BADATANG , PROGRAM DISDIKBUD DENGAN DISKOMINFO DALAM MEMBANTU SISWA TANAH LAUT DI MASA PANDEMI COVID-19




Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kerja sama untuk membantu para siswa dalam belajar di rumah atau BDR selama pandemi COVID-19 dengan meluncurkan program acara di radio dengan program 'BADATANG'. Program BADATANG atau Belajar dari Radio Tuntung Pandang , yang akan disiarkan oleh Radio Tuntung Pandang FM Pelaihari secara rutin setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. 

Program BADATANG tersebut  diisi dengan siaran pembelajaran bagi siswa jenjang SD dan SMP yang nantinya dibawakan oleh guru-guru yang berkompeten dalam bidangnya masing-masing. Kegiatan tersebut dalam rangka menyikapi pendemi COVID-19 yang masih terus melanda kehidupan di tanah air, khususnya Tanah Laut. Kondisi pandemi yang tak kunjung reda ini membuat sekolah tidak dapat melakukan pembelajaran secara tatap muka, dan hanya melalui PJJ (pembelajaran jarak jauh), baik secara luring, daring, maupun kombinasi keduanya. 

Dengan adanya program BADATANG tersebut dapat mendukung dan menyokong program atau kebijakan BDR (Belajar Dari Rumah) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak pandemi COVID-19 mulai merambah tanah air. Selain itu, program BADATANG  diharapkan menjadi alternatif bagi siswa untuk mendapatkan tambahan pelajaran selain dari yang diperolehnya  di sekolah melalui pola PJJ selama ini.


Berdasarkan hasil pertemuan dengan guru-guru pengisi siaran radio pada Rabu, 30 September 2020 di SKB Pelaihari, bahwa siaran perdana program BADATANG akan dilaksanakan pada Senin, 5 Oktober 2020, pada pukul 09.00 hingga 10.00 WITA  yang akan diisi dengan pembelajaran IPA  jenjang SD kelas 5 dan 6. Selanjutnya, diisi dengan pembelajaran mata pelajaran lainnya yang sesuai dengan jadwal yang sudah disusun. Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, direncanakan priogram BADATANG guru yang mengisi siaran pembelajaran diatur secar bergiliran, baik berdua atau lebih. 


Pola pengaturan penyiaran program BADATANG diisi oleh dua guru atau lebih, sacara bergantian salah satunya bertindak sebagai moderator atau pemandu sedangkan yang lainnya sebagai penyaji materi. Dengan demikian guru pengisi siaran dapat saling berinteraktif selama siaran, sehingga akan dapat menginspirasi diantara mereka. Dalam pengembangan ke depannya, guru yang mengisi siaranya dapat menghadirkan beberapa siswanya untuk mendukung proses pembelajaran melalui radio tersebut.


Kemudian, dalam rangka mensosialisasikan program BADATANG tersebut, pihak Radio Tuntung Pandang FM Pelaihari, radio milik Pemkab Tanah Laut. melaksanakan talk show "TALA MENYAPA" yang menghadirkan saya selaku yang mewakili Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut. Kegiatan talk show tersebut dilaksanakan pada Kamis, 1 Oktober 2020, pukul 09.00-10.00 WITA  yang dipandu oleh Drs.H.A.Sayuti , penyiar radio senior, dan Normarizqa dari Diskominfo Tanah Laut.


Post a Comment for "BADATANG , PROGRAM DISDIKBUD DENGAN DISKOMINFO DALAM MEMBANTU SISWA TANAH LAUT DI MASA PANDEMI COVID-19 "