengumumkan secara daring menurut Mukramin,  untuk menghindari kerumunan siswa dalam jumlah banyak dalam rangka mengantisipasi Covid-19 tandasnya "

Keduabelas SMP ANNAJAH PUTRA TAMBANG ULANG.. Sekolah yang berada di  wilayah Kecamatan Tambang Ulang ini merupakan sekolah yang berbasis keagamaan (pondok pesantren). Sekolah ini dipimpin oleh Muhammad Sabri, S.Pd dengan jumlah siswa kelas IX sebanyak 11 orang.
Dalam menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya secara daring, sekolah ini menggunakan aplikasi WA (WhatsApp). 
Alasan menggunakan daring menurut Muhammad Sabri, S.Pd, karena jarak antara siswa dan orangtuanya dengan sekolah rata-rata jauh. Sedangkan kendala yang dihadapi menurut kepasla sekolah, kendala ringan, seperti lambatnya respon penerima. Kemungkinan dikarenakan kualitias jaringan yang kurang baik ujarnya.
" Sekolah yang berada di  wilayah Kecamatan Tambang Ulang ini merupakan sekolah yang berbasis keagamaan (pondok pesantren). Sekolah ini dipimpin oleh Muhammad Sabri, S.Pd dengan jumlah siswa kelas IX sebanyak 11 orang"


Demikian profil singkat beberapa sekolah yang lebih awal mengirimkan laporan pelaksanaan pengumuman kelulusannya, dan akan dilanjutkan dengan profil sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusannya secara daring pada bagian berikutnya. Masih ada 4 sekolah lagi yang belum ditampilkan profil sekolahnya. Insyaallah akan dilanjutkan dengan tulisan artikel berikut. sesuai urutan masuk laporannya.
#BangkitPendidikanIndonesia
#DirumahdanMenulisAja

Post a Comment for "BAGIAN 4. PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING "