CATATAN KUNJUNGAN KE SD ALAM BAMBU HIJAU PELAIHARI


Dalam melanjutkan kegiatan kunjungan dan silaturrahim ke sekolah jenjang SD dan SMP di Kecamatan Pelaihari dan sekitarnya, maka pada Jumat, 13 Desember 2019  mengunjungi SD Alam Bambu Hijau yang terletak di Kelurahan Sarang Halang, Kecamatan Pelaihari. Sebuah sekolah swasta yangmenerapkan konsep 'sekolah alam' dan baru operasional sejak tahun 2017 lalu, masih relatif baru dan menjadi satu-satunya sekolah dasar yang mengusung konsep sekolah alam. Rasa panasaran dan ingin  melihat langsung bagaimana sekolah dan kondisi sekolah yang mengusung konsep ‘sekolah alam’, karena sekolah tersebut satu-satunya di Kabupaten Tanah Laut.

Sekitar pukul 09.00 WITA penulis sampai di sekolah tersebut yang berada di kawasan komplek perumahan. Sebelumnya, penulis sudah pernah ke sekolah tersebut seminggu yang lalu, namun saat itu sekolah sudah tutup karena waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 WITA. Oleh sebab itu, penulis pada kegiatan kunjungan ini datang lebih pagi agar dapat bertemu dengan pihak pengelola sekolah serta melihat kegiatan apa yang sedang dilakukan saat itu, karena saat itu sudah selesai masa kegiatan ualangan umum semester 1/ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Sesampai di sekolah, penulis disambut dengan ramah oleh kepala sekolah dan guru. Kebetulan saat penulis datang ada kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam ruangan. Seusai melihat-lihat kondisi ruang belajar dan memperkenalkan diri, penulis menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kepada kepala sekolah, Ibu Arni Aspianti, S.Pd.I. Selain bersilaturrahim dan melihat langsung sekolah dan aktivitasnya, penulis juga mencari data tentang kegiatan ulangan umum, termasuk meminta contoh naskah soal ulangan umum yang digunakan oleh sekolah tersebut.

Menurut informasi yang penulis terima dari kepala sekolah, bahwa sekolah tersebut baru 2 (dua) tahun berjalan dengan jumlah peserta didik sebanyak 12 orang, terdiri dari kelas 1 sebanyak 7 orang, dan kelas 2 sebanyak 5 orang. Sedangkan jumlah pendidik atau guru ada 7 orang, yang semuanya guru Yayasan Mutiara Alam Tanah Laut.Sekolah ini masih menggunakan kurikulum 2006/ KTSP. Sesuai dengan misi selaku sekolah alam, sekolah menerapkan kurikulum yang menggunakan alam sekitar sebagai media pembelajaran. Saat ini sekolah menerapkan pelajaran yang berbasis alam, yaitu berkebun dan beternak Guna mendukung mata pelajaran berbasis alam tersebut tersedia sarananya berupa lahan kebun dan ternah kelinci.

Setelah mendengarkan penjelasan kepala sekolah tentang SD Alam Bambu Hijau yang cukup panjang lebar tentang kurikulum, pembelajaran, penilaian, kegiatan tahfiz, dan pengembangan karakter lainnya yang berbasis Islami, orang tua speserta ddik, dan sebagainya,  lalu penulis meminta contoh naskan soal ulangan umum semester 1 /ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang baru selesai dari semua mata pelajaran. Tujuan penulis meminta contoh naskah soal tersebut untuk melihat langsung bagaimana naskah soal yang dibuat oleh guru di sekolah tersebut.

Penulis mohon pamit dan mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah seusai mengisi buku tamu sekolah pada sekitar pukul 10.00 WITA, dan selanjutnya kembali ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kabupaten Tanah Laut  untuk melaksanakan tugas berikutnya yang sudah menunggu.


Post a Comment for "CATATAN KUNJUNGAN KE SD ALAM BAMBU HIJAU PELAIHARI"