Buku terbaru April 2019



SINOPSIS

BUKU  JMMP 
 JALAN MUDAH MENJADI PENULIS 

Sudah selayaknya, guru harus  memiliki  komitmen guna menghasilkan buku,  setidaknya satu buku selama pengabdiannya menjadi guru. Mengapa guru harus menulis dan menerbitkan buku?  Guru itu ‘gudang’ ilmu dan pengalaman selama mengabdikan dirinya menjadi guru yang berpuluh-puluh tahun. Selama berpuluh tahun guru bergelut dalam dunia pendidikan, dari satu sekolah ke sekolah lain, dari satu angkatan siswa ke angkatan siswa  berikutnya, dari kurikulum yang lama ke kurikulum yang baru, dan sebagainya.
Sudah sepatutnya, guru menjadi motivator dan contoh bagi anak didiknya dalam hal menulis. Guru dapat  menulis apa saja  tentang profesinya sebagai guru dan dunia pendidikan pada. Permasalahannya, tergantung pada kemauan guru , dan kapan mengawali menulis itu sendiri. Sejatinya, kegiatan menulis tidak dapat dilepaskan dari profesi seorang guru, karena menulis merupakan salah satu cara guru mengembangkan profesinya agar terus terjaga dan meningkat, terlebih pada era digital sekarang.
Keberanian dan percaya diri memang menjadi salah satu faktor untuk menjadi penulis.. Kemampuan menulis bertambah dan terus bertambah apabila kita rajin menulis, menulis, dan menulis. Menulis tentang apa saja yang kita alami, kita rasakan, kita lakukan, ataupun kita alami selama ini. Apakah menulis tentang perjalanan hidup kita sendiri, pengalaman pertama menjadi guru, mengikuti kegiatan pelatihan atau diklat, kegiatan kedinasan, kehidupan di sekolah, dan sebagainya
Menulis itu pada hakikatnya kita memikirkan tentang sebuah masa depan. Tidak penting apakah yang kita tulis itu sesuatu yang sangat sederhana atau tidak penting bagi diri kita sendiri. Menulis menjadi sarana bagi penulis untuk mengungkapkan konsep, ide, gagasan, ataupun pemikiran dirinya yang berkaitan dengan masa depan dirinya, lingkungannya, atau yang lebih luas bangsa dan negaranya.
Dalam buku JALAN MUDAH MENJADI PENULIS ini, diawali dengan paparan tentang apa dan mengapa guru mesti menulis dan juga menerbitkan buku. Selanjutnya, diisi dengan paparan yang berupa bimbingan dan petunjuk teknis bagaimana menulis yang diserta contoh tulisan artikel yang terkait dengan materi. Lalu, pada bagian akhir dipaparkan tentang motivasi dan tips menjaga diri serta untuk tetap konsisten dalam menulis, dan cara praktis menerbitkan buku sendiri.
Memang, buku JALAN MUDAH MENJADI PENULIS” ini merupakan tulisan berkesinambungan dengan buku MENULIS ITU MUDAH yang terbit tahun 2018 lalu. Penerbitan buku ini juga  dimaksudkan untuk meneruskan jejak langkah dan melengkapi buku-buku yang pernah penulis terbitkan sebelumnya, seperti OPINI SANG GURU edisi 1 (2015), dan OPINI SANG GURU edisi2 (2017). Dengan demikian, diharapkan ada benang merah dan sinergitas antara satu buku dan buku terbitan penulis sebelumnya.
Menulis buku seharusnya menjadi bagian dari kehidupan guru  profesional,  karena guru profesional memiliki banyak ilmu, informasi, pengetahuan, dan solusi dalam menghadapi permasalahan dalam kegiatan profesinya sebagai  guru. Mengutip suatu pepatah yang berbunyi “ Segala sesuatu  musnah kecuali perkataan yang tertulis”, maka kegiatan menulis menjadi bagian penting bagi guru profesional,  agar apa yang dimilikinya menjadi sesuatu yang ‘abadi’  dan bermanfaat bagi orang lain kelak dikemudian hari.  Semoga.

Pelaihari, 25 Februari 2019
Penulis.

Post a Comment for "Buku terbaru April 2019"