PENYERAHAN PENGUMUMAN KELULUSAN ‘DOOR TO DOOR’ JADI PILIHAN SEKOLAH INI


Saat sekolah lain melaksanakan penyerahan pengumuman dengan cara menghadirkan siswa atau orangtuanya ke sekolah, atau mengirimnya secara daring atau online, cara berbeda dilaksanakan oleh dua sekolah ini. Saat pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP se Tanah Laut pada Jumatm 5 Juni 2020 yang lalu, ada 2 (dua) sekolah yang memilih cara berbeda dalam menyerahkan pengumuman kelulusan siswanya ditengah pandemi COVID-18 yang masih berkecamuk saat ini.
Dari 53 SMP negeri dan swasta se Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, sekolah  ini melaksanakan cara yang berbeda dengan sekolah lain. Adalah UPTD SMPN 2 Tambang Ulang dan UPTD SMPN 4 Bati-Bati yang melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya dengan mengantar langsung ke rumah-rumah siswanya alias ‘door to door’. Tentu saja, ada alasan atau dasar tertentu bagi kedua sekolah tersebut melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya dengan cara ‘ door to door’ tersebut.
Menurut Sukimin, M.Pd, sang Kepala Sekolah UPTD SMPN 2 Tambang Ulang mengatakan alasanya melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara ‘door to door’  karena jumlah siswa memungkinkan  untuk dilakukan ini. “ Door to door “ karena jumlah siswa memungkinkan untuk itu” ujarnya. Memang, jumlah siswa di sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Tambang Ulang ini, sekitar 15 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sebanyak 26 siswa.
Kepala sekolah membagi tugas kepada masing-masing guru dalam menyebarkan atau menyerahkan pengumuman kelulusan siswanya. Dalam pelaksanaannya, menurut Sukimin, M.Pd ada kendala yang dihadapi oleh tim guru pengantar tersebut. “Kendala door to door, akses jalan yang tidak ideal “ ujar kepala sekolah yang merupakan guru olahraga tersebut.

"Menurut Sukimin, M.Pd, sang Kepala Sekolah UPTD SMPN 2 Tambang Ulang mengatakan alasanya melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara ‘door to door’  karena jumlah siswa memungkinkan  untuk dilakukan ini. “ Door to door" 

Sekolah berikutnya yang melaksanakan pengumuman kelulusan siswa kelas IX secara ‘door to door’ adalah UPTD SMPN 4 Bati-Bati. Sekolah yang dipimpin oleh Martini Elly, M.Pd ini berada di wilayah Kecamatan Bati-Bati, sekitar 30 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut. Dengan jumlah siswa kelas IX sebanyak 69 orang, proses penyerahan dilaksanakan beberapa dewan guru yang menyebar ke rumah-rumah siswa.
Perubahan secara drastis dalam dunia pendidikan sebagai akibat dampak pandemi COVID-19 membuka banyak kreativitas dan inovasi pihak sekolah, baik kepala maupun guru. Tidak terkecuali dalam penyampaian pengumuman kelulusan siswa tahun pelajaran 2019/2020 ini. Kepala sekolah dan guru dalam menyikapi kondisi yang tidak kondusif untuk mengumpulkan siswa ke solah berupaya mencari pola atau cara lain guna menghindari pengumpulan siswa yang berpotensi menyebarkan virus COVID -19 tersebut.
" Sekolah yang dipimpin oleh Martini Elly, M.Pd ini berada di wilayah Kecamatan Bati-Bati, sekitar 30 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut. Dengan jumlah siswa kelas IX sebanyak 69 orang, proses penyerahan dilaksanakan beberapa dewan guru yang menyebar ke rumah-rumah siswa.'

Pola atau cara mengumpulkan siswa yang jumlahnya relatif banyak berpotensi terjadinya penyebaran virus COVID-19, meski dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, ketika siswa tersebut keluar dari lingkungan sekolah, apakah pihak sekolah dapat menjamin siswa tidak berkumpul diantara mereka untuk merayakan kelulusannya?
Kearifan bersikap, berpikir, dan bertindak kepala sekolah dan guru dalam menyikapi kondisi di lingkungan sekitar sekolahnya pada masa pendemi COVID-19 ini sangat diperlukan. Himbauan dan anjuran Pemerintah dan pihak berwenang perlu diperhatikan, dan salah satunya meminimalisir pertemuan siswa dalam jumlah relatif banyak di sekolah seperti pengumuman kelulusan tersebut. Apalagi sampai pihak sekolah meng’upload’ kegiatan pengumuman dengan mengumpulkan siswanya tersebut ke media sosial.
baca juga di sini: https://blog.igi.or.id/penyerahan-pengumuman-kelulusan-door-to-door-jadi-pilihan-sekolah-ini.html

#BangkitPendidikanNegeriku
#DirumahdanMenulisAja


Post a Comment for "PENYERAHAN PENGUMUMAN KELULUSAN ‘DOOR TO DOOR’ JADI PILIHAN SEKOLAH INI"