BAGIAN 5.PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING

Berdasarkan hasil rekapitulasi laporan pemantauan secara langsung dan laporan tertulis kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut yang dihimpun oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut, diperoleh data sekolah yang  menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya secara daring (dalam jaringan) atau online.
 " Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya" 
Dari 53 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Tanah Laut, sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara daring ada sebanyak 16 sekolah atau sekitar 30,2%  yang melaksanakannya pada Jumat, 5 Juni 2020. Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya.

KetigabelasUPTD SMPN 4 PELAIHARI. Sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Pelaihari ini secara geografis relatif dekat dengan Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sekitar 4  kilometer lebih. Sekolah yang dipimpin oleh Sairiah, S.Pd ini memiliki jumlah siswa kelas IX  sebanyak 39  dengan tingkat kelulusan 100 %. 

Menurut Sairiah, S.Pd, pihaknya menyampaiksan pengumuman kelulusan secara daring melalui aplikasi WA (WhatsApp) karena masih dilarang untuk mengumpulkan anak-anak sekolah sesuai dengan surat edaran Bupati  dan Dinas Pendidikan Kab.Tanah Laut untuk memutuskan penyebaran covid-19.


Keempatbelas.  UPTD SMPN 3 PELAIHARI.  Sekolah yang berada di dekat pintu gerbang Kota Pelaihari ini dipimpin oleh Drs.Fathurrahman Sidiq M.M.Pd.  Memiliki jumlah siswa kelas IX yang relatif banyak dengan jumlah sebanyak 112 siswa.  Sekolah ini melaksanakan pengumuman kelulusan secara daring melaui aplikasi WA (WhatsApp) dengan alasan  menyesuaikan dengan kondisi saat ini untuk tidak mengumpulkan orang dengan jumlah yang banyak. Dalam penyampaian pengumuman kelulusan secara daring, kendala yang dihadapi menurut Drs.Fathurrahman Sidiq, M.M.Pd tidak ada ujarnya. 
Sekolah ini melaksanakan pengumuman kelulusan secara daring melaui aplikasi WA (WhatsApp) dengan alasan  menyesuaikan dengan kondisi saat ini untuk tidak mengumpulkan orang dengan jumlah yang banyak"

Kelimabelas UPTD SMPN 1 BUMI MAKMUR.. Sekolah yang berada di  wilayah Kecamatan Bumi Makmur ini dipimpin oleh Nor Asmani, S.Pd dengan jumlah siswa kelas IX sebanyak 28 orang.
Dalam menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya secara daring, sekolah ini menggunakan aplikasi WA (WhatsApp)
Alasan menggunakan daring menurut Nor Asmani S.Pd, karena di daerah sekitar sekolah masih berada di zona merah, belum sepenuhnya melaksanakan protokol kesehatan. Sedangkan Kendala yang diharapi dalam penyampaian darin ini menurut Nor Asmani, S.Pd, bahwa ada beberapa siswa yang tidak aktif. Oleh sebab itu, pengumuman disampaikan melalui teman siswa tersebut.
Alasan menggunakan daring menurut Nor Asmani S.Pd, karena di daerah sekitar sekolah masih berada di zona merah, belum sepenuhnya melaksanakan protokol kesehatan."
Keenambelas. UPTD SMPN 1 KURAU. Sekolah yang beralamat di Jl.Padang Luas No.19 Kecamatan Kurau ini dipimpin oleh Muhtar, S.Pd, dengan jumlah siswa kelas IX sebanyak 72 siswa. Dalam penyampaian pengumuman kelulusan melalui grup  WA (WhatsApp) siswa pada setiap kelasnya.
Menurut Muhtar, S.Pd, alasan menggunakan daring dalam penyampaian pengumuman kelulusan secara daring tersebut adalah untuk menghindari pengumpulan siswa atau orang tua siswa. Sedangkan kendalanya menurut kepala sekolah yang juga Ketua MKKS SMP Tanah Laut tersebut, terkendala pada sebagian besar siswa tidak memiliki HP android. Solusinya bagi yang punya HP tersebut dengan dating ke rumahnya, atau meminta siswa lainnya 

Demikian profil singkat beberapa sekolah yang telah mengirimkan laporan pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP tahun pelajaran 2019/2020 se Kabupaten Tanah Laut yang diterima oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut.
#BangkitPendidikanIndonesia
#DirumahdanMenulisAja

Post a Comment for "BAGIAN 5.PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING "