Jenis Sekolah : SD/MI
Mata Pelajaran : IlmuPengetahuanAlam
Alokasi Waktu : 120 menit
Jumlah Soal : 35 pilihangandadan 5
uraian
Tahun Pelajaran :
2019/2020
NO
|
LingkupMateri
|
Materi
|
Indikator Soal
|
No
soal
|
Level Kognitif
|
BentukSoal
|
1
|
Maklukhidupdanlingkungannya
|
Hubunganmaklukhidupdenganlingkungannya
|
Pesertadidikmampumenunjukkanrantai makanan padaekosistem
sawah
|
1
|
L.1
|
PG
|
|
|
Penyesuaiandirimaklukhidup
|
Pesertadidikmampumenyebutkanalatuntukmembeladiripadahewan.
|
2
|
L.1
|
PG
|
|
|
Pelestarianlingkungan
|
Pesertadidikmampumengidentifikasipelestarianlingkungan
|
3
|
L.1
|
PG
|
|
|
Hubunganmaklukhidupdenganlingkungannya
|
Berdasarkan ilustrasi,pesertadidikmampumembandingkan, beberaparantai makanan yang terbentuk
|
4
|
L.2
|
PG
|
|
|
Penyesuaiandirimaklukhidup
|
Melaluiilustrasi, pesertadidikmampumengklasifikasijenis tumbuhan yang dapat
beradaptasi pada biomatertentu.
|
5
|
L.2
|
PG
|
|
|
Penyesuaiandirimaklukhidup
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikancarapenyesuaiandiritumbuhanterhadaplingkungannya
|
6
|
L.2
|
PG
|
|
|
Keseimbanganlingkungan
|
Pesertadidikmampumembandingkanakibatlingkungantercemardenganlingkungan
yang tidaktercemar.
|
7
|
L.2
|
PG
|
|
|
Upayamanusiadalamupayamenjagakeseimbangan/pelestarianlingkungan
|
Berdasarkan
ilustrasi, pesertadidikmampumemprediksidampak yang
terjadi akibat pembuangan sampah ke sungai bagi lingkungan
|
8
|
L.3
|
PG
|
2
|
Strukturdanfungsimaklukhidup
|
Fungsibagiantubuhtumbuhan/hewan
|
Pesertadidikmampumenyebutkanfungsibagiantubuhhewan
|
9
|
L.1
|
PG
|
|
|
Daurhiduphewan
|
Pesertadidikmampumenyebutkanfase pada daur hidup hewan
yang bersifat merugikan.
|
10
|
L.1
|
PG
|
|
|
Perkembangbiakantumbuhan/hewan
|
Pesertadidikmampumembericontohperkembangbiakantumbuhan.
|
11
|
L.1
|
PG
|
|
|
Perkembangbiakantumbuhan/hewan
|
Pesertadidikmampumembericontohperkembangbiakanhewan.
|
12
|
L.1
|
PG
|
|
|
Daurhiduphewan
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikanmetamorfosisisempurnadantidaksempurnapadahewan.
|
13
|
L.2
|
PG
|
|
|
Mekanisme system
gerak
|
Melaluigambarpesertadidikmampumembandingkangeraksendi
|
14
|
L.2
|
PG
|
|
|
Mekanisme system
organpernafasan
|
Melaluigambarpesertadidikmampumengklasifikasikan
system organ pernafasan.
|
15
|
L.2
|
PG
|
|
|
Mekanisme system
organ peredarandarah
|
Melaluigambarpesertadidikmampumengklasifikasikan
system organ peredarandarah.
|
16
|
L.2
|
PG
|
|
|
Mekanisme system
organ peredarandarah
|
Melaluigambarpesertadidikmampumengklasifikasikan
system organ peredarandarah.
|
17
|
L.2
|
PG
|
|
|
Hubunganantara
system oegandengan proses yang ditimbulkan
|
Pesertadidikmampumemprediksihubungan
system pencernaandengan proses yang ditimbulkan.
|
18
|
L.3
|
PG
|
3
|
Benda dansifatnya
|
Perubahanwujudbenda
|
Pesertadidikmampumenyebutkancontohperubahanwujudcairke
gas.
|
19
|
L.1
|
PG
|
|
|
Sifatbahandanbahanpenyusunnya
|
Pesertadidikmampumenyebutkansifat-sifat
plastic.
|
20
|
L.1
|
PG
|
|
|
Sifatbahandengankegunaannya
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikansifatdankegunaansebuahbenda.
|
21
|
L.2
|
PG
|
|
|
Pemanfaatanperubahanwujudbenda
|
Pesertadidikmampumenerapkanpemanfaatanperubahanwujudbenda.
|
22
|
L.2
|
PG
|
|
|
Suhudankalor
|
Pesertadidikmampumenganalisisperpindahan panas dan
contoh peristiwanya.
|
23
|
L.3
|
PG
|
4
|
Energidanperubahannya
|
Jenis-jenisgaya
|
Melaluigambar,
pesertadidikmampumenyebutkanjenisgaya yang digunakan.
|
24
|
L.1
|
PG
|
|
|
Energialternatif
|
Pesertadidikmampumemberikancontoh bahan bakar
alternatif yang berasal dari tumbuhan.
|
25
|
L.1
|
PG
|
|
|
Pengaruhgayaterhadapbenda
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikanpengaruhgayaterhadapbenda
|
26
|
L.2
|
PG
|
|
|
Bunyi
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikanbahanuntukperedambunyi.
|
27
|
L.2
|
PG
|
|
|
Bunyi (Alat music)
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikanalat
music berdasarkancaramembunyikannya.
|
28
|
L.2
|
PG
|
|
|
Perubahan energy
listrik
|
Pesertadidikmembandingkan alat yang dapat
mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
|
29
|
L.2
|
PG
|
|
|
Energi alternative
dancarapenggunaannya
|
Pesrtadidikmampumengklasifikasikanenergi
alternative dancarapenggunaannya
|
30
|
L.2
|
PG
|
|
|
Energi alternative
dancarapenggunaannya
|
Pesertadidikmenganalisisenergi
alternative dancarapenggunaannya
|
31
|
L.3
|
PG
|
5
|
Bumidanalamsemesta
|
Sumberdayaalam
|
Pesertadidikmampumenyebutkansumberdayaalamyang dapat
diperbarui
|
32
|
L.1
|
PG
|
|
|
Gerhanabulandangerhanamatahari
|
Pesertadidikmampumengidentifikasigerhanabulan.
|
33
|
L.1
|
PG
|
|
|
Rotasidanrevolusibumidanbulan
|
Pesertadidikmampumembandingkanrotasidanrevolusibumudanbulan
|
34
|
L.2
|
PG
|
|
|
Siklus air
dandampaknya di bumi
|
Pesertadidikmampumemprediksisiklus
air dandampaknya di bumi
|
35
|
L.3
|
PG
|
6
|
Maklukhidupdanlingkungannya
|
Upayamanusiadalammenjagakeseimbangan/kelestarianlingkungan
|
Pesertadidikmampumenyimpulkanpenggunaan
pestisida secara berlebihan
|
36
|
L.3
|
Uraian
|
7
|
Strukturdanfungsimaklukhidup
|
Kesehatan organ
|
Pesertadidikmampumengklasifikasikanjenispenyakitdancarapencegahannya.
|
37
|
L.2
|
Uraian
|
8
|
Benda dansifatnya
|
Suhudankalor
|
Dengangambar,
pesertadidikmampumenyimpulkanpengaruhsuhudankalor
|
38
|
L.2
|
Uraian
|
9
|
Energidanperubahannya
|
Listrikdan magnet
|
Pesertadidikmampumenyimpulkanhubunganaruslistrikdenganpengaruhmahnet
yang diciptakan.
|
39
|
L.3
|
Uraian
|
10
|
Bumudanalamsemesta
|
Sistemtatasurya
|
Pesertadidikmampumenyebutkanciri-ciri
planet padatatasurya.
|
40
|
L.1
|
Uraian
|
Post a Comment for "KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPA -SD"