KEGIATAN SOSIALISASI UJIAN SEKOLAH SD/MI TANAH LAUT. Bagian 2. Sesi Siang Hari


Kegiatan sosialisasi ujian sekolah bagi kepala sekolah SD/ MI se Kabupaten  Tanah Laut kembali dilanjutkan dengan sesi siang bagi kepala sekolah SD/MI dari Kecamatan Pelaihari, Tambang Ulang, Bajuin, Batu Ampar, dan Takisung. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dimulai pada pukul 12.30 WITA yang diawali dengan kegiatan registasi dan absensi. Sesudah semua peserta berhadir, maka kegiatan sosialisasi dimulai pada sekitar pukul 13.45 WITA.
Penulis selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian menyampaikan paparan yang berkaitan dengan ujian sekolah tingkat SD/MI yang akan dilaksanakan tanggal 13 sampai dengan 18 April 2020 yang akan datang. Selain juga menginformasikan tentang proses penyusunan naskah soal yang sedang berproses oleh tim penyusun, dan jadwal penggandaan dan distribusi naskah soal ujian sekolah. Berdasarkan jadwal yang telah dirancang, bahwa pendistribusian naskah soal ujian sekolah tingkat SD/Mi diperkirakan awal April 2020.

Selanjutnya, penulis memaparkan jadwal kegiatan ujian sekolah tingkat SD/MI tahun 2020, yang dimulai pada Senin, 13 April 2020 , mata pelajaran Bahasa Indoesia, Selasa, 14 April 2020, mata pelajaran Matematika, Rabu, 15 April 2020, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Kamis, 16 April 2020, mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Jumat, 17 April 2020, mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegara (PPKn), dan Sabtu, 18 April 2020, mata pelajaran Pendidikan Agama.
Penulis juga menyampaikan tentang kepanitiaan dan kepengawasan. Panitia penyelenggara ujian sekolah dapat bergabung dari beberapa sekolah yang pesertanya relatif sedikit maupun yang mandiri. Oleh sebab itu, sekolah atau gabungan beberapa sekolah tersebut perlu membentuk kepantiaan yang terdiri dari ketua dan 4 (empat) orang anggota. Sedangkan kepengawasan bersifat silang murni yang diatur oleh panitia penyelenggara di sekolah masing-masing.
Seusai penyampaikan informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan ujian sekolah tingkat SD/MI tersebut, maka penulis membuka ruang dan kesempatan kepada peserta untuk bertanya atau memberikan tanggapan terhadap apa yang disampaikan penulis. Dalam sesi tanya jawab ini hanya ada satu peserta yang bertanya. Mungkin kondisi waktu yang merupakan masa-masanya mengantuk atau karena sudah banyak yang paham. Pertanyaannya terkait dengan kepengawasan dalam pelaksanaan ujian sekolah.
Penulis mencoba menjelaskan dengan sebaik-baiknya tentang kepengawasan silang saat ujian sekolah, seperti masalah jarak dan faktor lainnya. Setelah memberikan tanggapan balik atas pertanyaan peserta, kembali penulis membuka kesempatan kepada peserta yang lain untuk bertanya atau memberikan tanggapan. Tidak ada lagi peserta yang menyampaikan pertanyaan atau tanggapan, sehingga penulis akhiri penyampaian sosialisasi tentang kegiatan ujian sekolah tingkat SD/MI yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020 nantinya.  Pelaksanaan sosialisasi ujian sekolah sesi siang bagi kepala sekolah SD/MI berakhir sekitar pukul 15.00 WITA, dan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi narkoba dari Kantor BNNK Tanah Laut.



Post a Comment for "KEGIATAN SOSIALISASI UJIAN SEKOLAH SD/MI TANAH LAUT. Bagian 2. Sesi Siang Hari"