CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-TAMIANG LAYANG-2019. Bagian 18. Kegiatan Workshop Hari II Sesi Siang


Penulis dan Ibu Diana Mulawarmaningsih kembali ke tempat kegiatan Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan oleh Pengurus IGI (Ikatan Guru Indonesia) di aula BKD Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah hari kedua sesi siang pada sekitar pukul 13.00 WIB, Selasa, 2 Juli 2019.  Sesampai di tempat kegiatan workshop tersebut peserta pada umumnya masih melanjutkan menulis. Sesuai dengan kesepakatan dengan pihak panitia dan Pengurus IGI  Kabupaten Barito Timur, bahwa pelaksanaan workshop hari kedua sesi siang diisi dengan kegiatan penyelesaian tulisan pesertaagar dapat selesai pada siang ini juga dan dikirim melalui WA kepada narasumber sesuai genre tulisannya.
Berdasarkan hasil pendataan genre atau jenis tulisan dari peserta workshop, pada umumnya mereka memilih genre atau jenis tulisan cerita pendek atau cerpen, sedangkan yang memilih tulisan artikel hanya sedikit. Proses penulisan dan penyampaian atau pengiriman hasil tulisan kepada narasumber masih berlangsung hingga pukul 13.30 WIB. Pengiriman hasil tulisan oleh peserta kepada narasumber melalui WA, bukan dengan flasdick sebagaimana biasanya. Jika tidak memiliki aplikasi atau handphone sendiri, dapat menitipkannya kepada peserta lain yang dapat mengirim melalui WA.
Kegunaan melalui aplikasi WA ini adalah untuk menghindari adanya virus yang mungkin dapat terikut saat proses pemindahan data atau fail tulisan ke laptop narasumber. Disamping itu, berdasarkan informasi dari Ibu Diana Mulawarmaningsih, bahwa beliau akan memberikan hadiah berupa buku kepada 10 (sepuluh) pengirim hasil tulisan tercepat oleh peserta. Oleh sebab itu, untuk memudahkan perhitungan kecepatan menyampaikan tulisan, maka dilakukan melalui kiriman WA, karena data waktu pengirim pesan terdata dengan akurat. Kami berdua sebagai narasumber tinggal melihat data masuk kiriman hasil tulisan yang dikirim peserta dengan data waktu yang tertera di data pengiriman pesan WA tersebut.
Proses pengiriman hasil tulisan semakin mendekati waktu deadline yang ditentukan oleh narasumber, karena kegiatan selanjutnya akan dilakukan prosesi atau upacara penutupan workshop. Ibu Diana Mulawarmaningsih selaku narasumber yang menggagaspemberian hadiah kepada peserta tercepat atau terdahulu mengirim hasil tulisan selalu mengingatkan akan waktu pengumpulan yang semakin sedikit, hingga akhirnya ditutup sekitar pukul 13.30 WIB. Selanjutnya, kami berdua mendata jumlah hasil kiriman sesuai genre atau jenis tulisan pada kiriman WA di handphone atau laptop masing-masing.
Berdasarkan data kiriman hasil tulisan  melalui WA pada saat penutupan pengiriman hasil tulisa, sekitar pukul 13.30, terdapat 52 peserta mengirim tulisannya berupa cerpen, dan 6 peserta mengirim tulisannya berupa artikel. Dari data tersebut,  nantinya diambil 10 (sepuluh) peserta tercepat menyerahkan hasil tulisnya, dengan pembagian sebanyak 7 (tujuh) peserta tercepat dari penulis cerpen, dan 3 (tiga) peserta tercepat dari penulis artikel.
Penulis mendata peserta tercepat yang mengirim hasil tulisan dari genre atau jenis tulisan artikel dari peserta yang masuk ke WA penulis, lalu mengirimkan data peserta tercepat tersebut kepada Ibu Diana Mulawarmaningsih selaku penyumbang hadiah buku bagi peserta workshop tercepat menyelesaikan dan mengirim tulisannya. Tugas selaku narasumber dan pendataan peserta tersepat sesuai ketentuan dan kesepakatan bersama sudah selesai, dan kemudian kami bersiap-siap untuk mengikuti upacara penutupan workshop.


Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-TAMIANG LAYANG-2019. Bagian 18. Kegiatan Workshop Hari II Sesi Siang"