DISDIKBUD MENFASILITASI RAPAT KERJA MKKS UPTD SMP TANAH LAUT

Dalam rangka memenuhi harapan pengurus dan anggota MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) UPTD SMP Tanah Laut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menfasilitasi dengan meminjamkan aula Disdikbud Tanah Laut sebagai tempat kegiatan rapat tersebut. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 22 Juni 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19. Seharusnya kegiatan tersebut dilaksanakan pada UPTD SMPN 1 Bajuin, namun dengan berbagai pertimbangan terkait pandemi COVID-19 dan sebagainya, maka dialihkan ke aula Disdikbud Tanah Laut.
Hadir dalam kegiatan rapat kerja tersebut Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jamaluddin, M.Pd, Kabid. Ketenagaan, Drs. Sugeng, M.Pd, Pengawas SMP, Hamdani, S.Pd, M.M.Pd, dan Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Dikdas, Maslani,S.Pd. Sementara itu, anggota dan pengurus MKKS UPTD SMP Tanah laut yang diketuai Muhtar, S.Pd Nampak hadir semunya. 
Kegiatan rapat kerja yang dimulai pada sekitar pukul 10.00 WITA diawali dengan membaca ' basmalah' bersam,a dipandu oleh pembawa acara, Bustanul Arifin, S.Pd, MM, dari Pengurus MKKS UPTD SMP Tanah Laut. Acara berikutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin yang dipimpin oleh Hj. Rusmarita, M.Pd.
Selanjutnya, sambutan dari Muhtar, S.Pd selaku Ketua Pengurus  MKKS, yang antara lain menyampaikan terima kasih kepada Disdikbud yang telah menyediakan tempat kegiatan rapat hari dan  menyampaikan beberapa aspirasi dan harapan kepala sekolah terkait masalah, MPLS bagi siswa baru,  zonasi PPDB, PJJ, dana BOS, dan sebagainya. 
Seusai sambutan Muhtar, S.Pd, dilanjutkan dengan pengarahan Plt. Kadisdikbud, Jamaluddin,M.Pd, yang antara lain menyampaikan tentang kondisi wilayah Tanah Laut yang masih dalam kondisi zona merah dimasa pandemi COVID-19 . Kemudian menanggapi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh sekolah terkait dengan zonasi dalam PPDB, persiapan menghadapi tahun pelajaran 2020/2021 dimasa pandemi COVID-19, alternatif pembelajaran di sekolah jika kondisi pandemi COVID-19 masih belum mereda, dan informasi lain terkait penanganan penyebarluasan COVID-19 di Kabupaten Tanah Laut dalam menuju era new normal, termasuk salah satunya dalam bidang pendidikan.
Sambutan berikutnya dari  Hamdani, S.Pd, M.M.Pd yang mewaliki Penagwas Sekolah jenjang SMP Tanah Laut, yang antara lain menyampaikan permohonan maaf karena kegiatan kepengawasan atau kunjungan ke sekolah binaan tidak dapat dilaksanakan selama pandemi COVID-19 dan memberikan informasi tentang kegiatan akreditasi sekolah tahun 2020.
Penyampaian informasi berikutnya dari Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Maslani, S.Pd, yang antara lain menyampaikan amanat dari dari Kasi PDPK tertang PPDB zonasi, hasil rekapitulasi laporan pembelajaran dimasa COVID-19 dan pengumuman kelulusan SMP, program sekolah adiwiyata, rencangan kelender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021, penilaian bagi kelas 7 dan 8 untuk kenaikan kelas, dan pembelajaran diera kenormalan baru.

Sisi berikutnya, pembawa acara membuka kesempatan kepada pserta untuk bertanya /berdialog terkait arahan, paparan, sambutan, dan informasi yang telah diberikan. Ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan. Ada R. DJaka Sarjana (Kepsek UPTD SMPN 1 Pelaihari); Mukramin  (Kepsek UPTD SMPn1 Panyipatan), Iriansyah (Kepsek UPTD SMPN 2 Batu Ampar),Fathurrahman Sidik (Kepsek UPTD SMPN 3 Pelaihari), H.Rusdi Fadli (Kepsek UPTD SMPn 6 Pelaihari), dan Agus Riyani (Kepsek SMP Muhammadiyah Pelaihari).


Terhadap beberapa pertanyaan dari peserta tersebut, Jamaluddin, M.Pd memberikan tanggapan,. jawaban, dan solusi yang umumnya terkait dengan permasalahan PPDB sistem  zonasi yang dirasa kurang 'steg' oleh beberapa kepala sekolah. Pada kesempatan ini, Plt. Kadisdikbud tersebut juga menjawab pertanyaan yang terkait dengan pengelolaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dengan upaya penanganan penyebaran COVID-19 di sekolah.

Kegiatan rapat kerja MKKS UPTD SMP se Tanah Laut dengan materi dari pejabat Disdikbud Tanah Laut berakhir sekitar pukul 12.10 WITA, dan kemudian dilanjutkan pembahasan internal organisasi MKKS UPTD SMP yang dipimpin oleh Muhtar, S.Pd selaku Ketua Pengurus MKKS UPTD SMP Tanah Laut.

bisa dibaca pula di: https://disdikbud.tanahlautkab.go.id/home/detailberita/4969b7ea-6a8f-4506-95c9-159135eb8ed5/DISDIKBUD-MEMFASILITASI-RAPAT-KERJA-MKKS-UPTD-SMP-TANAH-LAUT.html

Post a Comment for "DISDIKBUD MENFASILITASI RAPAT KERJA MKKS UPTD SMP TANAH LAUT"