CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 8. Sampai di Hotel Kotabaru



Perjalanan ke Kotabaru rombongan bus zona Pelaihari, bus dimana penulis ada di dalamnya, alhamdulillah, akhirnya  sampai juga di tempat tujuan, yaitu hotel tempat rombongan kami menginap beberapa  malam selama berada di Kotabaru, dengan selamat. Waktu sampai di hotel sekitar pukul 19.30 WITA pada Jumat, 20 September 2019. Penumpang bus zona Pelaihari semuanya masuk hotel yang sama, dan demikian pula dengan penumpang bus zona Banjarmasin juga masuk hotel yang sama. Hotel yang dipesan untuk penginapan peserta studi tour ke Kotabaru sebanyak dua buah hotel, karena jumlahnya cukup banyak.

Penulis bersama penumpang bus zona Pelaihari mendapatkan hotel yang bernama Hotel Mandiri 1 Kotabaru. Penghuni kamar hotel sudah diatur sejak awal, sehingga ketika datang ke hotel masing-masing penumpang sudah mengetahui kamarnya masing-masing, hanya tinggal mengambil kunci kamar pada resepsionis hotel. Penulis bersama Agus Darmadi mendapatkan kamar hotel di lantai satu, dengan isi kamar dua buah tempat tidur. Fasilitas kamar hotel yang kami tempati ada kamar mandi daan WC, pendingin ruangan atau AC, televisi, meja, dan perlengkapan mandi.

Pada saat melapor ke resepsionis hotel, terlihat ada mobil bus mini yang sudah berada di dalam ruangan dekat meja resepsionis hotel. Berdasarkan tulisan besar yang ada di bus mini tersebut didapat informasi ada rombongan pesepeda dari Tanjung,Kabupaten Tabalong yang menginap di hotel tersebut. Berdasarkan informasi dari petugas resepsionis hotel,bahwa rombongan pesepeda tersebut sudah mulai masuk dan  menginap pada Kamis, 19 September 2019, atau sehari sebelum rombongan penulis datang.

Setelah mendapatkan  kamar hotel masing-masing,  maka penulis dankawan-kawan lainnya menuju kamar hotel yang telah disiapkan. Dalam kamar hotel ini ada yang berisi dua orang dan ada pula yang tiga orang, tergantung kapasitas kamar. Penulis  bersama Agus Darmadi,M.Pd menempati kamar nomor 102 yang berada di lantai satu. Ada  beberapa anggota rombongan yang menempati lantai  satu ini,sisanya ada di lantai dua  dan tiga.  Di lobby hotel lantai satu ada dua perangkat kursi tamu yang berada di bagian tengah, sedangkan di bagian depannya ada balkon dan  kursi taman sebanyak dua buah. Selain itu  di  lobby hotel yang cukup luas ini juga tersedia kamar kecil atau WC umum, selain yang ada dalam kamar masing-masing.



Penulis meletakkan dan menata beberapa  barang bawaan, seperti  tas pakaian sendiri, plakat, spanduk, dan bingkisan  yang akan diberikan kepada pihak yang sudah ditentukan. Sesudah membereskan barang bawaan tersebut, penulis bersiap-siap untuk  melaksanakan  shalat. Sementara itu,Agus Darmadi, M.Pd sudah mandi dan mau melaksanakan shalat. Ruang kamar hotel yang penulis tempati tersebut cukup sempit untuk dapat melaksanakan  shalat berjamaah, maka oleh sebab itu harus ada yang lebih dulu  atau  bergantian.
Penulis melaksanakan shalat seusai Agus Darmadi, M.Pd melaksanakan shalatnya,  karena tidak ada tempat untuk berjamaah, terlebih lagi posisi arah kiblatnya tidak lurus  dengan posisi tempat tidur dalam kamar tersebut. Setelah melaksanakan shalat, penulis menuju ruang lobby hotel yang  berada  di depan kamar penulis untuk mengambil jatah atau bagian konsumsi  makan malam yang disajikan dalam kotak. Sementara itu,  beberapa kawan penulis sudah menyantap menu makan  malam yang disajikan oleh penyedia katering.

###studitourktb-2019###

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 8. Sampai di Hotel Kotabaru"