CATATAN MENGHADIRI PERINGATAN ISRA MI’RAJ KKG GUGUS CEMPAKA PELAIHARI


Seusai apel pagi  pada Rabu, 18 Maret 2020, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd, meminta kepada penulis untuk menghadiri peringatan Isra Mi,raj Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh KKG Gugus Cempaka Pelaihari. Penulis pu pada sekitar pukul 09.00 WITA berangkat ke UPTD SDN 1 Pelaihari tempat pelaksanaan kegiatan tersebut guna  melaksanakan tugas yang diamanatkan kepada penulis. Sebelum berangkat ke tempat penyelanggaraan, penulis melaporkan kepada Kepala Bidang Bina Dikdas, Anang Ifansyah, ST, bahwa penulis tidak dapat ikut untuk menghadiri undangan dari pihak MKKS SMP Tanah Laut yang juga melaksanakan rapat kerja bulanan di UPTD SMPN 2 Bati-Bati.

Perjalanan ke UPTD SDN 1 Pelaihari sekitar 10 menit dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, sehingga sekitar pukul 09.15 WITA penulis sampai di tempat tersebut. Saat itu masih belum banyak yang hadir, salah satunya Drs. Iriansyah, M.M.Pd, Ketua PGRI Kecamatan Pelaihari yang turut mengundang dalam kegiatan peringatan isra mi’raj yang dilaksanakan oleh Pengurus KKG Gugus Cempaka Pelaihari.  Sambil menunggu undangan yang lain, penulis dan Drs. Iriansyah, M.M.Pd berbincang-bincang di ruang Kepala Sekolah UPTD SDN 1 Pelaihari. Banyak hal yang kami perbincangan, salah satu diantaranya  tentang keadaannya di UPTD SMPN 2 Batu Ampar, sekolah yang baru selepas dimutasi dari UPTD SMPN 1 Pelaihari.
Sekitar pukul 09.30 WITA penulis dan Drs. Iriansyah, M.M.Pd diminta untuk masuk ke ruangan tempat kegiatan yang berada berada pada buah kelas di UPTD SDN 1 Pelaihari dengan cara duduk atau lesehan. Sementara itu, siswa –siswa UPTD SDN 1 Pelaihari yang tergabung dalam kelompok maulid habsy sedang melantunkan syair-syair maulid habsy yang diiringan dengan tabuhan tarbang atau rebana. Syair-syair pujian terhadap Nabi Muhammad SAW terus dikumandangkan untuk memeriahkan peringatan Isra Mi,raj Nabi Muhammad SAW tersebut sambil menunggu undangan yang akan menghadiri kegiatan tersebut. Lantunan syair-syair maulid habsy terus berkumandang hingga berakhir pada sekitar pukul 11.00 WITA, kemudian dilanjutkan acara peringatan isra mi;raj itu sendiri.
Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tersebut diawali dengan acara pembukaan. Pembawa acara mengajak para undangan untuk bersama-sama membuka acara dengan ucapan ‘basmalah’. Acara dilanjutkan dengan pegajian ayat suci al Quran oleh qori yang sudah disiapkan oleh penyelenggara, dan seusai pembacaan ayat-ayat suci al Quran dilanjutkan dengan acara sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Ketua KKG Gugus Cempaka Pelaihari, Hj. Ruslina Farida, S.Pd, kedua dari  Ketua PGRI Kecamatan Pelaihari, Drs Iriansyah, M.M.Pd, dan sambutan ketiga dari penulis selaku yang mewakili  Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut.
Seusai sambutan-sambutan dilanjutkan dengan ceramah agama sebagai acara  utama dengan penceramah Ustad Anshari. Penceramah dalam tausyiahnya menyampaikan antara lain tentang perlunya bersyukur dan bagaimana cara bersyukur yang baik menurut ajaran Islam, mengingatkan agar jangan takut namun tetap waspada terhadap virus corona dan bagaimana cara menyikapi menurut tuntunan agama terhadap suatu musibah. Selain itu, perceramah juga perlunya tetap menjalin silaturrahim seperti melalui majelis peringatan isra mi’raj ini dan majelis –majelis lainnya, perlunya menunaikan shalat dan belajar tentang bagaimana shalat yang baik sesuai tuntutan nabi, serta membahas satu per satu akibat tidak shalat atau melalaikan shalat.  Penceramah menutup tausyiahnya dengan mengajak hadirin agar melaksanakan shalat dengan baik dan mengajak bagi yang belum paham tentang shalat yang baik agar belajar dengan guru agama atau ustad yang ada sekitar lingkungannya. Kegiatan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh KKG Gugus Cempaka Pelaihari berkerja sama dengan Pengurus PGRI Kecamatan Pelaihari yang bertempat di UPTD SDN 1 Pelaihari berakhir pada sekitar pukul 12.00 WITA yang ditutup dengan doa dan hadirin menyantap hidangan yang disediakan oleh penyelenggara. Selanjutnya, penulis permisi dengan penyelenggara dan kepala sekolah untuk kembali ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut.


Post a Comment for "CATATAN MENGHADIRI PERINGATAN ISRA MI’RAJ KKG GUGUS CEMPAKA PELAIHARI"