UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR TERLENGKAP KIRIMKAN LAPORAN HASIL KELULUSAN

Pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP yang diumumkan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 5 Juni 2020 yang lalu juga dilaksanakan oleh sekolah-sekolah di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.  Beberapa sekolah dari 53 SMP negeri dan swasta di 'Bumi Tuntung Pandang ' Tanah Laut ini melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara daring (dalam jaringan) atau online.

Menurut data yang dihimpun oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut melalui laporan secara daring oleh kepala sekolah diperoleh data ada 15 (28,3 %) sekolah yang mengumumkan kelulusannya secara daring dari 53 SMP.
Salah satu sekolah yang mengumumkan kelulusan siswa kelas IX secara daring dengan laporan yang lengkap adalah UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR. Hal inilah yang membedakan dengan sekolah lainnya dalam penyampaian laporan daringnya dalam rangka pemantauan pelaksanaan pengumuman kelulusan oleh sekolah di Kabupaten Tanah Laut. Dalam pelaksanaan pengumuman kelulusan secara daring yang diterima pada umumnya hanya laporan berupa tulisan semata tanpa disertai data dukungnya berupa foto apalagi vedio. Alasannya, karena dilaksanakan secara daring, sehingga tidak ada foto atau vedio tentang kegiatan tersebut.
" Secara geografis , lokasi UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR yang dipimpin oleh NOR ASMANI, S.Pd, berada di wilayah Kecamatan Bumi Makmur yang berjarak sekitar 40 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut. Lokasi dan lingkungan sekolah ini berada di kawasan pedesaan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banjar" 

Secara geografis , lokasi UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR yang dipimpin oleh NOR ASMANI, S.Pd, berada di wilayah Kecamatan Bumi Makmur yang berjarak  sekitar 40 kilometer dari Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut. Lokasi dan lingkungan sekolah ini berada di kawasan pedesaan yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banjar.
Berdasarkan laporan yang diterima, jumlah siswa kelas IX di UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR yang beralamat Jl, Handil Babirik RT 2 Nomor 63 Kecamatan Bumi Makmur, berjumlah sebanyak 28 siswa. Ketika pengumuman kelulusan tersebut, semua siswa dinyatakan lulus semuanya alias 100%. Alasan pihak sekolah melaksanakan pengumuman kelulusan secara daring tersebut, karena daerah sekitar sekolah masih berada di zona merah, belum sepenuhnya melaksanakan protokol kesehatan. Sedangkan aplikasi yang digunakan  dalam penyampaian pengumuman kelulusan siswanya,dengan aplikasi WA (WhatsApp).
"Berdasarkan laporan yang diterima, jumlah siswa kelas IX di UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR yang beralamat Jl, Handil Babirik RT 2 Nomor 63 Kecamatan Bumi Makmur, berjumlah sebanyak 28 siswa" 
Beberapa hal  yang membedakan dengan sekolah lainya yang juga melaksanakan pengumuman kelulusan secara daring antara lain; (1)  Melampirkan  surat keputusan kepala sekolah tentang pengumuman kelulusan siswanya beserta lampirannya dalam bentuk pdf;  dan (2) Melampirkan foto-foto siswa kelas IX dengan disertai tulisan  yang isinya " Selamat, Anda dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR. Jangan lupan belajar dan terus bersyukur".
" ...(1)  Melampirkan  surat keputusan kepala sekolah tentang pengumuman kelulusan siswanya beserta lampirannya dalam bentuk pdf "  


Kreativitas dan inovasi kepala sekolah dan dewan guru dalam rangka menyikapi situasi dan kondisi pandemi COVID-19 yang masih belum reda ini sangat diperlukan, seperti yang dilakukan oleh  Kepala sekolah dan dewan guru UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR tersebut di atas. Pada saat kondisi pandemi COVID-19 yang belum reda ini, haruslah arif dan bijaksana dalam menentukan kegiatan di sekolah guna mendukung kebijakan Pemerintah dalam nasa darurat ini.

" ...dan (2) Melampirkan foto-foto siswa kelas IX dengan disertai tulisan  yang isinya " Selamat, Anda dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR. Jangan lupan belajar dan terus bersyukur"

Terima kasih dan apresiasi kepada kepala sekolah dan dewan guru UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR atas kreativitasnya dalam menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya yang tetap mentaati anjuran Pemerintah dalam masa darurat pandemi COVID -19.

#BangkitPendidikanNegeriku 
#DirumahajadanMenulisaja


Post a Comment for "UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR TERLENGKAP KIRIMKAN LAPORAN HASIL KELULUSAN"