S I N O P S I S (BUKU MODEL PEMBELAJARAN ALA 'MAS')


Buku “ Model Pembelajaran Ala MAS ” ini merupakan mimpi penulis yang lama terpendam, karena sejak pertama kali diangkat sebagai guru, 1 Agustus 1988, baru pertama ini penulis mampu mewujudkan mimpi menerbitkan buku yang berkaitan dengan pembelajaran. Selama ini penulis sudah menerbitkan beberapa buku sendiri, namun buku tersebut berkaitan dengan dunia pendidikan secara umum,  tidak berkaitan langsung dengan masalah pembelajaran di kelas.
Kini, setelah menjalani profesi sebagai guru selama 30 tahun, penulis dapat menulis buku yang berkaitan langsung dengan pembelajaran di kelas, yaitu buku “ Model Pembelajaran Ala MAS ”. Kata “ MAS ” pada buku tersebut merupakan akronim dari “ Mandiri, Aktif, Santai”, sebagai perwujudan dari maksud dan tujuan model pembelajaran tersebut. Tentu dengan kata “ MAS ” tersebut juga diaplikasikan dalam model pembelajaran yang mulai dikembangkan sejak tahun 1996, saat penulis menjadi guru di SMPN 1 Pelaihari.
Lahirnya, model-model pembelajaran yang penulis kembangkan tersebut merupakan upaya penulis mengatasi permasalahan dalam pembelajaran saat itu. Permasalah mendasar yang penulis saat itu siswa aktif dalam pembelajaran karena pada waktu jumlah di kelas lebih dari 40 siswa, sehingga pembelajaran penulis rasakan kurang efektif hanya dengan metode pembelajaran yang ada. Oleh sebab itu, penulis mulai mengembangkan model pembelajaran seperti AK (Aksara Bermakna), MKJ (Mencari Kartu Jawaban), Acak Kata (AK), Digital (Dg), Relasi dan Grafik (RG), dan Teka Teki Silang (TTS).

Model-model pembelajaran tersebut dikembangkan secara konsisten dari waktu ke waktu, bahkan kemudian pada tahun 2000, penulis menjadikan model pembelajaran tersebut menjadi objek penulisan skripsi penulis meraih gelar S1 saat itu. Penulis terus menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran tersebut. Salah satu model pembelajaran, yaitu MKJ, yang pada tahun 2005 penulis tuangkan menjadi karya tulis ilmiah yang digunakan untuk mengikuti lomba Simposiun Guru Mata Pelajaran PKn ( Non CTL ) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, dan menjadi juara pertama, sehingga mewakili Kalimantan Selatan ke tingkat Nasional yang diselenggarakan Dikdasmen Depdikbud.
Selain itu, dalam upaya memperkenalkan secara lebih luas model pembelajaran “MAS”, khususnya model MKJ (Mencari Kartu Jawaban), penulis menyusunnya dalam bentuk artikel. Penulis  mengirimkan dan menerbitkannya pada  Buliten Mahing yang diterbitkan oleh LPMP Kalimantan Selatan pada tahun 2006, dengan judul “ Belajar Mandiri, Santai, dan Bermain dalam Model Pembelajaran MKJ .
Penulis terus menerapkan dan mengembangkan model pembelajaran “MAS  dalam proses pembelajaran, disamping mencoba menemukan beberapa model pembelajaran baru. Ada model pembelajaran baru yang penulis kembangkan dari model pembelajaran “MAS” lama, yaitu model pembelajaran ‘CAPAT’ , akronim dari “Cari-Pasangkan-Tempel”,dan ‘Ranking I’.
Seiringan dengan pengembangan model pembelajaran baru, penulis juga menjadikan model pembelajaran tersebut menjadi karya tulis ilmiah dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas atau PTK.  Dengan demikian, model pembelajaran “MAS” tersebut dapat meningkat dari suatu karya inovasi guru biasa menjadi karya ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis.
Dalam buku “Model Pembelajaran Ala MAS ”ini merupakan penggabungan dari beberapa model pembelajaran yang telah digunakan selama ini oleh penulis dalam proses pembelajaran disertai dengan berbagai kajian ilmiah yang mendasarinya. Dengan demikian, penulis berharap buku ini menjadi salah satu referensi bagi guru dalam menerapkan pembelajaran di kelasnya, karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Post a Comment for "S I N O P S I S (BUKU MODEL PEMBELAJARAN ALA 'MAS')"