CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 3. Mengikuti Upacara Pembukaan


Kami peserta Uji Kompetensi Penulis dan Editor yang sudah datang dan menunggu di ruang rapat LP3 ULM Banjarmasin diminta melakukan validasi peserta di meja panitia. Secara bergiliran peserta melakukan validasi data kepesertaan, kemudian peserta yang sudah validasi data untuk memasuki ruang aula di lantai II gedung LP3 ULM Banjarmasin guna mengikuti upacara pembukaan.

Penulis, seusai melakukan validasi data pun segera menyusul peserta lain yang menuju lantai II untuk mengikuti upacara pembukaan. Sesampai di aula yang berada di lantai II tersebut, ternyata merupakan ruangan yang digunakan untuk berbagai kegiatan yang berbasis IT, karena diberapa meja terdapat layar monitor komputer berukuran besar. Penulis mengambil tempat di kursi tengah yang masih kosong, sedangkan di sisi kiri dan kanannya sudah terisi. Tidak semua peserta dapat kursi yang semestinya, karena tempat yang disediakan tidak sebanding dengan jumlah peserta, sehingga sebagian menempati kursi yang di mejanya ada layar monitor komputer.

Sekitar pukul 08.30 WIT upacara pembukaan kegiatan Uji Kompetensi Penulis dan Editor PPSKK  yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP  bekerja sama dengan LP3 ULM Banjarmasin mulai dibuka oleh pembawa acara. Seusai  acara pembukaan dilanjutkan dengan sambutan Ketua LP3 ULM Banjarmasin, Prof. Dr.Suratno,M.Pd. Dalam sambutannya antara lain menyampaikan permohonan maaf Rektor ULM Banjarmasin, Prof. Sutarto Hadi, yang tidak dapat menghadiri dan membuka kegiatan ini karena sedang ada kesibukan kedinasan yang tidak dapat ditinggalkan.
Selanjutnya, Prof. Dr.Suratno,M.Pd menyampaikan secara santai namun serius tentang maksud dan tujuan kegiatan, memberikan gambaran umum tentang kegiatan yang akan dilakukan oleh peserta, jumlah peserta, biaya kegiatan, dan sebagainya.  Pada sisi biaya, beliau memberikan gambaran jika dilakukan secara mandiri menggunakan biaya yang relatif mahal, sedangkan kegiatan ini mendapat subsidi dari pihak terkait sehingga peserta tidak membayar sebagaimana mestinya. Sedangkan dari sisi peserta, dijatahkan atau koutanya sebanyak 2.000 peserta , namun pada kegiatan ini hanya diikuti oleh 57 peserta, sehingga masih banyak kouta yang belum terisi.

Dengan mengucapkan ‘basmalah’ Prof. Dr.Suratno,M.Pd selaku Ketua LP3 ULM Banjarmasin membuka secara resmi Uji Kompetensi Penulis dan Editor pada Senin, 17 Juni 2019.  Sambutan selanjutnya dari salah satu anggota tim asesor yang berasal dari Jakarta, yaitu Dodi. Dalam sambutannya antara lain menyampaikan informasi seputar kegiatan uji kompetensi penulis dan editor, baik secara umum maupun teknis.  Upacara pembukaan  Uji Kompetensi Penulis dan Editor di aula LP3 ULM Banjarmasin ditutup bersama dengan ucapan ‘hamdalah’.
Selanjutnya, kelompok peserta bersama asesor masing-masing, yaitu kelompok penulis dan editor, melakukan sesi foto bersama di depan secara bergiliran untuk keperluan dekomentasi dan publikasi panitia maupun peserta. Kegiatan berikutnya, peserta kembali berkumpul dikelompoknya masing-masing untuk mendapatkan informasi dan arahan teknis uji kompetensi yang akan dilaksanakan  oleh asesor masing-masing.

Post a Comment for " CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 3. Mengikuti Upacara Pembukaan "