LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ) PENGURUS MKKS SMP TANAH LAUT PERIODE 2017-2019


A.                 Pendahuluan

Kepengurusan MKKS SMP Tanah Laut  periode 2017-2019 segera akan berakhir masa tugasnya. Berdasarkan AD/ART,  bahwa masa kerja Pengurus selama 2 (dua) tahun.  Kepengurusan MKKS SMP Tanah Laut dibentuk berdasarkan hasil musyawarah anggota MKKS SMP Tanah Laut pada tanggal      Nopember 2017 dan di-SK-kan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut  Nomor    189 Tahun 2017  dengan jumlah Pengurus sebanyak  9  orang. (SK  terlampir)
Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bahwa salah satu kewajiban Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sebelum berakhirnya masa tugas diharuskan menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) sebagai wujud tanggung jawab dan profesionalisme pengurus, baik secara lisan maupun tertulis sebelum Pengurus dinyatakan demiosioner. Dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus MKKS SMP Tanah Laut ini diharapkan diketahui apa saja dan bagaimana perkembangan organisasi selama masa kepengurusan tersebut.

Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sampaikan ini diharapakan dapat dipahami secara seksama oleh seluruh anggota sehingga diharapkan nantinya menjadi bahan masukan dan pelajaran bagi kepengurusan berikutnya untuk membawa organisasi  MKKS SMP Tanah Laut lebih baik lagi.
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut menyadari sepenuhnya bahwa selama melaksanakan tugas dalam masa kepengurusan 2 (dua) tahun ini, tentu masih banyak agenda, program, dan rencana  yang belum dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu, Pengurus MKKS SMP Tanah Laut menyampaikan permohonan maaf,  karena banyak  hal belum terlaksana dengan baik.  Kami menyadari bahwa keterbatasan waktu, tenaga, dan dana  yang ada pada diri kami Pengurus, merupakan faktor utama yang menghambat tidak terlaksana berbagai agenda,program, dan rencana organisasi selama ini.  Demikian pula halnya dengan kendala sarana, fasililitas, dan sebagainya.
Dalam Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Pengurus MKKS SMP Tanah Laut periode 2017-2019 ini akan kami sampaikan laporan organisasi terkait dengan antara lain : (1) kegiatan rutin bulanan, (2) kegiatan studi banding/perjalanan/rekreasi, (3) keuangan organisasi, dan (4) evaluasi kegiatan organisasi.
Secara rinci dan detail dapat Bapak/Ibu anggota MKKS SMP Tanah  Laut baca dan pelajari  dalam laporan tersebut.

B.                  Kepengurusan
Berdasarkan hasil musyawarah anggota MKKS SMP Tanah Laut yang dilaksanakan  pada  10 Oktober 2017 di SMPN 4 Pelaihari  terpilih pengurus baru dengan komposisi sebagai berikut :
a.      Pembina         : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
                             Kabupaten Tanah Laut
b.      Penasehat
1.      Drs. Iriansyah,M.M.Pd
2.      H.Ayub,S.Pd, MM
3.      H.Fathurrahman,S.Pd

c.       Pengurus
1.      Ketua                        : Agus Darmadi, M.Pd
2.      Wakil Ketua 1          : Drs. Fathurrahman Sidiq ,M.M.Pd
3.      Wakil ketua  2          : Mukramin
4.      Sekretaris                 :  Maslani, S.Pd
5.      Wakil Sekretaris       :  Muhtar, S.Pd
6.      Bendahara               :  Ahmad Rifai, S.Pd
7.      Wakil Bendahara     :  Gunawan, S.Pd
8.      Bagian Humas          : 1. Bustanul Arifin, S.Pd
   2. Mehrab, M.Pd
Kemudian,  Pengurus MKKS SMP Tanah Laut di -SK- kan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Laut  dengan Surat Keputusan Nomor  
Sesuai dengan AD/ART 2015, maka ditunjuk beberapa pengurus untuk menjalankan orgnisasi sehari-hari, yang dikenal dengan nama Pengurus Harian, terdiri dari Ketua , Sekretaris, dan Bendahara.

C.                  Laporan Kegiatan
1.      Pertemuan Rutin Bulanan
Sesuai dengan ketentuan dalam AD/ART bahwa pengurus melaksanakan kegiatan pertemuan rutin setiap bulan secara bergiliran dari satu sekolah ke sekolah. Dalam pelaksanaannya  diatur melalui mekanisme arisan sehingga setiap sekolah berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggara pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut.
Dalam praktiknya, sekolah selaku penyelenggara pertemuan rutin bulan sudah mengetahui kapan sekolahnya mendapat giliran, tetapi Pengurus tetap menyampaikan pemberitahuan dan konfirmasi kepada kepala sekolah, selaku pihak yang akan menyelenggarakan pertemuan rutin bulanan  minimal sebulan sebelumnya.
 Pengurus dan kepala sekolah yang sekolahnya akan menjadi tuan rumah penyelenggara pertemuan rutin bulanan selalu mengadakan komunikasi untuk memastikan waktu dan tempat penyelenggaraan tersebut, sehingga dapat dipastikan waktu dan tempatnya. Ketika sudah dapat dipastikan waktu  dan tempat penyelenggaraan, maka Pengurus menyampaikan undangan secara tertulis  (SMS dan WA) kepada seluruh anggota, dan juga menyampaikan undangan kepada pihak terkait, seperti pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  dan pejabat lain yang dianggap perlu dihadirkan dalam pertemuan rutin bulanan tersebut.
Berdasarkan hasil undian arisan sebagai tuan rumah penyelenggara rapat rutin bulanan, bahwa dalam 1 (satu) tahun ada 12 sekolah yang menjadi tuan rumah. Sementara itu, berdasarkan data keanggotaan MKKS SMP Tanah Laut tahun 2017 ada 50, kemudian tahun 2018 bertambah menjadi 53, dan tahun 2019 ini ada 55 SMP negeri dan swasta.  Secara umum, penyelenggaraan pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut terselenggaran sesuai waktu /bulannya, namun terkadang ada juga yang dilaksanakan tidak pada bulannya, seperti pada bulan yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan atau libur sekolah.
Dalam penyelenggaraan pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut  diselenggarakan dalam upaya pembinaan dan pemantapan tugas kepala sekolah dari berbagai narasumber, baik dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pengawas, dan narasumber lainnya, sehingga diharapkan kepala sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.
Selain itu, pertemuan tersebut dalam rangka menjalin silaturrahim antara kepala sekolah SMP negeri dan swasta se Kabupaten Tanah Laut. Dengan pertemuan rutin bulanan dari sekolah ke sekolah lainnya, diharapkan juga ada pembelajaran dan menimba pengalaman dari sekolah tuan rumah yang dapat diterapkan di sekolah masing-masing.
Pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut dalam prosedur utama  acaranya sebagai berikut :
1.      Pembukaan
2.      Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bersama
3.      Sambutan tuan rumah penyelenggara
4.      Sambuatan Ketua MKKS SMP Tanah Laut
5.      Informasi dan dialog dari berbagai narasumber
6.      Doa/penutup
Setiap sekolah tuan rumah penyelenggara pertemuan rutin bulanan MKKS SMP Tanah Laut juga menyiapkan dirinya dengan penampilan/persembahan kreativitas siswa/i masing-masing, baik seni musik, seni tari, dan pertunjukan lainnya, guna memberikan informasi kegiatan ekstrakurikuler dan menghibur tamu/undangan  yang hadir.
Kesimpulannya, dengan pertemuan rutin bulanan ini menjadi wadah bagi pengurus, anggota, dan narasumber, serta tuan rumah penyelenggara untuk saling berbagi dan silaturrahim dalam rangka menunjang dan  meningkatkan kompetensi dan profesionalisme kepala sekolah sehingga dapat  pengelolaan/manajemen sekolah dapat bertambah baik setiap tahunnya guna mewujudkan sekolah bermutu.
Kegiatan rapat kerja/pertemuan MKKS SMP Tanah Laut selain dilaksanakan secara formal di ruangan ,  juga pernah dilaksanakan secara informal di luar ruangan dalam bentuk outbond, seperti yang dilaksanakan pada 31 Agustus 2018, saat SMP Muhammadiyah Pelaihari selaku tuan rumah.


2.      Rapat Pengurus
Dalam beberapa hal / masalah organisasi yang perlu dan mendesak diselesaikan, maka Pengurus melaksanakan rapat terbatas. Rapat diikuti oleh pengurus harian dan pengurus lain yang dianggap perlu dan dapat hadir.  Kegiatan rapat pengurus dilaksanakan di SMPN 2 Pelaihari sebagai Sekretariat MKKS SMP Tanah Laut, atau di tempat lain sesuai kesepakatan bersama.
Kegiatan rapat pengurus harian juga dilakukan yang bersifat mendadak atau incidental untuk menyikapi sesuatu permasalahan organisasi, sehingga dalam pelaksanaannya bisa tidak terjadwal, sesuai keperluan dan kondisi yang ada.

3.      Melakukan Curah Pendapat dengan DPRD Tanah Laut
Menghadapi dan menyikapi permasalahan keuangan sekolah yang bersumber dari BOSDA pada tahun anggaran 2018, dimana sampai dengan bulan Agustus 2018, bantuan operasional sekolah yang bersumber dari  daerah atau dikenal  dengan  BOSDA belum cair, sehingga hal tersebut membuat kondisi kurang kondusif di sekolah, terutama  masalah honor tenaga honorer yang dibiayai dari dana BOS.
Pada tanggal   Agustus 2018, pengurus  bersama dewan penasehat melakukan  kegiatan curah pendapat dengan anggota DPRD Tanah Laut dari Komisi II yang salah satu tugasnya membidangi pendidikan.  Kegiatan curah pendapat berikutnya dilaksanakan pada   September 2018  untuk membahas tentang perubahan nomenklatur sekolah terkait dengan rancangan Peraturan Bupati (Raperbub) tentang nomenklatur sekolah.

4.      Audiensi dengan Bupati Tanah Laut
Pengurus selain curah pendapat dengan DPRD Tanah Laut, juga pernah melaksanakan audiensi dengan Bupati Tanah Laut, H.Sukamta, di ruang kerja beliau, Kantor Bupati Tanah Laut dalam rangka silaturrahim dan menyampaikan persepsi dan meluruskan isyu yang berkembang tentang MKKS SMPTanah Laut.



5.      Kegiatan  Rekreasi Bersama  
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut  dengan persetujuan dan partisipasi anggota telah menyelenggarakan kegiatan wisata atau rekreasi bersama anggota ke tempat atau objek wisata sebagai berikut :
3.1. Rekreasi  ke Loksado HSS
Kegiatan rekreasi bersama keluarga besar MKKS SMP Tanah Laut ke Loksado , HSS, dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 13-14 Oktober 2018 yang diikuti sebanyak 43 orang.
Kegiatan rekreasi ke Loksado tersebut pada awalnya dirancang dalam rangka pelepasan purna tugas H. Miswadi, S.Pd, mantan Kepala SMPN 5 Batu Ampar. Namun, karena kondisi kesehatan /fisik  beliau yang tidak memungkinkan, maka beliau tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut sebagaimana rencana awalnya.
Kegiatan rekreasi ke Loksado  menggunakan dua buah bus besar. Selama dua hari  di Loksado  dimanfaatkan rekreasi seperti ke air terjun Haratai dan menelusuri Sungai Amandit dengan rakit bambu oleh beberapa peserta  rekreasi.  Selama di Loksado peserta bermalam/menginap  di panginapan  Graha Wisata Amandit Desa Muara Hatip Loksado, HSS.

3.2. Rekreasi ke Kotabaru
Kegiatan rekreasi atau studi tour ke Kotabaru ini dalam rangka pelepasan purna tugas kepala sekolah, yaitu Bapak Syakhrani, S.Pd, mantan Kepala UPTD SMPN 1 Bati-Bati, dan  Ibu  Supini,S.Pd ,selaku mantan Kepala UPTD  SMPN 6 Pelaihari.
Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20-22 September 2019, yang diikuti oleh 54 peserta, terdiri dari kepala sekolah, guru, dan sebagian keluarga. Selain rekreasi ke Siring Laut Kotabaru, Pantai Gadambaan Sarang Tiung,dan Hutan Meranti, juga dilaksanakan silaturrahim di SMPN 1 Kotabaru, dan pertandingan bulutangkis persahabatan antara kedua belah pihak.


6.      Kegiatan Pengadaan  Naskah  Soal Ulangan Umum
Dalam kegiatan pengadaan naskah soal Ulangan Umum ini, Pengurus MKKS SMP Tanah Laut, khususnya Pengurus Harian,   melaksanakan tugas mengumpulkan, menggandakan, dan mendistrusikan naskah ulangan umum, baik semester  ganjil maupun genap. Sebelum naskah ulangan umum dicetak/digandakan dan didistribusikan ke sekolah-sekolah, terlebih dulu Pengurus mengumpulkan naskah ulangan umum melalui pengurus MGMP mata pelajaran PAI, PPKn/PKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan IPS.
Pencetakaan/penggadaan naskah ulangan umum dilakukan oleh pihak ketiga, sedangkan naskahnya merupakan hasil kerjasama dengan Pengurus MGMP dari 7 (tujuh) mata pelajaran. Setiap naskah soal  yang dibuat oleh pihak MGMP tersebut diberikan ‘honor’ sebagai ganti jasa pembuatan naskah soal. Sebelum naskah soal tersebut dicetak/digandakan, terlebih dulu di edit oleh Tim Editor Pengurus MKKS SMP Tanah Laut, kemudian naskah soal yang telah diedit tersebut dikirim ke pihak ketiga untuk dicetak/digandakan sesuai jumlah siswa seluruh SMP negeri dan swasta se- Kabupaten Tanah Laut.
Kegiatan selanjutnya, setelah naskah soal selesai dan telah siap dikirim ke sekolah masing-masing, kemudian naskah soal tersebut dikirim melalui ‘pos distribusi’ di beberapa titik tertentu yang sudah diatur dan disampaikan kepada seluruh kepala sekolah. Tujuan pendistribusian naskah soal secara ‘pos distribusi’ tersebut agar pihak sekolah lebih relatif dekat mengambilnya, tidak  jauh  ke Pelaihari bagi yang sekolahnya relatif jauh dari Pelaihari.
Perubahan pola  pendistribusian naskah soal tersebut diatur dengan memperhatikan keterdekatan dan kemudahan mengambil/mengakses dari sekolah terdekat yang ada di wilayah tersebut.  Naskah soal dititipkan pada sekolah yang menjadi ‘pos distribusi ‘ dengan persetujuan dan bantuan pihak sekolah tersebut mengatur dan menyerahkan naskah soal tersebut.




Pembagian’pos distribusi’ naskah soal sebagai berikut :
No
Pos Distribusi
Wilayah /Sekolah Cakupan
Ket.
1
UPTD SMPN 1  Bati-Bati
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Bati-Bati, Kurau,Bumi Makmur, dan Tambang Ulang

2
UPTD SMPN 3  Pelaihari
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Pelaihari, Takisung, dan Bajuin

3
UPTD SMPN 1  Panyipatan
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Panyipatan

4
UPTD SMPN 1 Batu Ampar
Bagi UPTD SMP se Kecamatan Batu Ampar, Jorong, dan Kintap

            Catatan
            Pembagian naskah soal ulum tersebut disesuaikan dengan kondisi yang mendekati pada sekolah, dan tidak menutup kemungkinan ada pihak sekolah yang meminta naskah soalnya dititipkan di pos distribusi yang ada di luar cakupannya.

7.      Kegiatan Administrasi ,Kearsifan, dan Sarana Informasi dan  Komunikasi  Organisasi
Kegiatan administrasi dan kearsifan dilaksanakan oleh Sekretaris sebagaimana mestinya. Dalam kegiatan ini antara lain terkait dengan surat-menyurat ,seperti undangan, surat keputusan, dan sebagainya. Pengelolaan administrasi dan kearsifan terkendala masalah tidak adanya ruang/tempat, seperti kantor sekretariat, lemari, dan sebagainya.  Sementara ini pengurus menempatkan papan nama Sekretariat MKKS SMP Tanah Laut di SMPN 2 Pelaihari, Jl. H.A.Syairani Komplek Perkantoran Gagas Pelaihari.
Selanjutnya, dalam kegiatan organisasi,  Pengurus MKKS SMP Tanah Laut sejak awal kepengurusan menyelesaikan  penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) dan Ketentuan Kesejahteraan Anggota. Dengan tersusunnya AD/ART dan Ketentuan Kesejahteraan Anggota tersebut secara administratif organisasi sudah memiliki pedoman dalam berorganisasi yang menjadi acuan bersama.
Selama ini kegiatan administasi dan kearsifan dikelola oleh Sekretaris (Maslani) secara sederhana.  Beberapa perlengkapan adminsitrasi yang dimiliki antara lain buku absen pertemuan/rapat,  buku natolen rapat, dan sebagainya.  
Dalam rangka  menjalin silaturrahmi dan komunikasi serta publikasi, Sekretariat membuka akun facebook dengan nama Mkks SMP Tala dan grup WhatApps yangdikelola/adminnya Sekretaris MKKS SMP Tanah Laut,Maslani,S.Pd dengan nama grup  WA Sekreti@t. Akun WA Sekretari@t merupakan sarana komunikasi yang hanya beranggotaan kepala SMP yang masih aktif sebagai kepala sekolah, atau dengan kata lain keanggotaannya bersifat tertutup. Keanggotaan WA Sekretari@t  hampir semua anggota atau kepala SMP se Kabupaten Tanah Laut.  
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut  sejak tahun 2015 sudah menyediakan spanduk untuk dipasang pada setiap kegiatan pertemuan dari sekolah ke sekolah,  di pasang sebagai latar di dalam ruangan,  dan spanduk ucapan selamat datang yang dipasang di depan pintu gerbang sekolah.

8.      Kegiatan  Pelepasan Purnatugas Kepala Sekolah
Dalam kepengurusan MKKS SMP Tanah Laut periode 2017-2019 ini ada pelaksanaan kegiatan pelepasan kepala sekolah yang purnatugas /memasuki masa pensiun. Kegiatan pelepasan dilaksanakan dalam kegiatan pertemuan bulan/rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut sesuai dengan ketentuan dalam AD/ART MKKS SMP Tanah Laut.
Adapun kegiatan pelepasan purnatugas kepala sekolah yang dilaksanakan pengurus MKKS SMP Tanah Laut periode 2017-2019 adalah sebagai berikut :
1)      Pelepasan purnatugas H. Miswadi, S.Pd , mantan Kepala SMPN 5 Batu Ampar yang dilaksanapan pada 20 Desember 2018  di SMPN 1 Pelaihari.
2)      Pelepasan purnatugas Syakhrani,S.Pd, mantan Kepala UPTD SMPN 1 Bati-Bati , dan Ibu Supini, S.Pd ,mantan Kepala UPTD SMPN 6 Pelaihari pada 25  September 2019  di UPTD SMPN 2 Pelaihari.

9.      Kegiatan Sosial dan Kesejahteraan Anggota
Kegiatan yang dilaksanakan Pengurus MKKS SMP Tanah Laut yang dikelola oleh Wakil Bendahara (Gunawan, S.Pd)  terkait kegiatan sosial dan kesejahteraan anggota yang meliputi pengumpulan dana untuk membantu anggota yang sakit/opname , perkawinan anak, dan bantuan lainnya sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam AD/ART dan Kesejahteraan Anggota.
Berdasarkan laporan dan catatan Wakil Bendahara yang menangani kesejahteraan anaggota telah tersalur dana kesejahteraan kepada beberapa anggota yang berhak menerima dana kesejahteraan tersebut. Data penerima terlampir.

10.  Keuangan Organisasi
Pengelolaan keuangan organisasi  yang bersifat rutin dilaksanakan oleh Bendahara (A.Rifai,S.Pd), sedangkan keuangan yang bersifat spontan/non rutin dilaksanakan oleh Wakil Bendahara (Gunawan, S.Pd) sebagainya dijelaskan pada bagian  diatas , yaitu Kesejahteraan Sosial.
Secara umum, pemasukan keuangan organisasi diterima dari iuran anggota setiap bulan yang dipungut sebesar Rp 100.000,- per orang anggota dengan pembagian /rincian sebagai berikut :
                        a. Konsumsi   Rp.35.000,-
                        b. Iuran anggota Rp.15.000,-
                        c. Tabungan anggota Rp. 50.000,-
  Selanjutnya, untuk pembagian keuangan tersebut  diatur oleh Bendahara, biaya konsumsi diserahkan kepada tuan rumah pertemuan MKKS SMP Tanah Laut sebanyak jumlah anggota, iuran anggota disimpan dalam kas organisasi, sedangkan tabungan anggota dijadikan tabungan untuk masing-masing anggota.
  Mengenai laporan keadaan buku kas organisasi akan dilaporkan secara khusus pada laporan tersendiri tentang keuangan organisasi.

11.  Kegiatan Lain-lain
Meski kegiatan lain-lain ini tidak terkait langsung dengan agenda /program MKKS SMP Tanah Laut, namun dalam pelaksanaannya ada hubungan langsung dengan organisasi, yaitu :
1)      Musyawarah  untuk membahasa dan memutuskan rencana kegiatan workshop penyusunan RKAS tahun 2019 pada tanggal 13 Okrober 2019 di penginapan Loksado. Hadir dalam kegiatan musyawarah yang dilaksanakan di auala penginapan tersebut, Imelda, M.Pd, selaku Kasi PDPK (Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter) dan Ahmad Sairaji, M.Pd ,selaku Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut, dan 37 kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut.
2)      Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) EDS (Evaluasi Diri Sekolah) yang dilaksanakan pada Kamis-Jumat, 1-2 Nopember 2018 di ballroom Hotel Royal Jelita Banjarmasin. Kegiatan bimtek tersebut merupakan kerjasama Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Disdikbud Tanah Laut dengan MKKS SMP Tanah Laut, dalam rangka penyusunan EDS, RKJM, RKT, dan RKAS tahun 2019.
Dalam kegiatan bimtek tersebut dihadirkan selaku narasumber utama dari salah satu tim penyusun buku panduan pengelolaan BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nur Irwantoro, M.Pd.  Selama kegiatan bimtek ini, peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan bendahara atau tim pengelola keuangan sekolah jenjang SMP se Kabupaten Tanah Laut, secara meraton mengerjakan penyusunan EDS, RKJM, RKT, dan RKAS tahun 2019.
3)      Mengikuti Kegiatan Silaturrahmi dan Seminar Pendidikan di Gedung DR KH.Idham Khalid Komplek Perkantoran Setda Provinsi Kalimantan Selatan di  Banjarbaru pada 20 Februari 2019  yang diikuti oleh Agus Darmadi,M.Pd (Ketua), Maslani,S.Pd (Sekretaris),A.Rifai, S.Pd (Bendahara),dan Bustanul Arifin, S.Pd, MM (Humas).
4)      Mengikuti kegiatan  Lokakarya Perencanaan dan Penataan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada Kamis, 27 Juni 2019 di aula Disdikbud Tanah Laut dengan narasumber  dari Dirjen  GTK Kemendikbud dan Ketua APSI Pusat  dari Jakarta.  Hadir selaku perwakilan dari MKKS SMP Tanah Laut, Agus Darmadi, M.Pd (Ketua) dan Maslani,S.Pd (Sekretaris).
5)      Mengundang dan menghadirkan Bupati Tanah Laut, H.Sukamta, sekaligus memberikan arahan dan informasi tentang pendidikan di Tanah Laut ke depan dalam rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut pada, Kamis, 14 Pebruari 2019  di UPTD SMPN 3 Pelaihari, yang juga didampingi Kadisdikbud Tanah Laut, Abdillah,M.Pd.
6)      Menyampaikan atau menyebarkan resume /ringkasan hasil rapat kerja melalui grup WA Sekret@it, dan berita kegiatan MKKS SMP Tanah Laut pada akun facebook Mkks SMP Tala oleh  Sekretaris  (Maslani,S.Pd) setiap selesai kegiatan pertemuan/ rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut yang rutin setiap bulannya dan . Selain itu, resume hasil rapat kerja juga disampaikan dalam bagian dari surat undangan rapat kerja MKKS SMP Tanah Laut, baik secara tertulis maupun menggunakan barkode.
7)      Pengirim tim kerja pra studi banding/studi tour ke Kotabaru, yang ditugas oleh Pengurus MKKS SMP Tanah Laut ,yaitu Maslani ( Sekretaris ), Supian,S.Pd  dan Yuliansyah, M.Pd (Panitia). Kegiatan pra studi banding/studi tour ke Kotabaru ini dilaksanakan pada Rabu-Kamis, tanggal 4-5 September 2019 dengan tugas menyiapkan segala sesuatunya agar kegiatan studi banding/studi tour ke Kotabaru nantinya berjalan lancar. Tugas itu mencakup penyiapan akomodasi (hotel /penginapan), konsumsi, dan komunikasi langsung dengan Pengurus MKKS SMP Kotabaru.

D.                 Evaluasi Kegiatan  dan Harapan
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut  selama 2 tahun ini menjalankan tugas dan tanggung jawab organisasi  menyadari sepenuhnya, bahwa  masih banyak yang belum terlaksana dengan baik. Tanpa menyalahkan kondisi dan keadaan semua parsonil pengurus,  kami pengurus mohon maaf jika banyak kelemahan dan kekurangan dalam masa kepengurusan kami.
Harapan kami, kepada Ketua bersama  Pengurus MKKS SMP Tanah Laut yang akan terpilih nantinya dapat mengemban amanat dengan baik organisasi sehingga MKKS SMP Tanah Laut dapat lebih baik lagi ke depannya.

E.                  Aset Organisasi
Pada kesempatan ini,  Pengurus MKKS SMP Tanah Laut melaporkan tentang asset/barang milik organisasi yang diterima saat pergantian dengan pengurus yang lama, melalui Ketua lama (Iriansyah)  pada tahun 2015, yaitu sebuah LCD Proyektor merek Acer yang kondisinya rusak (lampu mati) sehingga tidak dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Secara rinci dapat disebutkan sebagai berikut :
Daftar Barang Inventaris MKKS SMP Tanah Laut
No
Nama Aset/Barang
Asal  Barang
Keterangan
1
LCD Proyektor merek Acer sebanyak 1 buah
Pengurus sebelumnya
Kondisinya rusak
2
Mesin Printer merek Canon 2270 sebanyak 1 buah
Pembelian
Kondisi baik
3
Spanduk latar/dalam dan luar/ selamat datang  1 set/2 lembar
Pembelian
Kondisi baik
4
Buku-buku administrasi sebanyak 2 buah
Pembelian
Terpakai





F.                   Lain-lain
Seiring dengan perubahan nomenklatur sekolah per Januari 2019,  kini nama sekolah berubah cukup siginifkan, terutama di kecamatan pemekaran, yaitu Kecamatan Bajuin yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Pelaihari, dan Bumi Makmur yang merupakan pemekaran Kecamatan Kurau.

G.                 Penutup
Demikian laporan tertulis ini kami sampaikan untuk dapat dipelajari dan dipahami dengan baik apa yang kami sampaikan.  Terima kasih

                                                            Pelaihari,      Oktober 2019
Pengurus MKKS SMP Tanah Laut Periode 2017-2019

                        Ketua                                       Sekretaris                                Bendahara



                        Agus Darmadi, M.Pd             Maslani, S.Pd                         Akhmad Rifai, S.Pd






















 































lampiran
DAFTAR
TUAN RUMAH RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT
TAHUN ,2018, 2019 ,2020, 2021,dan 2022
NO.
URUT

UPTD
WAKTU/ BULAN
RENCANA
PELAKSANAAN
1
SMPN 1 PELAIHARI
DESEMBER 2018
22 DESEMBER 2018
2
SMPN 1 KURAU
JANUARI 2019
15 JANUARI 2019
3
SMPN  3 PELAIHARI
PEBRUARI 2019
14 FEBRUARI  2019
4
SMPN  5 PELAIHARI
MARET 2019
6  MARET 2019
5
SMPN  1 BATI-BATI
APRIL 2019
2 APRIL 2019
6
SMPN  2 BATU AMPAR
MEI 2019
25  JUNI  2019
7
SMPN  2 PANYIPATAN
JUNI 2019
18  JULI 2019
8
SMPN  4 BATI-BATI
JULI 2019
30   JULI 2019
9
SMPN  4  PELAIHARI
AGUSTUS 2019
29  AGUSTUS 2019
10
SMPN  1 JORONG
SEPTEMBER 2019

11
SMPN  5 BATI-BATI
OKTOBER 2019

12
SMPN  3  BATU AMPAR
NOPEMBER 2019

13
SMPN  3 TAKISUNG
DESEMBER 2019

14
SMPN  1 KINTAP
JANUARI 2020

15
SMPN 4  BAJUIN
PEBRUARI 2020

16
SMPN  2 BATI-BATI
MARET 2020

17
SMPN  3 JORONG
APRIL 2020

18
SMPN  1 BAJUIN
MEI 2020

19
SMPN  2 BAJUIN
JUNI 2020

20
SMPN  4 TAKISUNG
JULI 2020

21
SMPN  2 KURAU
AGUSTUS 2020

22
SMPN  1 BUMI MAKMUR
SEPTEMBER 2020

23
SMPN  2 PELAIHARI
OKTOBER 2020

24
SMPN  5 KINTAP
NOPEMBER 2020

25
SMPN  2 TAKISUNG
DESEMBER 2020

26
SMPN  4 KINTAP
JANUARI 2021

27
SMPN  8 PELAIHARI
PEBRUARI 2021

28
SMPN  1 TAMBANG ULANG
MARET 2021

29
SMPN  5 BATU AMPAR
APRIL 2021

30
SMPN  1 BATU AMPAR
MEI 2021

31
SMPN  2 TAMBANG ULANG
JUNI 2021

32
SMPN  6 JORONG
JULI 2021

33
SMPN  3 KINTAP
AGUSTUS 2021

34
SMPN  9 PELAIHARI
SEPTEMBER 2021

35
SMPN  6 BATI-BATI
OKTOBER 2021

36
SMPN  4 BATU AMPAR
NOPEMBER 2021

37
SMPN  2  JORONG
DESEMBER 2021

38
SMPN  1 TAKISUNG
JANUARI 2022

39
SMPN  2 KINTAP
PEBRUARI 2022

40
SMPN  1 PANYIPATAN
MARET 2022

41
SMP  MUH.PELAIHARI
APRIL 2022

42
SMPN  3 BATI-BATI
MEI 2022

43
SMPN  5 JORONG
JUNI 2022

44
SMPN  2 KURAU
JULI 2022

45
SMPN  3 PANYIPATAN
AGUSTUS 2022

46
SMPN  5 TAKISUNG
SEPTEMBER 2022

47
SMPN  4 JORONG
OKTOBER 2022

48
SMPN  10 PELAIHARI
NOPEMBER 2022

49
SMPN  12 PELAIHARI
DESEMBER 2022

50
SMP WALADUN SHALEH PLH
JANUARI 2023

51
SMP IT ASSALAM PLH
PEBRUARI 2023

52
SMP  NURUL HIJRAH JORONG
MARET 2023

53
SMP ANNAJAH PUTRA T.ULANG
APRIL2023

54
SMP TAHFIZ PELAIHARI
MEI 2023

55
SMP IT SIRAJUL HUDA  PELAIHARI
JUNI 2023
















































 RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT
PERIODE OKTOBER 2017-SEPTEMBER 2019

INDOOR
OUTDOOR
 
























KEGIATAN RAPAT KERJA MKKS SMP TANAH LAUT
PERIODE OKTOBER 2017-SEPTEMBER 2019


Post a Comment for "LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN (LPJ) PENGURUS MKKS SMP TANAH LAUT PERIODE 2017-2019"