CATATAN KEGIATAN BEDAH SKL UN 2020. Bagian 2. Bedah SKL Sesi Pagi Hari Pertama


Seusai pelaksanaan upacara pembukaan bedah SKL mata pelajaran UN (Ujian Nasional) bagi guru SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut pada Selasa, 4 Pebruari 2020, dilanjutkan bedah SKL pada kelompok mata pelajaran masing-masing. Kegiatan bedah SKL hari tersebut terdiri dari dua mata pelajaran UN, yaitu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika.

Pelaksanaan bedah SKL mata pelajaran Ilmu Pengetahun Alam (IPA) bertempat di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan narasumber Ibu Dr.Eko Susilawati, S.Pd, M.Si dari Universitas Lambung Mangkuran (ULM) Banjarmasin. Sementara itu, kegiatan SKL mata pelajaran Matematika mengambil tempat di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pelaihari dengan didampingi narasumbernya Bapak Wiharno, M.Pd dari SMPN 1 Bantul, Yogyakarta.

Kegiatan bedah SKL sesi pagi tersebut dimulai pada sekitar pukul 10.00 WITA oleh mata mata pelajaran di tempat kegiatannya masing-masing. Pada sesi pagi menjelang tersebut, masing-masing narasumber lebih banyak memaparkan tentang materi dan analisis hasil Ujian Nasional tahun lalu sebelum membedah secara rinci Standar Kompetensi Lulusan atau SKL dan kisi-kisi soal UN 2020 yang sudah banyak beredar di kalangan guru. Penyampaian materi dan analisis oleh narasumber tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan pemahaman bagi peserta sehingga nantinya dapat mengkaji dan menganalisis kisi-kisi dan prediksi soal UN yang akan keluar.

Peserta yang mengikuti kegiatan bedah SKL mata pelajaran UN 2020 tersebut sebagian besar guru –guru yang pernah mengikuti bedah SKL tahun 2019 atau sebelumnya, nanum tidak sedikit pula peserta tersebut baru pertama kali ini mengakutinya. Peserta yang baru kali ini mengikuti kegiatan bedah SKL tersebut pada umumnya guru yang baru ditugaskan mengajar di kelas IX SMP atau MTs. Selain itu, ada pula peserta dari guru SMP dan MTs swasta yang baru mengajar atau siswa di sekolahnya baru tahun 2020 ini mengikuti UN.

Dalam pengiriman peserta untuk mengikuti kegiatan bedah SKL UN tersebut, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut memberikan keluluasaan pihak sekolah atau madrasah untuk mengirim guru mereka. Kepala sekolah atau madrasah dipersilahkan menunjuk gurunya yang mengikuti bedah SKL, apakah guru yang mengajar di kelas VII, VIII, atau IX, karena yang penting guru tersebut mengajar mata pelajaran UN, yaitu  IPA, Matematika, Bahasa Inggris, maupun Bahasa Indonesia.  Namun demikian, diharapkan agar guru yang dikirim mengikuti bedah SKL tersebut nantinya mampu membagikan informasi yang diperolehnya kepada rekan guru yang lain dan juga menerapkan dalam proses pembelajarannya.
Kegiatan bedah SKL Un sesi pagi berlangsung hingga pukul 12.15 WITA, dan selanjutnya narasumber dan peserta istirahat sampai dengan pukul 13.15 WITA untuk makan siang dan melaksanakan shalat bagi yang melaksanakannya.


1 comment for "CATATAN KEGIATAN BEDAH SKL UN 2020. Bagian 2. Bedah SKL Sesi Pagi Hari Pertama "

  1. Terima kasih atas infonya, Pak. Semoga kgt memberikan dampak positif bagi guru dan dinas pendidikan kabupaten Tanah Laut

    ReplyDelete