PERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL BATU AMPAR, JORONG, DAN KINTAP


Tim Bidang Bina Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut kembali melanjutkan jadwal kunjangan berikutnya. Pada  perjalanan tim dikdas kali ini tujuanya ke Korwil dan sekolah di  Kecamatan Batu Ampar, Jorong, dan Kintap. Adapun tim  yang berangkat terdiri dari Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Tanah Laut , yaitu , Anang Haryanto (Kasi PDPK/Kesiswaan) , Maslani (Kasi Kurikulum dan Penilaian) ,  Rahmad Hadi ( staf Seksi Kurikulum dan Penilaian ) ,dan Supriadi (Staf Seksi Kelembagaan dan Sarpras) .

Kegiatan perjalana dilaksanakan pada Selasa, 14 Juli 2020, dengan meminjam mobil dinas Kadis, karena mobil dinas yang dipakai sebelumnya kurang 'sreg' dari segi teknis  jika  dipakai untuk perjalanan yang relatif jauh, lebih dari 100 km. Bernagkat pun lebih pagi. Dari Kantor Disdikbud Tanah Laut berangkat sekitar pukul 08.00 WITA dengan rute perjalanan yang akan disinggahi dimulai dari Korwil dan sekolah yang ada Kecamatan Batu Ampar, Jorong, dan Kintap. 



Sekitar pukul 08.45 WITA tim sampai di UPTD SDN 1 Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar. Di sekolah ini tim memeriksa meja kursi siswa bantuan Disdikbud Tanah Laut yang sudah dikirim beberapa waktu sebelumnya, apakah jumlahnya sesuai dengan pesanan dan kondisinya bagaimana. Tim memeriksa meja kursi siswa dan mendapatkan informasi langsung dari kepala sekolah. Setelah pemeriksaan langsung meja kursi siswa, tim dikdas permisi dengan kepala sekolah untuk melanjutkan perjalan menuju Kantor Korwil Batu Ampar.


Perjalanan menuju Kantor Korwil Kecamatan Batu Ampar sekitar 15 menit. Sesampai di kantor tersebut tim disambut oleh staf Korwil, Krismawati, dan tidak lama kemudian datang Siswanto, selaku Korwil Kecamatan Batu Ampar. Setelah menyerahkan blangko ijazah SD diserta dengan contoh, format tanda terima, dan penjelasan singkat tentang tata cara pengisian dan sebagainya, maka tim dikdas mohon diri untuk melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan berikutnya. 
Sementera itu, kondisi cuaca pada hari itu masih terlihat mendung. Jalan yang dilewati masih terlihat basah, karena mungkin pada malam atau subuh sebelumnya diguyur hujan. 
Selepas dari Kantor Korwil Batu Ampar, tujuan berikutnya meninjau dan memeriksa meja kursi siswa di UPTD SDN Jilatan Kecamatan Batu Ampar. Sekolah ini berada di Jl.Suka Maju RT.01 RW 01 , sekitar 300 meter masuk dari jalan trans Kalimantan di Desa Jilatan. Sesampai di sekolah tersebut, tim disambut oleh kepala sekolah beserta dewan guru yang ada saat itu. Tim kembali memeriksa meja kursi siswa yang sudah disusun di kelas sesuai dengan jumlah yang ada di laporan dan kondisinya pun baik.
Tim dikdas kembali bergerak meneruskan perjalanan menuju Kantor Korwil Kecamatan Jorong. Sekitar pukul 10.00 WITA , tim dikdas tiba di tempat tujuan.  Korwil Kecamatan Jorong, Marjana beserta staf menerima tim dikdas. Seusai menyerahkan blangko ijazah dan perlengkapan lainnya disertai penjelasan singkat dan menyantap hidangan makan siang di warung makan seberang kantor Korwil Jorong, tim kembali melanjutkan poerjalanan ke tujuan berikutnya, yaitu UPTD SDN 3 Jorong, yang beralamat di Jl.Trans blok 200 KK Desa Karang Rejo Kecamaan Jorong.

Tim dikdas tiba di UPTD SDN 3 Jorong tersebut sekitar pukul 11.15 WITA dan disambut oleh kepala sekolah beserta dewan guru yang masih berkegiatan membersihkan lingkungan sekolahnya. Tujuan ke sekolah tersebut untuk memeriksa meja kursi siswa bantuan Disdikbud Tanah Laut yang baru dikirim beberapa hari sebelumnya. Setelah memastikan jumlah dan kondisi meja kursi siswa yang baru tersebut dalam kondisi tepat dan baik, maka tim dikdas permisi dengan kepala sekolah dan dewan guru untuk menersukan perjalanan ke tujuan berikutnya.
Tujuan berikutnya ke Kantor Korwil Kintap. Tim dikdas sampai di tujuan tersebut pada sekitar pukul 12.00 WITA yang disambut oleh Sujadi, selaku  Korwil Kecamatan Kintap beserta staf dan kepala sekolah SD. terdekat. Selanjutnya, tim dikdas menyerahkan blangko ijazah SD beserta kelengkapan lainnya dengan disertai  contoh dan penjelasan tentang penulisannya.  Tidak berlama-lama tim dikdas di kantor Korwil Kintap tersebut, maka setelah berpamitan tim dikdas melanjutkan perjalanan menuju UPTD SMPN 1 Kintap.
Sekitar pukul 12.15 WITA tim dikdas sampai di UPTD SMPN 1 Kintap yang disambut oleh Wahidin, selaku kepala sekolah beserta dewan guru yang ada saat itu. Tujuan ke sekolah tersebut untuk memeriksa meja kursi siswa bantuan Disdikbud Tanah Laut yang baru dikirim beberapa hari sebelumnya. Seusai memeriksa kondisi meja kursi siswa  yang ada, tim dikdas berisitirahat sejenak untuk minum kopi siang itu di warung yang berada di samping sekolah tersebut didampingi oleh kepala sekolah. 




Perjalanan dilanjutkan kembali dengan tujuan ke sekolah berikutnya, yaitu UPTD SDN 2 Kintapura yang berada di Jl. A. Yani KM 2 RT 02 Basis Baja  Desa Kintapura  Kecamatan Kintap. Tim dikdas tima di sekolah tersebut sekitar pukul 13.00 WITA. Saat itu, di sekolah sudah tutup, tidak ada satu pun orang yang ada di lingkungan sekolah tersebut.  Hanya lewat kaca jendala sekolah tim melihat meja kursi siswa bantuan Disdikbud Tanah Laut.   Tim dikdas memutuskan untuk kembali ke Pelaihari karena hari sudah semakin siang, sedangkan perjalanan pulang sekitar 2 jam. 

Post a Comment for "PERJALANAN TIM DIKDAS DISDIKBUD TALA DI KORWIL BATU AMPAR, JORONG, DAN KINTAP"