CATATAN MENGIKUTI UPACARA PERPISAHAN DAN PENGUKUHAN SISWA KELAS VI SDIT ASSALAM PELAIHARI SECARA VIRTUAL

Menindaklanjuti amanah dari Plt. Kadisdikbud Kabupaten Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd,  yang menugaskan kepada saya mewakili beliau dalam kegiatan perpisahan dan pengukuhan yang dilaksanakan oleh SDIT Assalam Pelaihari, maka pada Sabtu, 27 Juni 2020 ,saya menghadiri kegiatan tersebut secara virtual. Berdasarkan surat undangan dari SDIT Assalam Pelaihari Nomor 501/SDIT-ASS-PLH/VI/2020 yang dikirimkan ke Disdikbud Kabupaten Tanah Laut, bahwa pelaksanaan perpisahan akan dilaksanakan  pada Sabtu, 27 Juni 2020, yang dimulai pada pukul 08.00 -09.00 WITA dengan meeting ID 84511767865

Sekitar pukul 07.45 WITA saya mulai bergabung dengan kegiatan perpisahan dan pengukuhan secara virtual tersebut, dan kemudian pada sekitar pukul 08.00 WITA dibuka dengan ucapan 'basamalah' oleh pembawa acara. Pembacaan ayat suci al Quran oleh salah satu siswa SDIT Assalam Pelaihari menjadi acara selanjutnya, dan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang ditayangkan oleh operator kegiatan perpisahan dan pengukuhan.



Acara berikutnya diisi dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari Kepala SDIT Assalam Pelaihari, Darsani, S.Pd.I. Dalam sambutannya antara lain menyapa dan mengucapkan terima kasih kepada undangan yang sudah hadir secara virtual; melaporkan jumlah siswa yang lulus pada tahun 2020 ini, dan paradigma sebagai lulusan spesial yang lulus tahun 2020 ini. Selanjutnya, kepala sekolah berpesan agar siswa yang lulus taat beribadah, bertilawah dengan bagus, menjadi insan yang berakhlak mulia dengan mengutip salah satu surat dalam kitab suci al Quran tentang insan yang punya kekuatan dalam menaklukkan alam semesta ini.
Sambutan kedua dari Ketua Yayasan Assalam Tanah Laut, Paidi, S.Pd. Dalam sambutannya, Paidi, S.Pd, antara menceritakan tentang berdirinya SDIT Assalam Pelaihari pada 2010 yang lalu, harapan agar sekolah ini terus berkembang, dan menyampaikan selamat dan pesan kepada siswa yang lulus tahun ini agar terus belajar dan menggantungkan cita-cita setinggi bintang di langit dan berusahan untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Selain itu, Paidi, S.pd juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada orangtua/wali siswa kelas VI yang telah mempercayakan anaknya bersekolah di SDIT Assalam ini.

Berikutnya, sambutan dari Ketua Komite Sekolah SDIT Assalam Pelaihari, Wisnu K. Dalam sambutanyanya antara lain menyampaikan bahwa perpisahan dan pengukuhan tahun ini merupakan pola baru dan barbed jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, mengharapkan agar sekolah terus berimproviasi dalam pembelajaran di masa pandemi  Covid-19, dan mengucapkan selamat atas kelulusan siswa kelas VI SDIT Assalam Pelaihari.
Selanjutnya, sambutan saya mewakili Plt.Kadisdikbud Tanah Laut. dalam sambutan saya antara lain menyampaikan permohonan maaf Plt.Kadisdikbud yang tidak dapat memenuhi undangan sekolah karena ada kegiatan lainnya yang tidak dapat ditinggalkan, menyampaikan ucapan selamat kepada siswa yang lulus tahun ini, apresiasi dan penghargaan kepada SDIT Assalam Pelaihari yang sudah berperan aktif dalam mencerdaskan anak bangsa, khususnya di Kabupaten Tanah Laut, dan mengharapkan agar siswa yang baru lulus ini tetap melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang tinggi meski di tengah pandemic saat ini.
Seusai penyampaian sambutan-sambutan dilanjutkan dengan acara pengukuhan kelulusan dengan diawali dengan pembacaan nama-nama siswa kelas VI SDIT Assalam Pelaihari sebanyak 29 siswa yang dinyatakan lulus pada tahun pelajaran 2019/2020 ini. Acara selanjutnya pembacaan janji alumni yang dipandu oleh Darsani, S.Pd.I selaku kepala sekolah dan diikuti oleh siswa secara bersamaan dari rumahnya masing-masing. Kegiatan pembacaan doa menjadi acara penutup dan mengakhiri kegiatan agenda perpisahan siswa kelas VI SDIT Assalam Pelaihari yang kemudian ditutup oleh pembawa acara dengan 'hamdalah'. Kegiatan perpisahan dan pengukuhan kelas VI SDIT Assalam Pelaihari berakhir pada sekitar pukul 09.30 WITA, dan dilanjutkan dengan prosesi secara " Drive Thru " . Selain melalui meeting zoom, upacara perpisahan dan pengukuhan ini juga disiarkan secara langsung melalui akun facebook SDIT Assalam Pelaihari.

#Bangkit PendidikanNegeriku
#Dirumahdan MenulisAja

Post a Comment for "CATATAN MENGIKUTI UPACARA PERPISAHAN DAN PENGUKUHAN SISWA KELAS VI SDIT ASSALAM PELAIHARI SECARA VIRTUAL"