A.
Pendahuluan
Kepengurusan MKKS SMP Tanah
Laut periode 2017-2019 segera akan
berakhir masa tugasnya. Berdasarkan AD/ART,
bahwa masa kerja Pengurus selama 2 (dua) tahun. Kepengurusan MKKS SMP Tanah Laut dibentuk
berdasarkan hasil musyawarah anggota MKKS SMP Tanah Laut pada tanggal Nopember
2017 dan di-SK-kan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut Nomor 189 Tahun 2017
dengan jumlah Pengurus sebanyak
9 orang. (SK terlampir)
Sesuai dengan ketentuan yang
berlaku, bahwa salah satu kewajiban Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sebelum
berakhirnya masa tugas diharuskan menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban
(LPJ) sebagai wujud tanggung jawab dan profesionalisme pengurus, baik secara
lisan maupun tertulis sebelum Pengurus dinyatakan demiosioner. Dengan Laporan
Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus MKKS SMP Tanah Laut ini diharapkan diketahui
apa saja dan bagaimana perkembangan organisasi selama masa kepengurusan
tersebut.
Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)
yang Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sampaikan ini diharapakan dapat dipahami
secara seksama oleh seluruh anggota sehingga diharapkan nantinya menjadi bahan
masukan dan pelajaran bagi kepengurusan berikutnya untuk membawa organisasi MKKS SMP Tanah Laut lebih baik lagi.
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut
menyadari sepenuhnya bahwa selama melaksanakan tugas dalam masa kepengurusan 2
(dua) tahun ini, tentu masih banyak agenda, program, dan rencana yang belum dilaksanakan dengan baik. Oleh
sebab itu, Pengurus MKKS SMP Tanah Laut menyampaikan permohonan maaf, karena banyak
hal belum terlaksana dengan baik.
Kami menyadari bahwa keterbatasan waktu, tenaga, dan dana yang ada pada diri kami Pengurus, merupakan
faktor utama yang menghambat tidak terlaksana berbagai agenda,program, dan
rencana organisasi selama ini. Demikian
pula halnya dengan kendala sarana, fasililitas, dan sebagainya.
Dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ)
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut periode 2017-2019 ini akan kami sampaikan laporan
organisasi terkait dengan antara lain : (1) kegiatan rutin bulanan, (2)
kegiatan studi banding/perjalanan/rekreasi, (3) keuangan organisasi, dan (4)
evaluasi kegiatan organisasi.
Secara rinci dan detail dapat
Bapak/Ibu anggota MKKS SMP Tanah Laut
baca dan pelajari dalam laporan
tersebut.
B.
Kepengurusan
Berdasarkan
hasil musyawarah anggota MKKS SMP Tanah Laut yang dilaksanakan pada 10 Oktober
2017 di SMPN 4 Pelaihari terpilih pengurus baru dengan komposisi
sebagai berikut :
a. Pembina : Kepala Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan
Kabupaten
Tanah Laut
b.
Penasehat
1. Drs.
Iriansyah,M.M.Pd
2. H.Ayub,S.Pd,
MM
3. H.Fathurrahman,S.Pd
c.
Pengurus
1.
Ketua :
Agus Darmadi, M.Pd
2. Wakil Ketua
1 :
Drs. Fathurrahman Sidiq ,M.M.Pd
3. Wakil
ketua 2 :
Mukramin
4.
Sekretaris : Maslani,
S.Pd
5. Wakil
Sekretaris : Muhtar, S.Pd
6.
Bendahara : Ahmad
Rifai, S.Pd
7. Wakil
Bendahara : Gunawan, S.Pd
8. Bagian
Humas : 1. Bustanul Arifin, S.Pd
2. Mehrab,
M.Pd
Kemudian, Pengurus MKKS SMP Tanah Laut di -SK- kan oleh
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut
dengan Surat Keputusan Nomor
Sesuai dengan AD/ART 2015, maka
ditunjuk beberapa pengurus untuk menjalankan orgnisasi sehari-hari, yang dikenal
dengan nama Pengurus Harian, terdiri dari Ketua , Sekretaris, dan Bendahara.
C.
Laporan
Kegiatan
1.
Pertemuan
Rutin Bulanan
Sesuai dengan ketentuan dalam AD/ART bahwa pengurus
melaksanakan kegiatan pertemuan rutin setiap bulan secara bergiliran dari satu
sekolah ke sekolah. Dalam pelaksanaannya
diatur melalui mekanisme arisan sehingga setiap sekolah berkesempatan
menjadi tuan rumah penyelenggara pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut.
Dalam praktiknya, sekolah selaku penyelenggara
pertemuan rutin bulan sudah mengetahui kapan sekolahnya mendapat giliran,
tetapi Pengurus tetap menyampaikan pemberitahuan dan konfirmasi kepada kepala
sekolah, selaku pihak yang akan menyelenggarakan pertemuan rutin bulanan minimal sebulan sebelumnya.
Pengurus dan
kepala sekolah yang sekolahnya akan menjadi tuan rumah penyelenggara pertemuan
rutin bulanan selalu mengadakan komunikasi untuk memastikan waktu dan tempat
penyelenggaraan tersebut, sehingga dapat dipastikan waktu dan tempatnya. Ketika
sudah dapat dipastikan waktu dan tempat
penyelenggaraan, maka Pengurus menyampaikan undangan secara tertulis (SMS dan WA) kepada seluruh anggota, dan juga
menyampaikan undangan kepada pihak terkait, seperti pejabat Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan dan pejabat lain yang
dianggap perlu dihadirkan dalam pertemuan rutin bulanan tersebut.
Berdasarkan hasil undian arisan sebagai tuan rumah
penyelenggara rapat rutin bulanan, bahwa dalam 1 (satu) tahun ada 12 sekolah
yang menjadi tuan rumah. Sementara itu, berdasarkan data keanggotaan MKKS SMP
Tanah Laut tahun 2017 ada 50, kemudian tahun 2018 bertambah menjadi 53, dan
tahun 2019 ini ada 55 SMP negeri dan swasta.
Secara umum, penyelenggaraan pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut
terselenggaran sesuai waktu /bulannya, namun terkadang ada juga yang
dilaksanakan tidak pada bulannya, seperti pada bulan yang bertepatan dengan
bulan suci Ramadhan atau libur sekolah.
Dalam penyelenggaraan pertemuan rutin bulanan MKKS SMP
Tanah Laut diselenggarakan dalam upaya
pembinaan dan pemantapan tugas kepala sekolah dari berbagai narasumber, baik
dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas, dan narasumber lainnya,
sehingga diharapkan kepala sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
Selain itu, pertemuan tersebut dalam rangka menjalin
silaturrahim antara kepala sekolah SMP negeri dan swasta se Kabupaten Tanah
Laut. Dengan pertemuan rutin bulanan dari sekolah ke sekolah lainnya,
diharapkan juga ada pembelajaran dan menimba pengalaman dari sekolah tuan rumah
yang dapat diterapkan di sekolah masing-masing.
Pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut dalam
prosedur utama acaranya sebagai berikut
:
1. Pembukaan
2. Menyanyikan
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bersama
3. Sambutan
tuan rumah penyelenggara
4. Sambuatan
Ketua MKKS SMP Tanah Laut
5. Informasi
dan dialog dari berbagai narasumber
6. Doa/penutup
Setiap
sekolah tuan rumah penyelenggara pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut
juga menyiapkan dirinya dengan penampilan/persembahan kreativitas siswa/i
masing-masing, baik seni musik, seni tari, dan pertunjukan lainnya, guna
memberikan informasi kegiatan ekstrakurikuler dan menghibur tamu/undangan yang hadir.
Kesimpulannya,
dengan pertemuan rutin bulanan ini menjadi wadah bagi pengurus, anggota, dan
narasumber, serta tuan rumah penyelenggara untuk saling berbagi dan
silaturrahim dalam rangka menunjang dan
meningkatkan kompetensi dan profesionalisme kepala sekolah sehingga
dapat pengelolaan/manajemen sekolah dapat
bertambah baik setiap tahunnya guna mewujudkan sekolah bermutu.
Kegiatan rapat
kerja/pertemuan MKKS SMP Tanah Laut selain dilaksanakan secara formal di
ruangan , juga pernah dilaksanakan
secara informal di luar ruangan dalam bentuk outbond, seperti yang dilaksanakan pada 31 Agustus 2018, saat SMP Muhammadiyah Pelaihari selaku tuan rumah.
2.
Rapat
Pengurus
Dalam beberapa hal / masalah organisasi yang perlu dan
mendesak diselesaikan, maka Pengurus melaksanakan rapat terbatas. Rapat diikuti
oleh pengurus harian dan pengurus lain yang dianggap perlu dan dapat
hadir. Kegiatan rapat pengurus
dilaksanakan di SMPN 2 Pelaihari sebagai Sekretariat MKKS SMP Tanah Laut, atau
di tempat lain sesuai kesepakatan bersama.
Kegiatan rapat pengurus harian juga dilakukan yang
bersifat mendadak atau incidental untuk menyikapi sesuatu permasalahan organisasi,
sehingga dalam pelaksanaannya bisa tidak terjadwal, sesuai keperluan dan
kondisi yang ada.
3.
Melakukan
Curah Pendapat dengan DPRD Tanah Laut
Menghadapi dan menyikapi permasalahan keuangan sekolah
yang bersumber dari BOSDA pada tahun anggaran 2018, dimana sampai dengan bulan
Agustus 2018, bantuan operasional sekolah yang bersumber dari daerah atau dikenal dengan
BOSDA belum cair, sehingga hal tersebut membuat kondisi kurang kondusif
di sekolah, terutama masalah honor tenaga
honorer yang dibiayai dari dana BOS.
Pada tanggal
Agustus 2018, pengurus bersama
dewan penasehat melakukan kegiatan curah
pendapat dengan anggota DPRD Tanah Laut dari Komisi II yang salah satu tugasnya
membidangi pendidikan. Kegiatan curah
pendapat berikutnya dilaksanakan pada
September 2018 untuk membahas
tentang perubahan nomenklatur sekolah terkait dengan rancangan Peraturan Bupati
(Raperbub) tentang nomenklatur sekolah.
4.
Audiensi
dengan Bupati Tanah Laut
Pengurus selain curah pendapat dengan DPRD Tanah Laut,
juga pernah melaksanakan audiensi dengan Bupati Tanah Laut, H.Sukamta, di ruang
kerja beliau, Kantor Bupati Tanah Laut dalam rangka silaturrahim dan
menyampaikan persepsi dan meluruskan isyu yang berkembang tentang MKKS SMPTanah
Laut.
5.
Kegiatan Rekreasi Bersama
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut dengan persetujuan dan partisipasi anggota
telah menyelenggarakan kegiatan wisata atau rekreasi bersama anggota ke tempat
atau objek wisata sebagai berikut :
3.1. Rekreasi ke Loksado HSS
Kegiatan rekreasi bersama keluarga besar MKKS SMP
Tanah Laut ke Loksado , HSS, dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 13-14 Oktober 2018
yang diikuti sebanyak 43 orang.
Kegiatan rekreasi ke Loksado tersebut pada awalnya
dirancang dalam rangka pelepasan purna tugas H. Miswadi, S.Pd, mantan Kepala SMPN 5 Batu Ampar. Namun, karena
kondisi kesehatan /fisik beliau yang
tidak memungkinkan, maka beliau tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut
sebagaimana rencana awalnya.
Kegiatan rekreasi ke Loksado menggunakan dua buah bus besar. Selama dua
hari di Loksado dimanfaatkan rekreasi seperti ke air terjun
Haratai dan menelusuri Sungai Amandit dengan rakit bambu oleh beberapa
peserta rekreasi. Selama di Loksado peserta
bermalam/menginap di panginapan Graha Wisata Amandit Desa Muara Hatip
Loksado, HSS.
3.2. Rekreasi
ke Kotabaru
Kegiatan rekreasi atau studi tour ke Kotabaru ini
dalam rangka pelepasan purna tugas kepala sekolah, yaitu Bapak Syakhrani, S.Pd, mantan
Kepala UPTD SMPN 1 Bati-Bati, dan Ibu
Supini,S.Pd ,selaku mantan
Kepala UPTD SMPN 6 Pelaihari.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20-22 September
2019, yang diikuti oleh 54 peserta, terdiri dari kepala sekolah, guru, dan
sebagian keluarga. Selain rekreasi ke Siring Laut Kotabaru, Pantai Gadambaan
Sarang Tiung,dan Hutan Meranti, juga dilaksanakan silaturrahim di SMPN 1
Kotabaru, dan pertandingan bulutangkis persahabatan antara kedua belah pihak.
6.
Kegiatan Pengadaan
Naskah Soal Ulangan Umum
Dalam kegiatan pengadaan naskah soal Ulangan Umum ini,
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut, khususnya Pengurus Harian, melaksanakan tugas mengumpulkan,
menggandakan, dan mendistrusikan naskah ulangan umum, baik semester ganjil maupun genap. Sebelum naskah ulangan
umum dicetak/digandakan dan didistribusikan ke sekolah-sekolah, terlebih dulu
Pengurus mengumpulkan naskah ulangan umum melalui pengurus MGMP mata pelajaran
PAI, PPKn/PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.
Pencetakaan/penggadaan naskah ulangan umum dilakukan
oleh pihak ketiga, sedangkan naskahnya merupakan hasil kerjasama dengan
Pengurus MGMP dari 7 (tujuh) mata pelajaran. Setiap naskah soal yang dibuat oleh pihak MGMP tersebut
diberikan ‘honor’ sebagai ganti jasa pembuatan naskah soal. Sebelum naskah soal
tersebut dicetak/digandakan, terlebih dulu di edit oleh Tim Editor Pengurus
MKKS SMP Tanah Laut, kemudian naskah soal yang telah diedit tersebut dikirim ke
pihak ketiga untuk dicetak/digandakan sesuai jumlah siswa seluruh SMP negeri
dan swasta se- Kabupaten Tanah Laut.
Kegiatan selanjutnya, setelah naskah soal selesai dan
telah siap dikirim ke sekolah masing-masing, kemudian naskah soal tersebut
dikirim melalui ‘pos distribusi’ di
beberapa titik tertentu yang sudah diatur dan disampaikan kepada seluruh kepala
sekolah. Tujuan pendistribusian naskah soal secara ‘pos distribusi’ tersebut agar pihak sekolah lebih relatif dekat
mengambilnya, tidak jauh ke Pelaihari bagi yang sekolahnya relatif
jauh dari Pelaihari.
Perubahan pola
pendistribusian naskah soal tersebut diatur dengan memperhatikan
keterdekatan dan kemudahan mengambil/mengakses dari sekolah terdekat yang ada
di wilayah tersebut. Naskah soal
dititipkan pada sekolah yang menjadi ‘pos
distribusi ‘ dengan persetujuan dan bantuan pihak sekolah tersebut mengatur
dan menyerahkan naskah soal tersebut.
Pembagian’pos distribusi’
naskah soal sebagai berikut :
No
|
Pos Distribusi
|
Wilayah /Sekolah Cakupan
|
Ket.
|
1
|
UPTD SMPN 1 Bati-Bati
|
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Bati-Bati, Kurau,Bumi Makmur, dan Tambang
Ulang
|
|
2
|
UPTD SMPN 3 Pelaihari
|
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Pelaihari, Takisung, dan Bajuin
|
|
3
|
UPTD SMPN 1 Panyipatan
|
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Panyipatan
|
|
4
|
UPTD SMPN 1 Batu Ampar
|
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Batu Ampar, Jorong, dan Kintap
|
|
Catatan
Pembagian
naskah soal ulum tersebut disesuaikan dengan kondisi yang mendekati pada
sekolah, dan tidak menutup kemungkinan ada pihak sekolah yang meminta naskah
soalnya dititipkan di pos distribusi yang ada di luar cakupannya.
7.
Kegiatan
Administrasi ,Kearsifan, dan Sarana Informasi dan Komunikasi
Organisasi
Kegiatan administrasi dan kearsifan dilaksanakan oleh
Sekretaris sebagaimana mestinya. Dalam kegiatan ini antara lain terkait dengan
surat-menyurat ,seperti undangan, surat keputusan, dan sebagainya. Pengelolaan
administrasi dan kearsifan terkendala masalah tidak adanya ruang/tempat,
seperti kantor sekretariat, lemari, dan sebagainya. Sementara ini pengurus menempatkan papan nama
Sekretariat MKKS SMP Tanah Laut di SMPN 2 Pelaihari, Jl. H.A.Syairani Komplek
Perkantoran Gagas Pelaihari.
Selanjutnya, dalam kegiatan organisasi, Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sejak awal
kepengurusan menyelesaikan penyusunan
Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) dan Ketentuan Kesejahteraan
Anggota. Dengan tersusunnya AD/ART dan Ketentuan Kesejahteraan Anggota tersebut
secara administratif organisasi sudah memiliki pedoman dalam berorganisasi yang
menjadi acuan bersama.
Selama ini kegiatan administasi dan kearsifan dikelola
oleh Sekretaris (Maslani) secara sederhana.
Beberapa perlengkapan adminsitrasi yang dimiliki antara lain buku absen
pertemuan/rapat, buku natolen rapat, dan
sebagainya.
Dalam rangka
menjalin silaturrahmi dan komunikasi serta publikasi, Sekretariat
membuka akun facebook dengan nama Mkks
SMP Tala dan grup WhatApps yangdikelola/adminnya Sekretaris MKKS SMP
Tanah Laut,Maslani,S.Pd dengan nama grup WA Sekreti@t. Akun WA
Sekretari@t merupakan sarana komunikasi yang hanya beranggotaan kepala
SMP yang masih aktif sebagai kepala sekolah, atau dengan kata lain
keanggotaannya bersifat tertutup. Keanggotaan WA Sekretari@t hampir semua anggota atau kepala SMP se
Kabupaten Tanah Laut.
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sejak tahun 2015 sudah menyediakan spanduk
untuk dipasang pada setiap kegiatan pertemuan dari sekolah ke sekolah, di pasang sebagai latar di dalam ruangan, dan spanduk ucapan selamat datang yang
dipasang di depan pintu gerbang sekolah.
8.
Kegiatan Pelepasan Purnatugas Kepala Sekolah
Dalam kepengurusan MKKS SMP Tanah Laut periode
2017-2019 ini ada pelaksanaan kegiatan pelepasan kepala sekolah yang purnatugas
/memasuki masa pensiun. Kegiatan pelepasan dilaksanakan dalam kegiatan
pertemuan bulan/rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut sesuai dengan ketentuan dalam
AD/ART MKKS SMP Tanah Laut.
Adapun kegiatan pelepasan purnatugas kepala sekolah
yang dilaksanakan pengurus MKKS SMP Tanah Laut periode 2017-2019 adalah sebagai
berikut :
1) Pelepasan
purnatugas H. Miswadi, S.Pd , mantan
Kepala SMPN 5 Batu Ampar yang dilaksanapan pada 20 Desember 2018 di SMPN 1 Pelaihari.
2) Pelepasan
purnatugas Syakhrani,S.Pd, mantan
Kepala UPTD SMPN 1 Bati-Bati , dan Ibu
Supini, S.Pd ,mantan Kepala UPTD SMPN 6 Pelaihari pada 25 September 2019 di UPTD SMPN 2 Pelaihari.
9.
Kegiatan
Sosial dan Kesejahteraan Anggota
Kegiatan yang dilaksanakan Pengurus MKKS SMP Tanah
Laut yang dikelola oleh Wakil Bendahara (Gunawan, S.Pd) terkait kegiatan sosial dan kesejahteraan
anggota yang meliputi pengumpulan dana untuk membantu anggota yang sakit/opname
, perkawinan anak, dan bantuan lainnya sesuai dengan ketentuan yang tercantum
dalam AD/ART dan Kesejahteraan Anggota.
Berdasarkan laporan dan catatan Wakil Bendahara yang
menangani kesejahteraan anaggota telah tersalur dana kesejahteraan kepada
beberapa anggota yang berhak menerima dana kesejahteraan tersebut. Data
penerima terlampir.
10. Keuangan Organisasi
Pengelolaan
keuangan organisasi yang bersifat rutin
dilaksanakan oleh Bendahara (A.Rifai,S.Pd),
sedangkan keuangan yang bersifat spontan/non rutin dilaksanakan oleh Wakil
Bendahara (Gunawan, S.Pd) sebagainya dijelaskan pada bagian diatas , yaitu Kesejahteraan Sosial.
Secara
umum, pemasukan keuangan organisasi diterima dari iuran anggota setiap bulan
yang dipungut sebesar Rp 100.000,- per orang anggota dengan pembagian /rincian
sebagai berikut :
a.
Konsumsi Rp.35.000,-
b.
Iuran anggota Rp.15.000,-
c.
Tabungan anggota Rp. 50.000,-
Selanjutnya,
untuk pembagian keuangan tersebut diatur
oleh Bendahara, biaya konsumsi diserahkan kepada tuan rumah pertemuan MKKS SMP
Tanah Laut sebanyak jumlah anggota, iuran anggota disimpan dalam kas
organisasi, sedangkan tabungan anggota dijadikan tabungan untuk masing-masing
anggota.
Mengenai
laporan keadaan buku kas organisasi akan dilaporkan secara khusus pada laporan
tersendiri tentang keuangan organisasi.
11. Kegiatan Lain-lain
Meski kegiatan lain-lain ini tidak terkait langsung
dengan agenda /program MKKS SMP Tanah Laut, namun dalam pelaksanaannya ada
hubungan langsung dengan organisasi, yaitu :
1) Musyawarah untuk membahasa dan memutuskan rencana
kegiatan workshop penyusunan RKAS tahun 2019 pada tanggal 13 Okrober 2019 di
penginapan Loksado. Hadir dalam kegiatan musyawarah yang dilaksanakan di auala
penginapan tersebut, Imelda, M.Pd, selaku Kasi PDPK (Kepala Seksi Peserta Didik
dan Pengembangan Karakter) dan Ahmad Sairaji, M.Pd ,selaku Kasi Kurikulum dan
Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, dan 37 kepala sekolah SMP
se Kabupaten Tanah Laut.
2) Kegiatan
Bimbingan Teknis (Bimtek) EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 1-2 Nopember 2018 di ballroom
Hotel Royal Jelita Banjarmasin. Kegiatan bimtek tersebut merupakan kerjasama
Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Disdikbud Tanah Laut dengan MKKS
SMP Tanah Laut, dalam rangka penyusunan EDS, RKJM, RKT, dan RKAS tahun 2019.
Dalam kegiatan bimtek
tersebut dihadirkan selaku narasumber utama dari salah satu tim penyusun buku
panduan pengelolaan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, Bapak Nur Irwantoro, M.Pd.
Selama kegiatan bimtek ini, peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan
bendahara atau tim pengelola keuangan sekolah jenjang SMP se Kabupaten Tanah
Laut, secara meraton mengerjakan penyusunan EDS, RKJM, RKT, dan RKAS tahun
2019.
3) Mengikuti
Kegiatan Silaturrahmi dan Seminar Pendidikan di Gedung DR KH.Idham Khalid
Komplek Perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru pada 20 Februari 2019 yang diikuti oleh Agus Darmadi,M.Pd (Ketua),
Maslani,S.Pd (Sekretaris),A.Rifai, S.Pd (Bendahara),dan Bustanul Arifin, S.Pd,
MM (Humas).
4) Mengikuti
kegiatan Lokakarya Perencanaan dan
Penataan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada Kamis, 27 Juni 2019 di aula
Disdikbud Tanah Laut dengan narasumber
dari Dirjen GTK Kemendikbud dan
Ketua APSI Pusat dari Jakarta. Hadir selaku perwakilan dari MKKS SMP Tanah
Laut, Agus Darmadi, M.Pd (Ketua) dan Maslani,S.Pd (Sekretaris).
5) Mengundang
dan menghadirkan Bupati Tanah Laut, H.Sukamta, sekaligus memberikan arahan dan
informasi tentang pendidikan di Tanah Laut ke depan dalam rapat kerja MKKS SMP
Tanah Laut pada, Kamis, 14 Pebruari 2019
di UPTD SMPN 3 Pelaihari, yang juga didampingi Kadisdikbud Tanah Laut,
Abdillah,M.Pd.
6) Menyampaikan
atau menyebarkan resume /ringkasan
hasil rapat kerja melalui grup WA Sekret@it, dan berita
kegiatan MKKS SMP Tanah Laut pada akun facebook Mkks SMP Tala oleh Sekretaris
(Maslani,S.Pd) setiap selesai kegiatan pertemuan/ rapat kerja MKKS SMP
Tanah Laut yang rutin setiap bulannya dan . Selain itu, resume hasil rapat
kerja juga disampaikan dalam bagian dari surat undangan rapat kerja MKKS SMP
Tanah Laut, baik secara tertulis maupun menggunakan barkode.
7) Pengirim tim
kerja pra studi banding/studi tour ke Kotabaru, yang ditugas oleh
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut ,yaitu Maslani ( Sekretaris ), Supian,S.Pd dan Yuliansyah, M.Pd (Panitia). Kegiatan pra
studi banding/studi tour ke Kotabaru ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, tanggal
4-5 September 2019 dengan tugas menyiapkan segala sesuatunya agar kegiatan
studi banding/studi tour ke Kotabaru nantinya berjalan lancar. Tugas itu
mencakup penyiapan akomodasi (hotel /penginapan), konsumsi, dan komunikasi
langsung dengan Pengurus MKKS SMP Kotabaru.
D.
Evaluasi Kegiatan dan Harapan
Pengurus
MKKS SMP Tanah Laut selama 2 tahun ini menjalankan
tugas dan tanggung jawab organisasi
menyadari sepenuhnya, bahwa masih
banyak yang belum terlaksana dengan baik. Tanpa menyalahkan kondisi dan keadaan
semua parsonil pengurus, kami pengurus
mohon maaf jika banyak kelemahan dan kekurangan dalam masa kepengurusan kami.
Harapan
kami, kepada Ketua bersama Pengurus MKKS
SMP Tanah Laut yang akan terpilih nantinya dapat mengemban amanat dengan baik
organisasi sehingga MKKS SMP Tanah Laut dapat lebih baik lagi ke depannya.
E.
Aset
Organisasi
Pada kesempatan
ini, Pengurus MKKS SMP Tanah Laut melaporkan
tentang asset/barang milik organisasi yang diterima saat pergantian dengan
pengurus yang lama, melalui Ketua lama (Iriansyah) pada tahun 2015, yaitu sebuah LCD Proyektor
merek Acer yang kondisinya rusak (lampu mati) sehingga tidak dapat dipergunakan
sebagaimana mestinya. Secara rinci dapat disebutkan sebagai berikut :
Daftar Barang Inventaris MKKS SMP Tanah Laut
No
|
Nama Aset/Barang
|
Asal Barang
|
Keterangan
|
1
|
LCD Proyektor merek Acer sebanyak 1 buah
|
Pengurus sebelumnya
|
Kondisinya rusak
|
2
|
Mesin Printer merek Canon 2270 sebanyak 1 buah
|
Pembelian
|
Kondisi baik
|
3
|
Spanduk latar/dalam dan luar/ selamat datang 1 set/2 lembar
|
Pembelian
|
Kondisi baik
|
4
|
Buku-buku administrasi sebanyak 2 buah
|
Pembelian
|
Terpakai
|
|
|
|
|
F.
Lain-lain
Seiring
dengan perubahan nomenklatur sekolah per Januari 2019, kini nama sekolah berubah cukup siginifkan,
terutama di kecamatan pemekaran, yaitu Kecamatan Bajuin yang merupakan
pemekaran dari Kecamatan Pelaihari, dan Bumi Makmur yang merupakan pemekaran
Kecamatan Kurau.
G.
Penutup
Demikian laporan
tertulis ini kami sampaikan untuk dapat dipelajari dan dipahami dengan baik apa
yang kami sampaikan. Terima kasih
Pelaihari, Oktober 2019
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut Periode 2017-2019
Ketua Sekretaris Bendahara
Agus Darmadi, M.Pd Maslani,
S.Pd Akhmad Rifai,
S.Pd
lampiran
DAFTAR
TUAN RUMAH RAPAT KERJA MKKS
SMP TANAH LAUT
TAHUN ,2018, 2019 ,2020, 2021,dan 2022
NO.
URUT
|
UPTD
|
WAKTU/ BULAN
|
|
RENCANA
|
PELAKSANAAN
|
||
1
|
SMPN 1 PELAIHARI
|
DESEMBER 2018
|
22 DESEMBER 2018
|
2
|
SMPN 1 KURAU
|
JANUARI 2019
|
15 JANUARI 2019
|
3
|
SMPN 3 PELAIHARI
|
PEBRUARI 2019
|
14 FEBRUARI 2019
|
4
|
SMPN 5 PELAIHARI
|
MARET 2019
|
6
MARET 2019
|
5
|
SMPN 1 BATI-BATI
|
APRIL 2019
|
2 APRIL 2019
|
6
|
SMPN 2 BATU AMPAR
|
MEI 2019
|
25
JUNI 2019
|
7
|
SMPN 2 PANYIPATAN
|
JUNI 2019
|
18
JULI 2019
|
8
|
SMPN 4 BATI-BATI
|
JULI 2019
|
30
JULI 2019
|
9
|
SMPN 4 PELAIHARI
|
AGUSTUS 2019
|
29
AGUSTUS 2019
|
10
|
SMPN 1 JORONG
|
SEPTEMBER 2019
|
|
11
|
SMPN 5 BATI-BATI
|
OKTOBER 2019
|
|
12
|
SMPN 3
BATU AMPAR
|
NOPEMBER 2019
|
|
13
|
SMPN 3 TAKISUNG
|
DESEMBER 2019
|
|
14
|
SMPN 1 KINTAP
|
JANUARI 2020
|
|
15
|
SMPN 4 BAJUIN
|
PEBRUARI 2020
|
|
16
|
SMPN 2 BATI-BATI
|
MARET 2020
|
|
17
|
SMPN 3 JORONG
|
APRIL 2020
|
|
18
|
SMPN 1 BAJUIN
|
MEI 2020
|
|
19
|
SMPN 2 BAJUIN
|
JUNI 2020
|
|
20
|
SMPN 4 TAKISUNG
|
JULI 2020
|
|
21
|
SMPN 2 KURAU
|
AGUSTUS 2020
|
|
22
|
SMPN 1 BUMI MAKMUR
|
SEPTEMBER 2020
|
|
23
|
SMPN 2 PELAIHARI
|
OKTOBER 2020
|
|
24
|
SMPN 5 KINTAP
|
NOPEMBER 2020
|
|
25
|
SMPN 2 TAKISUNG
|
DESEMBER 2020
|
|
26
|
SMPN 4 KINTAP
|
JANUARI 2021
|
|
27
|
SMPN 8 PELAIHARI
|
PEBRUARI 2021
|
|
28
|
SMPN 1 TAMBANG ULANG
|
MARET 2021
|
|
29
|
SMPN 5 BATU AMPAR
|
APRIL 2021
|
|
30
|
SMPN 1 BATU AMPAR
|
MEI 2021
|
|
31
|
SMPN 2 TAMBANG ULANG
|
JUNI 2021
|
|
32
|
SMPN 6 JORONG
|
JULI 2021
|
|
33
|
SMPN 3 KINTAP
|
AGUSTUS 2021
|
|
34
|
SMPN 9 PELAIHARI
|
SEPTEMBER 2021
|
|
35
|
SMPN 6 BATI-BATI
|
OKTOBER 2021
|
|
36
|
SMPN 4 BATU AMPAR
|
NOPEMBER 2021
|
|
37
|
SMPN 2
JORONG
|
DESEMBER 2021
|
|
38
|
SMPN 1 TAKISUNG
|
JANUARI 2022
|
|
39
|
SMPN 2 KINTAP
|
PEBRUARI 2022
|
|
40
|
SMPN 1 PANYIPATAN
|
MARET 2022
|
|
41
|
SMP MUH.PELAIHARI
|
APRIL 2022
|
|
42
|
SMPN 3 BATI-BATI
|
MEI 2022
|
|
43
|
SMPN 5 JORONG
|
JUNI 2022
|
|
44
|
SMPN 2 KURAU
|
JULI 2022
|
|
45
|
SMPN 3 PANYIPATAN
|
AGUSTUS 2022
|
|
46
|
SMPN 5 TAKISUNG
|
SEPTEMBER 2022
|
|
47
|
SMPN 4 JORONG
|
OKTOBER 2022
|
|
48
|
SMPN 10 PELAIHARI
|
NOPEMBER 2022
|
|
49
|
SMPN 12 PELAIHARI
|
DESEMBER 2022
|
|
50
|
SMP WALADUN SHALEH PLH
|
JANUARI 2023
|
|
51
|
SMP IT ASSALAM PLH
|
PEBRUARI 2023
|
|
52
|
SMP NURUL HIJRAH JORONG
|
MARET 2023
|
|
53
|
SMP ANNAJAH PUTRA T.ULANG
|
APRIL2023
|
|
54
|
SMP TAHFIZ PELAIHARI
|
MEI 2023
|
|
55
|
SMP IT SIRAJUL HUDA PELAIHARI
|
JUNI 2023
|
|
RAPAT
KERJA MKKS SMP TANAH LAUT
PERIODE OKTOBER
2017-SEPTEMBER 2019
INDOOR
|
OUTDOOR
|
KEGIATAN RAPAT KERJA MKKS
SMP TANAH LAUT
PERIODE OKTOBER
2017-SEPTEMBER 2019
Post a Comment for "LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ) PENGURUS MKKS SMP TANAH LAUT PERIODE 2017-2019"