CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-TAMIANG LAYANG-2019. Bagian 19. Kegiatan Sesi Penutupan Workshop


Selesai mendata dan menverifikasi peserta tercepat yang mengirimkan hasil tulisannya melalui WA kepada kami narasumber, maka selanjutnya penulis mencatat peserta yang telah mengirim hasil tulisan tercerpat berdasarkan hitungan waktu kirim pada WA  tersebut. Sementara itu, panitia mulai menyiapkan tempat untuk melaksanakan upacara penutupan Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan oleh Pengurus IGI (Ikatan Guru Indonesia) di aula BKD Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, pada Selasa, 2 Juli 2019.
Posisi tempat duduk peserta yang semula berkelompok, kini mulai ditata kembali seperti upacara pembukaan sehari sebelumnya yang dilakukan oleh semua peserta. Rencana upacara penutupan worskshop pada sekitar pukul 13.30 WIB, sesuai dengan kesepakatan sebelumnya. Penulis diminta oleh panitia untuk memberikan sambutan atau kesan dan pesan selaku yang mewakili narasumber, sedangkan pejabat dari Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur diwakilkan kepada Pengawas Sekolah yang saat itu ikut kegiatan workshop, sehingga semuanya sudah siap untuk melakukan upacara penutupan.
Seusai upacara penutupan nantinya juga akan dilakukan penyerahan hadiah buku  bagi peserta yang tercepat mengirimkan hasil tulisannya, yaitu sebanyak 10 (sepuluh) orang. Semuanya juga sudah disiapkan hadiahnya oleh Ibu Diana Mulawarmaningsih, selaku penyumbang buku untuk hadiah. Setelah semuanya siap, maka upacara penutupan workshop pun dimulai oleh pembawa acara. Penulis bersama Ketua IGI Kabupaten Barito Timur, Ibu Yuli Rinawati, Ibu Diana Mulawraningsih selaku narasumber, dan Bapak Jumakir Joutomo, selaku yang mewakili Dinas Pendidikan Barito Timur duduk pada di meja podium.
Upacara penutupan diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan pesan dan kesan dari peserta yang mewakili peserta laki—laki dan perempuan. Kemudian, pesan dan kesan dari penulis selaku yang mewakili narasumber, lalu sambutan dari Ketua IGI Kabupaten Barito Timur, dan terakhir sambutan dan menutup workshop dari yang mewakili Dinas Pendidikan Barito Timur. Dengan adanya upacara penutupan workshop tersebut, maka secara resmi kegiatan Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan oleh Pengurus IGI (Ikatan Guru Indonesia) di aula BKD Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, pada tanggal 1- 2 Juli 2019 resmi ditutup dan berjalan dengan tertib.
Selanjutnya, kegiatan penyerahan hadiah kepada peserta workshop yang telah berhasil menyerahkan hasil tulisan lebih cepat dari yang lainnya sebanyak 10 (sepuluh) orang, yang merupakan gabungan dari penulis cerpen dan artikel. Diawali dengan penyerahan hadiah buku kepada peserta tercepat dari penulis cerpen oleh Ibu Diana Mulawraningsih, kemudian penulis memberikan hadiah buku kepada penulis artikel tercepat. Sesudah penyerahan hadiah buku tersebut dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan masing-masing narasumber.
Sebelum kegiatan penyerahan hadiah buku bagi peserta tercepat mengirimkan hasil tulisannya, telah dilakukan penyerahan kenang-kenangan dari narasumber, baik Ibu Diana Mulawarmaningsih maupun penulis kepada Ketua IGI Barito Timur, Kalimantan Tengah, berupa buku hasil karya masing-masing narasumber. Penulis sendiri menyerahkan buku  yang terbaru “ Jalan Mudah Menjadi Penulis”. Pihak Pengurus IGI Barito Timur, Kalimantan Tengah, melalui Ibu Yuli Rinawati juga memberikan bingkisan kenang-kenangan kepada kami selaku narasumber berupa kain baju khas Suku Dayak.
Sesi foto bersama seluruh peserta, narasumber, pengurus, dan panitia menjadi bagian terakhir dari kegiatan upacara penutupan Workshop SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) yang dilaksanakan oleh Pengurus IGI (Ikatan Guru Indonesia) di aula BKD Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, pada tanggal 1- 2 Juli 2019. Sebelum pulang ke hotel, penulis bersalaman dengan anggota pengurus dan panitia yang masih sibuk di meja panitia, seraya mengucapkan terima kasih atas pelayanannya selama kami menjadi narasumber dalam 2 (dua) hari. Terima kasih dan sukses untuk IGI Barito Timur, semoga dapat bertemu lagi di tempat dan waktu. Semoga.

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-TAMIANG LAYANG-2019. Bagian 19. Kegiatan Sesi Penutupan Workshop"