IMPLEMENTASI PPK DALAM KEGIATAN ‘SARASAMA’(SARAPAN BERSAMA) DI UPTD SMPN 1 BAJUIN


Proses pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan  dengan berbagai cara yang bersifat formal maupun  non formal. Secara formal pendidikan karakter dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran oleh guru matapelajaran masing-masing yang terencana dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Sedangkan pendidikan karakter  yang bersifat nonformal dilaksanakan dalam berbagai kegiatan di sekolah selain pembelajaran, seperti melaluikegiatan ekstrakurikuler, pembiasaan, dan keteladanan.


Dalam rangka mengimplementasi pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan yang bersifat nonformal,maka dilaksanakan program Sarapan Bersama atau disebut  SARASAMA. Kegiatan ini dimulai pada  JUMAT, 23 Agustus 2019,yang diikuti oleh seluruh dewan guru,staf TU, dan siswa bertempat di halaman sekolah

Sebelum kegiatan Sarapan Bersama atau SARASAMA  dilaksanakan, terlebih dulu disampaikan arahan dan informasi dari Kepala UPTD SMPN 1 Bajuin tentang maksud dan tujuan kegiatan tersebut, salah satunya untuk meningkatkan silaturrahmi warga sekolah untuk mewujudkan keharmonisan kehidupan warga sekolah. Kegiatan SARASAMA hari Jumat, 23 Agustus 2019 ini merupakan kegiatan perdana dan akan dilanjutkan setiap bulannya pada hari JUMAT.

Sebelum dimulai makan sarapan yang seluruhnya disediakan oleh sekolah, baik dewan guru maupun siswa, dilakukan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ahmad Fuad Hasan, S,Pd.I. Seusai makan sarapan pagi dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih bekas bungkusan atau sampah yang ada di sekitar tempat kegiatan SARASAMA. Kemudian, dilanjutkan dengan pembagian hadiah lomba dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74  dan Hari Jadi UPTD SMPN 1 Bajuin ke-26, tanggal 22 Agustus 2019.



Post a Comment for "IMPLEMENTASI PPK DALAM KEGIATAN ‘SARASAMA’(SARAPAN BERSAMA) DI UPTD SMPN 1 BAJUIN"