CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-TAMIANG LAYANG-2019. Bagian 17. Kegiatan Workshop Hari II Sesi Pagi


Setelah menyiapkan peralatan yang dibawa, terutama bahan presentasi dan kuis, penulis segera keluar kamar dan menuju mobil di parkiran hotel. Ternyata, ketika penulis sampai di teras hotel, Ibu Diana Mulawarmaningsih, rekan sesama narasumber penulis, sudah menunggu di depan hotel. Hari itu, Selasa, 2 Juli 2019, sekitar pukul 07.15 WIB, penulis dan Ibu Diana Mulawarmaningsih akan kembali berangkat menuju aula BKD Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah untuk melaksanakan tugas mengisi materi pada Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan oleh Pengurus IGI (Ikatan Guru Indonesia) di aula BKD Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah hari kedua atau hari terakhir.
Sesampai di tempat kegiatan, peserta sudah banyak yang datang dan dengan araha panitia mereka lagi menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai tanda akan dimulainya kegiatan hari kedua sesi pagi. Penulis dan Ibu Diana Mulawarmaningsih segera masuk ruangan dan bergabung dengan peserta yang sudah siap mengikuti materi kedua sesi pagi ini. Pada hari kedua sesi pagi ini diawali dengan materi pembuatan outline tulisan yang kembali disampaikan oleh  Ibu Diana Mulawarmaningsih. Dalam paparannya, narasumber lebih menekankan perlunya dibuat terlebih dulu outline agar nantinya tulisan yang kita buat dapat terarah sesuai dengan keinginan.
Selanjutkanya, penulis menjadi narasumber penyaji meteri berikutnya tentang menulis artikel dengan penyajian materi menggunakan powerpoint yang berjudul “Kita adalah Penulis”. Pembahasannya terkait dengan menulis artikel, yang diawali dengan menayangkan beberapa contoh tulisan artikel penulis yang pernah terbit pada koran Banjarmasin Post. Dilanjutkan dengan mengutip pendapat dari Buya Hamka tentang menulis. Buya Hamka pernah ditanya seseorang bagaimana beliau menjadi seorang penulis, beliau menjawab “ saya hanya mengutip, meringkas atau mengembangkan, mengambil hal-hal yang menarik, saya cerna kemudian analisa,  saya tambahkan bahan referensi yang sesuai, saya hubung-hubungkan, ditambah sedikit imajinasi, saya tuliskan ulang dengan kata-kata sendiri, saya cantumkan nama, maka jadilah saya seorang penulis”.
Paparan penulis yang disampaikan pada hari kedua sesi pagi tersebut merupakan penguatan dari paparan yang disampaikan pada hari pertama sesi siang, sehingga demikian telah selesai materi atau bahan yang penulis berikan kepada  peserta workshop. Seusai paparan penulis dilanjutkan dengan praktik menulis oleh peserta sesuai dengan jenis atau genre dan judul tulisan yang sudah disiapkan mereka sejak sore kemarin sebelum kegiatan ditutup pada hari pertama sesi siang.
Peserta worshop bekerja menulis dengan menggunakan laptop, handphone, gadget, dan bahkan ada yang hanya menulis di buku atau kertas. Sesuai dengan kesepakatan sebelumnya, bahwa pada hari kedua sesi siang nanti semua harus selesai dan dikumpul kepada narasumber sesuai dengan genre tulisan masing-masing. Pada saat peserta menulis, narasumber melakukan pendampingan langsung ke tempat duduk mereka, sambil melihat perkembangan hasil tulisannya. Demikian juga dengan penulis, sambil melihat dan membimbing peserta, penulis juga mengabadikannyanya dengan memfoto saat mereka bekerja menulis.
Menjelang pukul 12.00 WIB, peserta diminta istirahat sebentar untuk  menikmati makan siang yang sudah disediakan oleh panitia, dan penulis bersama dengan Ibu Diana Mulawarmaningsih juga istirahat dengan kembali ke hotel untuk melaksanakan Shalat Dhuhur serta menyiapkan atau membereskan barang bawaan untuk persiapan keluar hotel pada sore hari nanti. Sesampai di hotel, ternyata kamar terkunci, sehingga penulis melaksanakan shalat di ruang musollah hotel. Seusai shalat Ahmadiyanto dan ananda Muhammad Munawir Akbari datang ke hotel. Mereka berdua baru saja datang dari makan siang di warung makan tidak jauh dari hotel.

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-TAMIANG LAYANG-2019. Bagian 17. Kegiatan Workshop Hari II Sesi Pagi"