CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 3. Shalat Jumat di Masjid al Husaini Desa Al Kautsar


Perjalanan panjang kegiatan studi tour MKKS SMP Tanah Laut yang diikuti 54 peserta pada Jumat, 20 September 2019, sudah cukup jauh bergerak dari UPTD SMPN 2 Pelaihari,  tempat kumpul peserta. Satu per satu peserta yang menunggu pada titik yang sudah disampaikan melalui grup WhatApps atau WA “Sekretari@t” mulai dijemput. Mulai penjemputan Saptadi, Mukramin, dan H.Slamet di Tajau Pecah yang berada di dalam bus ‘zona Banjarmasin’. Demikian pula dengan bus ‘zona Pelaihari’ dimana penulis menjadi penumpang, juga menjemput peserta yang menunggu di titik penjemputan, seperti H.Jufri di Asam-Asam, dan Wahidin di Kintap.

Penulis duduk di bangku paling depan, di samping kursi supir bus, berdua dengan Agus Darmadi, M.Pd, Ketua MKKS UPTD SMP Tanah Laut, karena kami berdua datang lebih awal sebelum berangkat ke Kotabaru.  Selain itu, dengan duduk dekat Agus Darmadi, M.Pd, dapat memudahkan penulis selaku Sekretarias MKKS UPTD SMP Tanah Laut dan koordinator tim kerja studi tour memberikan informasi terkait dengan agenda kegiatan studi tour yang berlangsung selama tiga hari, 20-22 September 2019.
Proses penjemputan penumpang dan peserta studi tor ke Kotabaru sudah selesai dilakukan. Bus kami mulai memasuki Sungai Danau, wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, dan waktu saat sudah menunjukkan pukul 11.00 WITA. Arus lalu lintas di jalan semakin padat ketika memasuki daerah pasar Sungai Danau, karena saat itu bersamaan dengan waktu pulang siswa dari sekolah pula, sehingga terkadang membuat lalu lintas padat dan terkadang macet pada titik tertentu.

Perjalanan terus dilanjutkan selepas memasuki kawasan padat lalu lintas di sekitar kawasan pasar Sungai Danu, Tanah Bumbu. Sementara itu, bus zona Banjarmasin tidak terlihat di belakang bus yang penulis tumpangi, padahal saat berangkat dan masih di jalan trans Kalimantan wilayah Kabupaten Tanah Laut, bus tersebut berada di belakang bus yang penulis tumpangi. Kepadatan arus lalu lintas mulai berkurang ketika memasuki wilayah Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga bus dapat berjalan lebih cepat lagi,  karena rencananya kami akan melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al Husaini Desa Al Kaustar, Tanah Bumbu.

Melihat bus zona Banjarmasin tidak ada terlihat di belakang bus penulis, Supian, S.Pd selaku anggota tim kerja tour ke Kotabaru  menghubungi Bustanul Arifin, S.Pd, MM, yang berada di bus tersebut, untuk menanyakan keberadaan atau posisi bus zona Banjarmasin. Ternyata, bus zona Banjarmasin tersebut cukup jauh tertinggal dari bus yang penulis tumpangi, mungkin ketinggal sekitar 20-30 menit jarak waktu tempuhnya untuk mendekati bus zona Pelaihari ini.
Tidak beberapa lama kemudian, bus yang penulis tumpangi, bus zona Pelaihari , sudah sampai di halaman Masjid Al Husaini. Saat kami sampai tersebut sekitar waktu menunjukkan sekitar pukul 11.30 WITA. Kami pun penumpang bus zona Pelaihari turun untuk istirahat dan menunggu pelaksanaan shalat Jumat yang diperkirakan dimulai pada pukul 12.15 WITA. Sambi menunggu pelaksanaan shalat Jumat dan rombongan bus zona Banjarmasin yang masih jauh tertinggal, penumpang belanja makanan ringan yang banyak dijual sekitar halaman masjid, ke kamar kecil, berwudhu, masuk ke masjid , dan sebagainya.

Seusai mengambil air wudhu, penulis menuju ruang induk masjid yang cukup megah dan besar tersebut. Ada beberapa kawan penulis yang sudah berada di masjid untuk menunggu pelaksanaan Shalat Jumat. Menjelang pelaksanaan shalat semakin banyak jamaah yang datang, dan demikian pula dengan penumpang bus zona Banjarmasin pun sudah datang serta memasuki ruang induk masjid. Kami penumpang bus yang laki-laki dari Pelaihari dan Banjarmasin mengikuti dan menjadi jamaah Shalat Jumat di Masjid Al Husaini Desa Al Kaustar, Tanah Bumbu.

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 3. Shalat Jumat di Masjid al Husaini Desa Al Kautsar"