CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 2. Melengkapi Berkas yang Diperlukan Sebelum Upacara Pembukaan


Setelah mendapat informasi singkat dari Satpam yang bertugas di gedung rektorat ULM Banjarmasin, penulis segera putar balik menuju tempat yang ditunjukkan, yaitu di simpang empat dekat gedung Fakultas Teknik. Dari papan petunjuk arah yang berada di simpang empat tersebut memang ada tertulis LP3 ULM, namun setelah berjalan sekitar 20 meter memasuki jalan yang baru, ternyata tidak ada lagi papan penunjuk arah tempat yang dimaksud. Penulis terus mengarahkan mobil ke arah gedung-gedung yang baru dan sambil bertanya kepada orang yang ditemui dalam perjalanan tersebut.

Namun, sampai ke ujung jalan dalam komplek gedung baru ULM Banjarmasin, tidak ada papan nama gedung LP3 ULM Banjarmasin. Akhirnya, penulis memarkir mobil di tempat yang lapang, sedangkan Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dari  Katingan Kalimantan Tengah meminta informasi melalui grup WhatsApp’Uji Kompetensi Penulisan’ tentang lokasi gedung LP3 ULM Banjamasin tersebut. Melalui jawaban yang disampai dalam grup WhatsApp’Uji Kompetensi Penulisan’tersebut diperoleh informasi bahwa tempat yang dicari tersebut ada di belakang Bank BNI 1946 ULM Banjarmasin. Penulis segera memutar balik mobil untuk mendatangi lokasi yang dimaksud, dan ternyata benar adanya. Ternyata, kami tidak memperhatikan sisi kanan mobil, sehingga tidak melihat bangunan dan papan nama  LP3 ULM Banjarmasin tersebut.

Seusai memarkirkan mobil di depan gedung LP3 ULM Banjarmasin, penulis segera menyusul Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata memasuki ruangan untuk registrasi pada petugas yang telah menunggu kehadiran peserta. Pagi itu, Senin, 17 Juni 2019, sekitar pukul 07.30 WIT,  di tempat kegiatan Uji Kompetensi Penulis dan Editor Guru, yaitu LP3 ULM Banjarmasin, masih sepi. Kami bertiga merupakan peserta yang pertama hadir dalam kegiatan tersebut. Seraya menunggu upacara pembukaan, kami bertiga meminjam mesin printer yang ada fasilitas untuk fotocopy guna memperbanyak berkas yang diminta oleh pihak panitia.
Ada beberapa berkas yang masih belum disiapkan sebelumnya karena informasi baru saja diterima, yaitu fotocopy cover, daftar isi, dan halaman buku yang mencantum nomor ISBN dari 3 (tiga) buku yang dijadikan bukti fisik dalam portofolio. Penulis mengajukan 3 (tiga) buku yang akan dinilai oleh asesor atau penguji, dan demikian pula dengan Ibu Diana Mulawarningsih, S.Ag dan Ria Martallata yang datang dari Katingan, Kalimantan Tengah mengajukan 3 (tiga) buku. Ketika kami menggandakan berkas tersebut, beberapa peserta mulai berdatangan, sehingga ruangan tempat registrasi mulai ramai.
Kami sudah selesai menggandakan atau memperbanyak berkas yang harus dikumpul kepada asesor atau penilai melalui petugas. Semua berkas sudah selesai digandakan dan disiapkan sebagaimana mestinya. Setelah beberapa peserta berdatangan, pihak panitia mengarahkan kami yang ada di ruangan registrasi untuk istirahat atau menunggu di sebuah ruang rapat seratya menunggu persiapan ruang aula di lantai atas untuk kegiatan upacara pembukaan.

Post a Comment for "CATATAN MENGIKUTI UJI KOMPETENSI PENULIS DAN EDITOR BUKU. Bagian 2. Melengkapi Berkas yang Diperlukan Sebelum Upacara Pembukaan "