CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 9. Jalan-jalan Ke Siring Laut Kotabaru


Seusai makan malam dan berbagai aktivitas pribadi lainnya, penulis bersama Agus Darmadi, M.Pd serta  kawan-kawan yang menginap di Hotel Mandiri 1 Kotabaru pada malam itu, Jumat, 20 September 2019, bersiap-siap menuju taman Siring Laut Kotabaru. Jarak dari hotel tempa kami menginap ke Siring Laut tersebut sekitar 500 meter, Cukup jauh dan lama untuk kami  yang berjalan kaki sampai ke pusat rekreasi warga kota tersebut.

Pada malam pertama  berada di Kotabaru tersebut peserta kegiatan studi tour MKKS SMP Tanah Laut diisi dengan agenda atau kegiatan masing-masing atau bebas. Peserta mau tidur di kamar hotel atau jalan-jalan disilahkan, karena malam itu tidak ada agenda kegiatan yang dijadwalkan oleh tim kerja tour ke Kotabaru. Bagi peserta yang merasa sangat lelah setelah menempuh perjalanan yang panjang selama hampir sepuluh jam lamanya, maka tidur menjadi pilihan utama dari pada jalan-jalan.
Bagi penulis, meskipun kondisi badan terasa lelah, namun untuk menjaga kebersamaan dan solidaritas kelompok atau rombongan, maka malam itu penulis jalan-jalan ke taman Siring Laut Kotabaru, pusat kegiatan warga kota pada malam  hari. Penulis sendiri sudah pernah jalan-jalan di taman Siring Laut Kotabaru sekitar 15 hari yang lalu, saat penulis bersama tim kerja melakukan kegiatan pra studi tour ke Kotabaru ini. Saat itu penulis bersama dengan Supian,S.Pd dan Yuliansyah, M.Pd selama dua hari berada di Kotabaru ini.

Perjalanan menuju taman Siring Laut Kotabaru malam dimulai sekitar pukul 20.00 WITA dalam beberapa kelompok. Penulis bersama Agus Darmadi dan kawan-kawan lainnya yang saat itu jumlahnya sekitar 8 orang. Pertokoan di sekitar hotel kami menginap sudah sejak sore tutup, sedangkan di depan pasar terlihat pedagang kaki lima menggelar dagangannya. Pada umumnya pedagang tersebut menjual pakaian, sedangkan yang lainnya menjual alat-alat keperluan rumah tangga, asesoris handphone, dan  sebagainya.
Saat di depan pasar Kotabaru, Agus Darmadi,M.Pd mampir ke ATM salah satu bank untuk mengirim uang kepada anaknya yang kuliah di Solo.  Sambil menunggu Agus Darmadi,M.Pd di ATM tersebut, penulis berjalan-jalan sekitar ATM untuk melihat-lihat pedagang kaki lima yang menggelar dagangannnya dengan diterangi lampu listrik secukupnya. Tidak berapa lama kemudian, Agus Darmadi, M.Pd sudah keluar dari gerai ATM, dan selanjutnya kami berdua melanjutkan perjalanan menuju taman Siring Laut Kotabaru yang berjarak sekitar 200 meter lagi.

Sesampai di taman Siring Laut Kotabaru, ternyata pengunjungnya sudah banyak, terutama di lapak –lapak yang berjualan makanan dan  minuman atau pusat kulinernya taman tersebut. Penulis dan Agus Darmadi, M.Pd tetap  berjalan mencari kawan-kawan rombongan yang sudah lebih dulu berangkat dan sampai di tempat tersebut. Ternyata, kawan-kawan sudah hampir semuanya berada di Siring Laut Kotabaru. Mereka berkumpul di sekitar tulisan ‘Siring Laut Kotabaru’ yang berada di tengah-tengah siring.
Penulis dan Agus Darmadi,M.Pd pun  bergabung dengan  kawan-kawan yang sedang santai sambil berfoto ria dengan latar belakang tulisan ‘Siring Laut Kotabaru’ dan patung ikan besar yang mengeluarkan atau menyemburkan air dengan pencahayaan yang warna-warni. Sungguh indah pemandangan sekitar Siring Laut Kotabaru pada malam hari, lampu warna-warni menghiasi setiap sudut taman dan menjadi objek danbidikan kamera  handphonepara pengunjung, tidak kecuali penulis dan kawan-kawan.

###studitourktb-2019###

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN STUDI TOUR KE KOTABARU-2019. Bagian 9. Jalan-jalan Ke Siring Laut Kotabaru"