KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPA -SD


Jenis Sekolah             : SD/MI
Mata Pelajaran          : IlmuPengetahuanAlam
Alokasi Waktu           : 120 menit
Jumlah Soal               : 35 pilihangandadan 5 uraian
Tahun Pelajaran        : 2019/2020


NO
LingkupMateri
Materi
Indikator Soal
No
soal
Level Kognitif
BentukSoal
1

Maklukhidupdanlingkungannya
Hubunganmaklukhidupdenganlingkungannya
Pesertadidikmampumenunjukkanrantai makanan padaekosistem sawah
1
L.1
PG



Penyesuaiandirimaklukhidup
Pesertadidikmampumenyebutkanalatuntukmembeladiripadahewan.
2
L.1
PG



Pelestarianlingkungan
Pesertadidikmampumengidentifikasipelestarianlingkungan
3
L.1
PG



Hubunganmaklukhidupdenganlingkungannya
Berdasarkan ilustrasi,pesertadidikmampumembandingkan, beberaparantai makanan yang  terbentuk
4
L.2
PG



Penyesuaiandirimaklukhidup
Melaluiilustrasi, pesertadidikmampumengklasifikasijenis tumbuhan yang dapat beradaptasi pada biomatertentu.
5
L.2
PG



Penyesuaiandirimaklukhidup
Pesertadidikmampumengklasifikasikancarapenyesuaiandiritumbuhanterhadaplingkungannya
6
L.2
PG



Keseimbanganlingkungan
Pesertadidikmampumembandingkanakibatlingkungantercemardenganlingkungan yang tidaktercemar.
7
L.2
PG



Upayamanusiadalamupayamenjagakeseimbangan/pelestarianlingkungan
Berdasarkan ilustrasi, pesertadidikmampumemprediksidampak yang terjadi akibat pembuangan sampah ke sungai bagi lingkungan
8
L.3
PG
2

Strukturdanfungsimaklukhidup
Fungsibagiantubuhtumbuhan/hewan
Pesertadidikmampumenyebutkanfungsibagiantubuhhewan
9
L.1
PG


Daurhiduphewan
Pesertadidikmampumenyebutkanfase pada daur hidup hewan yang bersifat merugikan.
10
L.1
PG


Perkembangbiakantumbuhan/hewan
Pesertadidikmampumembericontohperkembangbiakantumbuhan.
11
L.1
PG


Perkembangbiakantumbuhan/hewan
Pesertadidikmampumembericontohperkembangbiakanhewan.
12
L.1
PG


Daurhiduphewan
Pesertadidikmampumengklasifikasikanmetamorfosisisempurnadantidaksempurnapadahewan.
13
L.2
PG


Mekanisme system gerak
Melaluigambarpesertadidikmampumembandingkangeraksendi
14
L.2
PG


Mekanisme system organpernafasan
Melaluigambarpesertadidikmampumengklasifikasikan system organ pernafasan.
15
L.2
PG


Mekanisme system organ peredarandarah
Melaluigambarpesertadidikmampumengklasifikasikan system organ peredarandarah.
16
L.2
PG


Mekanisme system organ peredarandarah
Melaluigambarpesertadidikmampumengklasifikasikan system organ peredarandarah.
17
L.2
PG


Hubunganantara system oegandengan proses yang ditimbulkan
Pesertadidikmampumemprediksihubungan system pencernaandengan proses yang ditimbulkan.
18
L.3
PG
3
Benda dansifatnya
Perubahanwujudbenda
Pesertadidikmampumenyebutkancontohperubahanwujudcairke gas.
19
L.1
PG


Sifatbahandanbahanpenyusunnya
Pesertadidikmampumenyebutkansifat-sifat plastic.
20
L.1
PG


Sifatbahandengankegunaannya
Pesertadidikmampumengklasifikasikansifatdankegunaansebuahbenda.
21
L.2
PG


Pemanfaatanperubahanwujudbenda
Pesertadidikmampumenerapkanpemanfaatanperubahanwujudbenda.
22
L.2
PG


Suhudankalor
Pesertadidikmampumenganalisisperpindahan panas dan contoh peristiwanya.
23
L.3
PG
4
Energidanperubahannya
Jenis-jenisgaya
Melaluigambar, pesertadidikmampumenyebutkanjenisgaya yang digunakan.
24
L.1
PG


Energialternatif
Pesertadidikmampumemberikancontoh bahan bakar alternatif yang berasal dari tumbuhan.
25
L.1
PG


Pengaruhgayaterhadapbenda
Pesertadidikmampumengklasifikasikanpengaruhgayaterhadapbenda
26
L.2
PG


Bunyi
Pesertadidikmampumengklasifikasikanbahanuntukperedambunyi.
27
L.2
PG


Bunyi (Alat music)
Pesertadidikmampumengklasifikasikanalat music berdasarkancaramembunyikannya.
28
L.2
PG


Perubahan energy listrik
Pesertadidikmembandingkan alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi gerak.
29
L.2
PG


Energi alternative dancarapenggunaannya
Pesrtadidikmampumengklasifikasikanenergi alternative dancarapenggunaannya
30
L.2
PG


Energi alternative dancarapenggunaannya
Pesertadidikmenganalisisenergi alternative dancarapenggunaannya
31
L.3
PG
5
Bumidanalamsemesta
Sumberdayaalam
Pesertadidikmampumenyebutkansumberdayaalamyang dapat diperbarui
32
L.1
PG


Gerhanabulandangerhanamatahari
Pesertadidikmampumengidentifikasigerhanabulan.
33
L.1
PG


Rotasidanrevolusibumidanbulan
Pesertadidikmampumembandingkanrotasidanrevolusibumudanbulan
34
L.2
PG


Siklus air dandampaknya di bumi
Pesertadidikmampumemprediksisiklus air dandampaknya di bumi
35
L.3
PG
6
Maklukhidupdanlingkungannya
Upayamanusiadalammenjagakeseimbangan/kelestarianlingkungan
Pesertadidikmampumenyimpulkanpenggunaan pestisida secara berlebihan
36
L.3
Uraian
7
Strukturdanfungsimaklukhidup
Kesehatan organ
Pesertadidikmampumengklasifikasikanjenispenyakitdancarapencegahannya.
37
L.2
Uraian
8
Benda dansifatnya
Suhudankalor
Dengangambar, pesertadidikmampumenyimpulkanpengaruhsuhudankalor
38
L.2
Uraian
9
Energidanperubahannya
Listrikdan magnet
Pesertadidikmampumenyimpulkanhubunganaruslistrikdenganpengaruhmahnet yang diciptakan.
39
L.3
Uraian
10
Bumudanalamsemesta
Sistemtatasurya
Pesertadidikmampumenyebutkanciri-ciri planet padatatasurya.
40
L.1
Uraian


Post a Comment for "KISI-KISI UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN IPA -SD"