BERSILATURRAHMI DAN BERBAGI DI MAN INSAN CENDEKIA TANAH LAUT

Memenuhi undangan dari Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Aliyah atau KKMA Provinsi Kalimantan Selatan,  sekitar pukul 08.15 WITA pada Selasa, 16 Pebruari 2021,  saya berangkat dari Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut ke kampus Madrasah Aliyah Negeri  Insan Cendekia  atau dikenal MAN IC Tanah Laut. Sekitar 10 menit perjalanan dari kantor dengan sepeda motor ke MAN IC Tanah Laut, sampailah di tempat kegiatan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Madrasah Aliyah atau KKMA Provinsi Kalimantan Selatan, tepat di aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu "Ainun Habibie".

Seusai menyantap hidangan minuman dan makanan ringan yang disuguhkan oleh panitia, saya dipersilahkan menempati kursi yang ada di bagian depan didampingi oleh Ibu Dian Rifa Jaya, Kepala MAN Tanah Laut  yang bertindak selaku moderator. Sesuai dengan undangan dari Pengurus Kelompok Kerja Madrasah Aliyah atau KKMA Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 007/KKMA.P.KS/01/2021, tanggal 08 Januari 2021, yang ditandatangi Muhammad, S.Ag, S.Pd selaku Ketua dan Drs.Suardi, S.Pd.I selaku Sekretaris, saya diminta menjadi narasumber dan berbagi tentang menulis dengan materi " Menulis itu Mudah".

Sesuai pengantar dan memperkenalkan secara siangkat oleh moderator, Ibu Dian Rifa Jaya, saya dipersilakan berbagi pengalaman menulis dengan peserta. Saya diberikan waktu untuk paparan sekitar 30 menit, dan selanjutnya dibuka sesi tanya jawab. Sebelum memaparkan materi  tentang " Menulis itu Mudah ", saya memperkenalkan diri sebagaimana biodata yang ada dalam tayangan yang terdapat tayangan materi.  Dalam paparan materi, saya membagi dalam 3 (tiga) bagian, yaitu bagian pertama mengenai " Menulis Pengalaman dan Pengalaman Menulis", bagian kedua tentang " Menulis itu Mudah ", dan bagian ketiga tentang " Implementasi Menulis ".

Kegiatan pemaparan materi yang didukung dengan bahan tayang atau powerpoin selesai sekitar 30 menit, maka selanjutnya dibuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh Ibu Dian Rifa Jaya selaku moderator. Pada sesi tanya jawab ini saya menjawab pertanyaan dari Bapak Anwar Jarkasi, salahseorang peserta yang mengajukan pertanyaan sekaligus terkait dengan bagaimana  menulis artikel di koran, kapan waktu yang tepat untuk menulis,dan inspirasi menulis dari mana. Saya mencoba menjawab pertanyaan dari Kepala MAN Banjarbaru tersebut satu per satu sesuai pertanyaan yang diajukan.

Dengan berakhirnya sesi tanya jawab, maka waktu bagi saya dalam mengisi rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Madrasah Aliyah  (KKMA) Provinsi Kalimantan Selatan pagi itu sudah selesai dan dilanjutkan dengan agenda kegiatan berikutnya. Saya pun pamit dengan peserta dan panitia yang bertugas di aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu " Ainun Habibie" kampus MAN IC Tanah  Laut. Sebelum pulan ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, saya menyampatkan diri melihat lingkungan kampun MAN IC Tanah Laut yang megah ditemani  Rahmadi, M.Pd.I, guru di madrasah tersebut, yang juga Ketua IPTL (Ikatan Penulis Tanah Laut). 



Post a Comment for "BERSILATURRAHMI DAN BERBAGI DI MAN INSAN CENDEKIA TANAH LAUT"