Pada hari kedua sesi penyajian materi
oleh pakar atau narasumber pendidikan, Rabu, 4 Desember 2019 mulai dilaksanakan
pada sekitar pukul 14.15 WIB pada kegiatan Sinkroninasi Program Sekolah
Dasar Akhir Tahun 2019 di salah satu
hotel daerah Ciledug, Jakarta Selatan. Pada penyajian materi sesi siang ini
diisi oleh Prof. Sigit Rochadi dengan judul materi “ Perencanaan Pendidikan,
Perspektif Kebijakan Publik”.
Diawali dengan papapan
tentang datan dan pentingnya dalam
pengambilan keputusan dan kebanyakan orang dalam mengambil keputusan
berdasarkan instusi dari pada proyeksi. Lalu, narasumber menyampaikan tentang 6
(enam) topik yang berkaitan dengan perencanaan seperti, konsep perencanaan,
pentingnya sinkronisasi; arah pembangunan manusia dan pendidikan, dan
sebagainya. Narasumber melanjutkan paparannya tentang pentingnya data dalam
sebuah perencanaan, karena perencanaan tanpa data akan menjerumuskan kita
dimasa depan, dan digitalisasi telah
mengintervensi kita sebagai bagian dari dunia melalui hanphone, televisi, dan
sebagainya.
Narasumber menjelaskan bahwa
kunci perencanaan adalah sumberdaya manusia dan pengelolaan, proses perencanaan
yang antara lain ada pendekatan politik, pendekatan tehnokritik, partisipatif, proses
top-down dan buttom-up, masalah kegagalan merencanakan berarti merencanakan
sebuah kegagalan, dan cara terbaik merencanakan masa depan adalah dengan
merencanakannya. Naraseumber juga
menyampaikan bahwa ada ketidaksinkronan antara pusat dengan daerah dalam perencanaan
pendidikan, lemahnya dalam pengelolaan data, dan ada 64 % sekolah dasar yang
masih belum mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP).
Paparan narasumber masih
berlanjut tentang masih banyak daerah yang belum dapat memenuhi pemenuhan 20 % dana APBD kabupaten/kota/provinsi
untuk dialokasikan bagi pendidikan sebagaimana ketentuan perundang-undangan,
dan hanya ada 6 (enam) daerah saja yang mampu melebihi alokasi 20% dana APBD
nya untuk pendidikan. Narasumber juga membahas tentang perkembangan dan perubahan
era industri dari awal hingga era industri 4.0 yang banyak dibicarakan kalangan
selama ini.
Seusai menyampaikan materi yang
didukung dengan tayangan powerpoin, kemudian dibuka sesi tanya jawab oleh
moderator. Ada 2 (dua) peserta yang diberikan kesempatan oleh moderator untuk
menyampaikan pertanyaannya, yaitu dari Aceh Tenggara, Nangroe Aceh Darussalam,
dan peserta dari Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Narasumber memberikan
jawaban dari peserta yang berkaitan dengan masalah perencanaan di daerah dan perkembangan
politik lokal yang sangat besar pengaruhnya dalam birokrasi pendidikan di
daerah. Ada banyak persoalan yang terjadi di daerah seiring dengan pelaksanaan
otonomi daerah dan politik lokal.
Kegiatan penyajian materi dari
Prof. Sigi Rochadi tentang perencanaan ditutup dengan penyampaian catatan dari
moderator terhadap pemaparan narasumber dan tanya jawab. Sekitar pukul 16.00
WIB moderator menutup kegiatan, dan selanjutnya peserta diberikan waktu sekitar
15 menit untuk istirahat sambil menikmati kudapan yang sudah disiapkan oleh
pihak penyelenggara.
----
Post a Comment for "CATATAN MENGIKUTI SINKRONISASI PROGRAM SD AKHIR TAHUN 2019. Bagian 7. Mengikuti Kegiatan Hari Kedua Sesi Materi Narasumber-2"