MENGENAL SEKOLAH ADIWIYATA TANAH LAUT


Sejak digelarnya lomba sekolah adiwiyata di Indonesia sejak beberapa tahun lalu, sekolah di Kabupaten Tanah Laut pun turut mengikuti kegiatan lomba yang berskala nasional tersebut. Tercatat pada tahun 2015 salah satu sekolah yang mengikuti lomba adiwiyata tingkat nasional dapat meraih prestasi yang membanggakan bagi Tanah Laut sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Adapun sekolah yang meraih prestasi yang terbaik tersebut adalah SDN Atu-Atu yang berada di Desa Atu-Atu Kecamatan Pelaihari. Kemudian, pada tahun 2017 disusul  oleh SMK-SPP Negeri Pelaihari  yang berada di Desa Panggung Kecamatan Pelaihari.

"  Adapun sekolah yang meraih prestasi yang terbaik tersebut adalah SDN Atu-Atu yang berada di Desa Atu-Atu Kecamatan Pelaihari. Kemudian, pada tahun 2017 disusul  oleh SMK-SPP Negeri Pelaihari  yang berada di Desa Panggung Kecamatan Pelaihari." 

Sekedar mengingatkan kembali, bahwa sekolah adiwiyata adalah sekolah  yang berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan  hidup di sekolah. Sementara itu, yang dimaksud dengan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah atau Gerakan PBLHS adalah aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjajaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh Sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Dalam tataran predikat, sekolah yang mendapatkan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri merupakan prestasi yang tertinggi sebagai mana tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata. Dalam peraturan tersebut bahwa yang mencapai nilai paling  sedikit 95% dari nilai capai  tertinggi, dan telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata nasional paling singkat 12 bulan sebelumnya  serta  telah berhasil membina paling sedikit 2  sekolah, ditetapkan Sekolah Adiwiyata mandiri.

"...Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Penghargaan Adiwiyata. Dalam peraturan tersebut bahwa yang mencapai nilai paling  sedikit 95% dari nilai capai  tertinggi, dan telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata nasional paling singkat 12 bulan sebelumnya  serta  telah berhasil membina paling sedikit 2  sekolah, ditetapkan Sekolah Adiwiyata mandiri"

Pada tahun 2017 tercatat ada 5 (lima) sekolah dari Kabupaten Tanah Laut  yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Nasional, yaitu : (1) SDN Angsau 4  Kecamatan Pelaihari; (2) SDN Pabahanan Kecamatan Pelaihari; (3) SMPN 1 Pelaihari  Kecamatan Pelaihari; (4) SMAN 1 Jorong Kecamatan Jorong; dan (5) SMKN 1 Pelaihari Kecamatan Pelaihari.  Lalu, pada tahun 2019, SMAN 1 Kintap Kecamatan Kintap juga mendapatkan predikat sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.
Kemudian, masih dalam tahun 2017, ada beberapa sekolah meraih predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi yaitu : (1) SDN Angsau 3 Kecamatan Pelaihari; (2) SMPN 2 Panyipatan Kecamatan Panyipatan; (3) SMPN 7 Pelaihari Kecamatan Bajuin; (4) SMPN  1 Bati-Bati Kecamatan Bati-Bati; (5) SMPN 2 Bati-Bati Kecamatan Bati-Bati; (6) SMPN 1 Jorong Kecamatan Jorong; dan (7) SMPN 2 Pelaihari Kecamatan Pelaihari.
Pada tahun sebelumnya, tahun 2016, sekolah yang mampu meraih predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi adalah : (1) SDN Ambungan Kecamatan Pelaihari; dan (2) SMKN 1 Bati-Bati Kecamatan Pelaihari. Selanjutnya, pada tahun 2018 ada lagi yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Provinsi, yaitu : (1) SMPN 1 Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar; dan (2) SMPN 5 Pelaihari Kecamatan Pelaihari.
Semantara itu, sekolah yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten pada tahun 2016 adalah : (1) SDN Angsau 1  Kecamatan Pelaihari ; (2)  SDN Pelaihari 6 Kecamatan Pelaihari; (3) MTsN 1 Pelaihari Kecamatan Pelaihari; (4) SMPN 3 Pelaihari Kecamatan Pelaihari; (5) SMAN 1 Pelaihari Kecamatan Pelaihari; (6) SMAN 1 Bati-Bati Kecamatan Bati-Bati; dan SMKN 2 Pelaihari Kecamatan Pelaihari.
Pada tahun 2019 beberapa sekolah yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten pada tingkat sekolah dasar adalah : (1) SDN Nusa Indah 1 Kecamatan Bati-Bati; (2) SDN Ranggang 2 Kecamatan Takisung ; (3) SDN Gunung Makmur 4 Kecamatan Takisung; (4) SDN Sarang Halang Kecamatan Pelaihari; (5) SDN Pulau Sari 1 Kecamatan Tambang Ulang ; (6) SDN Angsau 6 Kecamatan Pelaihari; (7) SDN Angsau 3 Kecamatan Pelaihari; dan (8) SDN Bumi Jaya 2 Kecamatan Pelaihari.
Pada tingkat sekolah menengah yang meraih predikat Sekolah Adiwiyata Kabupaten tahun 2019 adalah : (1)  SMPN 8 Pelaihari Kecamatan Pelaihari ; (2) SMPN 3 Jorong Kecamatan Jorong; (3) SMPN 3 Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar; (4) SMPN 12 Pelaihari Kecamatan Pelaihari; (5) SMPN 4 Bati-Bati Kecamatan Bati-Bati ; (6)  SMAN 1 Batu Ampar Kecamatan Batu Ampar ; dan (7) SMKN 1 Takisung Kecamatan Takisung.
Demikian sekilas tentang sekolah yang telah meraih prestasi dalam lomba adiwiyata sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan mandiri. Semoga dalam beberapa tahun ke depan sekolah yang ada di Tanah Laut mampu kembali meraih predikat tertinggi di tingkat nasional. Namun, dibalik prestasi tersebut ada yang lebi penting lagi, yaitu terwujudnya perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelastarian fungsi lingkungan hidup dan peningkatan kualitas lingkungan hidup. Semoga.

#DirumahdanMenulisAja

Post a Comment for "MENGENAL SEKOLAH ADIWIYATA TANAH LAUT"