CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 2. Keberangkatan Studi Tour


Sesuai dengan rencana dan jadwal yang sudah disusun oleh tim kerja MKKS UPTD SMP Tanah Laut, bahwa keberangkatan semua peserta yang menggunakan dua buah bus dimulai pada pukul 09.00 WITA bertempat di depan UPTD SMPN  2 Pelaihari. Ada dua bus yang digunakan dengan penumpang yang sudah diatur sesuai dengan tempat hotel yang akan digunakan untuk menginap. Pertama. Bus zona Banjarmasin, yang memuat atau membawa penumpang dari atau berasal Banjarmasin, Banjarbaru, Bati-Bati, Kurau, Tambang Ulang, dan Pelaihari, Batu Ampar,dan Jorong dengan jumlah penumpang sebanyak 27 orang. Kedua. Bus zona Pelaihari, yang memuat atau membawa penumpang dari Pelaihari, Takisung, Panyipatan, dan Kintap  dengan jumlah penumpang 27 orang.

Perjalanan panjang menuju Kotabaru pada Jumat, 20 September 2019 dimulai dari depan UPTD SMPN 2 Pelaihari yang dimulai pada pukul 09.00 WITA. Rombongan bergerak menuju ke Kotabaru yang berjarak sekitar 300 km lebih dan akan menyeberang dan melintasi laut dengan menggunakan kapal ferry. Bus yang digunakan ada yang berasal dari Banjarmasin  dan Pelaihari, dengan kapasitas penumpang yang relatif sama jumlahnya. Dalam perjalanan berangkat ini, bus masih harus menjemput beberapa peserta studi tour yang menunggu di beberapa titik jalan trans Kalimantan menuju Kotabaru.

Bus yang penulis tumpangi merupakan bus zona Pelaihari. Bus ini  memuat penumpang berasal dari Pelaihari dan sekitarnya dengan jumlah penumpang sebanyak 27 orang. Bagi penulis, menggunakan atau menumpang bus ke Kotabaru secara rombongan ini merupakan hal yang pertama kalinya. Perjalanan panjang dan melelahkan menuju Kotabaru yang penulis ikuti tersebut dalam rangka kegiatan studi tour dari MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah ) SMP negeri dan swasta se Kabupaten Tanah Laut.

Perjalanan berangkat ke Kotabaru diikuti oleh 54 peserta, terdiri dari kepala sekolah, guru, dan keluarga yang lainnya. Kondisi cuaca saat mulai berangkat dari  UPTD SMPN 2 Pelaihari cukup cerah, dan demikan pula dengan daerah yang yang kami lewati, seperti Batu Ampar, Jorong, hingga Kintap. Musim kemarau masih terus berlangsung hingga minggu ketiga bulan September ini. Kondisi alam yang demikian dapat berdampak bagi kami yang melakukan perjalanan panjang dengan mengggunakan bus atau jalan darat dan menyeberang laut dengan kapal ferry. Oleh sebab itu, kondisi fisik harus prima, sehat wal afiat, dan segar bugar.
Keberangkatan bus dalam perjalanan studi tour ke Kotabaru tersebut memang sesuai dengan jadwal yag telah disampaikan sebelumnya kepada seluruh peserta tour melalui grup WhatApps atau WA “ Sekretari@t” selama beberapa hari menjelang keberangkatan.  Dengan adanya ketepatan waktu pemberangkatan tersebut diharapkan agenda kegiatan perjalanan panjang tersebut dapat berjalan tertib dan lancar sebagaimana mestinya. Agenda perjalanan ke Kotabaru tersebut disusun oleh penulis bersama Supian, S.Pd dan Yuliansyah, M.Pd selaku tim kerja yang dibentuk tugas oleh Pengurus MKKS UPTD SMP Tanah Laut.
###studitourktb-2019###

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 2. Keberangkatan Studi Tour"