REUNI SETELAH 37 TAHUN TAK BERTEMU


Perjalanan waktu menjadikan segala sesuatu dapat berubah, seperti usia yang terus bertambah, kondisi fisik yang makin lemah, dan berbagai perubahan lainnya seiring dengan perjalanan waktu. Kenyataan itulah yang penulis alami dan dapatkan dari pertemuan kembali atau reuni alumni SMP Negeri 2 Martapura angkatan pertama yang lulus tahun 1982, atau 37 tahun yang lalu.
Digagas dan dipelopori oleh kawan-kawan alumni SMP Negeri 2 Martapura angkatan pertama  yang tinggal di Martapura dan Banjarbaru, seperti Fitriadi, Hj.Oya, Marhasan, dan yang lainnya, maka pada Kamis, 22 Agustus 2019, terwujudlah kegiatan reuni siswa SMP Negeri 2 Martapura angkatan pertama yang lulus tahun 1982 bertempat di rumah makan Pondok Lima Sungai Sipai Martapura, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan.


Dalam kegiatan reuni tersebut selain mengundang alumni, juga mengundang atau menghadirkan beberapa guru SMP Negeri 2 Martapura dulu yang saat ini masih ada atau hidup, yaitu Bapak Abu H, Ibu Ratna, dan Ibu  Mastora. Alhamdulillah, beliau-beliau tersebut masih bisa hadir dan mengenal sebagian kecil dari kami yang hadir dalam reuni tersebut.
Kegiatan reuni dimulai pada pukul 11.00 WITA, dengan diawali silaturrahim dan  kangen-kangenan diantara sesama kami, karena nyaris satu sama lain sudah tidak kenal lagi, sehingga satu sama lain saling mengingatkan nama. Penulis sendiri merasakan banyak lupa dengan kawan-kawan satu sekolah tersebut, hanya mengenal sebagian kecilnya, karena terbantu dengan bergabung dalam grup WA “ ALUMNI SMPN2 MTP”, sehingga dapat lebih dulu mengenal wajah kawan yang aktif dalam grup WA tersebut.

Selama 37 tahun ini, penulis baru kali ini mengikuti kegiatan reuni alumni tersebut, meski sebelumnya ada beberapa kali dilaksanakan kegiatan serupa dengan beberapa alumni yang ada di sekitar Martapura dan Banjarbaru. Penulis mendapat informasi kegiatan reuni ini dari Fitriadi, kawan yang awalnya menghubungi penulis melalui facebook, lalu penulis mengirim nomor handphone,  dan kemudian dimasukkan dalam grup WA alumni di atas.
Sebenarnya sangat berat bagi penulis menghadiri kegiatan reuni tersebut, karena jarak rumah penulis dengan tempat pertemuan reuni tersebut sekitar 65 km, terlebih lagi waktu kegiatannya pada hari kerja. Kemudian, setelah mempertimbangkan dengan berbagai hal, salah satunya karena ingin bertemu dengan guru penulis yang sangat berjasa dalam kehidupan penulis selama ini. Pertimbangan itulah yang membulatkan tekad penulis untuk dapat hadir dalam reuni alumni tersebut.
Saifullah, salah satu alumni yang kini menjabat sebagai Sekretaris Kelurahan Tanjung Rema Martapura menjadi pembawa acara dan membuka acara reuni dengan ucapan ‘basmalah’, kemudian dilanjutkan dengan sambutan pengantar yang dipercayakan kepada Sofyan AH, salah satu alumnus yang sukses dalam karir  karena pernah menjadi pejabat penting pada Pemda Kabupaten Banjar dan Provinsi Kalimantan Selatan. Dalam sambutannya antara lain menyampaikan terima kasih atas kehadiran guru –guru dan kawan-kawan alumni ditengah kesibukannya sehari-hari.
Kamudian, penulis didaulat oleh kawan-kawan untuk menyampaikan sambutan mewakili alumni putera. Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada guru-guru yang hadir dan mendoakan agar beliau tersebu diberikan kesehatan dan umur yang panjang, sehingga nantinya jika ada acara reuni kembali semoga beliau dapat hadir bersama kami kembali. Penulis juga memohon doa kepada yang hadir untuk mendoakan kawan-kawan sesama alumni yang sudah meninggal dunia agar mereka mendapat tempat yang terbaik disisi-Nya.
Sesudah doa bersama dilanjutkan dengan menyantap hidangan makan siang yang sudah disiapkan oleh para inisiator dan koordinator reuni di meja masing-masing. Sisi berfoto bersama menjadi acara berikutnya sesudah makan siang. Kegiatan reuni alumni SMP Negeri 2 Martapura angkatan pertama tahun 1982 berakhir sekitar pukul 13.30 WITA.  Sebelum bubar dari koordinator memberikan hadiah  kenang-kenangan kepada guru yang hadir saat itu, serta memberikan bantuan kepada kawan-kawan alumni yang perlu dibantu dalam kehidupannya sehari-hari. 
Penulis mohon pamit terlebih dulu dengan kawan-kawan yang masih bertahan di rumah makan tersebut, karena ada kegiatan ke SMAN 1 Martapura, yang juga penulis pernah belajar dan alumnus di sekolah tersebut pada tahun 1985.




Post a Comment for "REUNI SETELAH 37 TAHUN TAK BERTEMU"