Buku
“ Model Pembelajaran Ala MAS ” ini
merupakan mimpi penulis yang lama terpendam, karena sejak pertama kali diangkat
sebagai guru, 1 Agustus 1988, baru pertama ini penulis mampu mewujudkan mimpi
menerbitkan buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Selama ini penulis sudah
menerbitkan beberapa buku sendiri, namun buku tersebut berkaitan dengan dunia
pendidikan secara umum, tidak berkaitan
langsung dengan masalah pembelajaran di kelas.
Kini,
setelah menjalani profesi sebagai guru selama 30 tahun, penulis dapat menulis
buku yang berkaitan langsung dengan pembelajaran di kelas, yaitu buku “ Model Pembelajaran Ala MAS ”. Kata “ MAS ” pada buku tersebut merupakan
akronim dari “ Mandiri, Aktif, Santai”, sebagai perwujudan dari maksud dan tujuan model
pembelajaran tersebut. Tentu dengan kata “ MAS
” tersebut juga diaplikasikan dalam model pembelajaran yang mulai dikembangkan
sejak tahun 1996, saat penulis menjadi guru di SMPN 1 Pelaihari.
Lahirnya,
model-model pembelajaran yang penulis kembangkan tersebut merupakan upaya
penulis mengatasi permasalahan dalam pembelajaran saat itu. Permasalah mendasar
yang penulis saat itu siswa aktif dalam pembelajaran karena pada waktu jumlah
di kelas lebih dari 40 siswa, sehingga pembelajaran penulis rasakan kurang
efektif hanya dengan metode pembelajaran yang ada. Oleh sebab itu, penulis
mulai mengembangkan model pembelajaran seperti AK (Aksara Bermakna), MKJ
(Mencari Kartu Jawaban), Acak Kata (AK), Digital (Dg), Relasi dan Grafik (RG),
dan Teka Teki Silang (TTS).
Model-model
pembelajaran tersebut dikembangkan secara konsisten dari waktu ke waktu, bahkan
kemudian pada tahun 2000, penulis menjadikan model pembelajaran tersebut
menjadi objek penulisan skripsi penulis meraih gelar S1 saat itu. Penulis terus
menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran tersebut. Salah satu model
pembelajaran, yaitu MKJ, yang pada tahun 2005 penulis tuangkan menjadi karya
tulis ilmiah yang digunakan untuk mengikuti lomba Simposiun Guru Mata Pelajaran
PKn ( Non CTL ) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan menjadi juara pertama,
sehingga mewakili Kalimantan Selatan ke tingkat Nasional yang diselenggarakan
Dikdasmen Depdikbud.
Selain
itu, dalam upaya memperkenalkan secara lebih luas model pembelajaran “MAS”,
khususnya model MKJ (Mencari Kartu Jawaban), penulis menyusunnya dalam bentuk
artikel. Penulis mengirimkan dan menerbitkannya
pada Buliten Mahing yang diterbitkan
oleh LPMP Kalimantan Selatan pada tahun 2006, dengan judul “ Belajar Mandiri,
Santai, dan Bermain dalam Model Pembelajaran MKJ .
Penulis
terus menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran “MAS” dalam proses
pembelajaran, disamping mencoba menemukan beberapa model pembelajaran baru. Ada
model pembelajaran baru yang penulis kembangkan dari model pembelajaran “MAS”
lama, yaitu model pembelajaran ‘CAPAT’
, akronim dari “Cari-Pasangkan-Tempel”,dan ‘Ranking I’.
Seiringan
dengan pengembangan model pembelajaran baru, penulis juga menjadikan model
pembelajaran tersebut menjadi karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian
Tindakan Kelas atau PTK. Dengan
demikian, model pembelajaran “MAS”
tersebut dapat meningkat dari suatu karya inovasi guru biasa menjadi karya
ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.
Dalam
buku “Model Pembelajaran Ala MAS ”ini
merupakan penggabungan dari beberapa model pembelajaran yang telah digunakan
selama ini oleh penulis dalam proses pembelajaran disertai dengan berbagai
kajian ilmiah yang mendasarinya. Dengan demikian, penulis berharap buku ini
menjadi salah satu referensi bagi guru dalam menerapkan pembelajaran di
kelasnya, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keaktifan dan
prestasi belajar siswa.
Post a Comment for "S I N O P S I S (BUKU MODEL PEMBELAJARAN ALA 'MAS')"