BERBAGI PENGALAMAN DENGAN GURU MGMP IPS dan PKN MTs TANAH LAUT


Penulis mendapat undangan dari Pengurus MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran ) IPS dan PKN MTs (Madrasah Tsanawiyah) Kabupaten Tanah Laut pada Selasa, 27 Agustus 2019 guna mengisi materi tentang Materi Esensil PKn/IPS dalam Penerapan Pancasila pada Kurikulum SMP/ MTs. Kegiatan MGMP tersebut akan dilaksanakan pada Rabu, 28 Agustus 2019 di MTsN 2 Tanah Laut. Dengan senang hati penulis memenuhi undangan tersebut, karena penulis dapat bersiturrahim dan berbagi pengalaman dengan sebagian kawan-kawan guru PKN yang dulunya pernah bergabung dalam MGMP PKN SMP/MTs, sebelum membentuk MGMP masing-masing.

Sekitar pukul 09.15 WITA penulis sudah sampai di MTsN 2 Tanah Laut, yang berada di Jalan Datu Insyad Pelaihari, tidak jauh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut. Sebelum ke tempat kegiatan MGMP tersebut, penulis menyempatkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laur guna mengirim surat undangan kegiatan MKKS SMP Tanah Laut besoknya. Penulis menunggu sebentar di halaman depan madrasah favorit di Kota Pelaihari tersebut, karena pelaksanaan MGMP belum dimulai sebagaimana jadwalnya, yaitu pukul 09.30 WITA.
Kegiatan MGMP mulai dibuka dengan pengantar dari Ketua MGMP IPS dan PKn MTs  Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Nur, M.Pd. Seusai pengantar dan memperkenalkan penulis kepada peserta yang hadir, maka penulis diberikan kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang pembelajaran, khususnya mata pelajaran PKn/PPKn. Menggunakan tayangan powerpoin, penulis memberikan materi sebagaimana materi yang diharapkan oleh pihak pengundang selama sekitar satu jam.

Muhammad Nur, M.Pd selaku Ketua MGMP IPS dan PKn MTs Tanah Laut juga bertindak selaku moderator. Penulis kembali menyerahkan kegiatan kepada moderator untuk sesi tanya jawab dengan peserta. Menurut informasi dari Muhammad Nur, M.Pd, peserta sebanyak 30 orang dari guru IPS dan PKn  MTs negeri dan swasta se Kabupaten Tanah Laut. Pada sesi tanya jawab ini ada dua peserta yang bertanya dengan penulis. Satu per satu penulis menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan materi tayangan serta juga tentang menulis.
Sebelumnya, dalam penayangan materi tadi penulis juga sempat menyinggung tentang perlu guru menulis, khususnya dalam rangka pengembangan profesi guru, seperti menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas), best practice, opini atau artikel, dan sebagainya. Kemudian, Muhammad Nur, M.Pd selaku moderator juga mengarahkan kepada penulis untuk memperdalam penting menulis bagi guru, karena selama ini banyak guru-guru yang terhambat naik pangkatnya yang disebabkan oleh ketidakmampuan menulis.
Pada sesi tanya jawab ini penulis banyak menanggapi atau  menjawab pertanyaan dari peserta yang berkaitan dengan menulis, terutama menulis PTK dan opini, hingga menjelang pukul 12.00 WITA. Penulis memberikan penjelasan sekaligus menujukkan contoh hasil menulis selama ini berupa buku dan artikel koran, baik dalam bentuk tayangan maupun bukunya sendiri. Selesai sesi tanya jawab, penulis mengajak peserta untuk bermain kuis tentang materi yang sudah disampaikan sebelumnya dengan menggunakan aplikasi Kahoot.

Ada sepuluh pertanyaan yang penulis siapkan dalam kuis berbasis aplikasi Kahoot tersebut, dan bagi peserta yang berhasil memperoleh nilai terbaik akan penulis berikan hadiah buku “ Menulis itu Mudah”,hasil karya penulis yang sudah disediakan bagi tiga buah buku bagi tiga penjawab terbaik. Peserta MGMP IPS dan PKn MTs Tanah Laut yang mengikuti kuis tersebut ada sebanyak 13 orang, karena permainan ini menggunakan handphone berbasis andoit, sedangkan banyak peserta yang tidak membawa handphone jenis tersebut, sehingga sedikit yang ikut kuis.
Satu per satu penulis tayangkan soal kuis melalui layar dan peserta menjawab dengan menggunakan handphonenya masing-masing hingga seluruh soal selesai semuanya ditayangkan. Berdasarkan penilaian terpilih tiga peserta yang menempati peringkat tertinggi, dan sesuai janji penulis kepada peserta terbaik tersebut diberikan buku “ Menulis itu Mudah” sebagai hadiahnya. Penyerahan hadiah tersebut menjadi penutup bagi penulis dalam berbagi pengalaman dengan guru IPS dan PKn MTs Tanah Laut.

Post a Comment for "BERBAGI PENGALAMAN DENGAN GURU MGMP IPS dan PKN MTs TANAH LAUT"