CATATAN , REFLEKSI, dan EVALUASI TAHUN 2019 KEGIATAN SEKSI KURIKULUM DAN PENILAIAN BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN DASAR, DISDIKBUD TANAH LAUT.. Bagian 1. Kegiatan Bimtek Pembelajaran Matematika


Melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut menjadi tugas pertama sejak masuk kerja di Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Disdikbud Tanah Laut pada 1 Oktober 2019.  Seharusnya, kegiatan bimtek tersebut sudah dapat dilaksanakan beberapa waktu sebelumnya, namun karena tidak ada pejabat kepala seksi yang difinitif membuat kegiatan bimtek tersebut dan kegiatan lainnya tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya.
Maklum saja, hampir selama 3 bulan pejabat kepala seksi yang difinitif kosong, hanya dijabat oleh pelaksana tugas (plt) , sehingga banyak kegiatan Seksi Kurikulum dan Penilaian tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya, seperti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut tersebut. Belum lagi kegiatan lain yang harus diputuskan atau di ‘ekskusi’ oleh pejabat kepala seksi yang difinitif, maka cukup banyak kegiatan pada Seksi Kurikulum dan Penilaian yang ‘terbangkalai’ dan harus segera diselesaikan mengingat tahun anggaran sudah mendekati akhir.

Setelah mengkaji kegiatan dan mendapatkan informasi dari staf Seksi Kurikulum dan Penilaian, maka segera dirancang kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut bersama staf, seperti penetapan waktu, tempat, narasumber, dan sebagainya. Ternyata, banyak pihak yang perlu dihubungi, konsultasi, dan konfirmasi sebelum pelaksanaan kegiatan dimulai, seperti konsusltasi ke bagian keuangan, komunikasi dengan narasumber, dan sebagainya.
Proses awal atau pra kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut sudah dianggap selesai, termasuk administrasi keuangan dan sebagainya, maka diputuskan waktu, tempat, dan narasumbernya, sedangkan peserta sudah ada sesuai dengan Dokumen Pelaksana Perubahan Anggaran (DPPA) tahun anggaran 2019.
Dengan melihat dan memperhatikan Kartu Kendalai Kegiatan dan Laporan Realisasi Kegiatan Triwulan III Bidang Kurikulum dan Penilaian Pendidikan Dasar Tahun Anggaran 2019,  maka diputuskan bahwa kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut dilaksanakan pada Selasa-Rabu, tanggal 8-9 Oktober 2019 bertempat di aula SKB Pelaihari.

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) tersebut bermaksud meningkatkan kompetensi/kemampuan guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs . Adapun dari maksud tersebut dijabarkan dalam tujuan sebagai berikut : (1) Mengembangkan kemampuan guru dalam menentukan materi /pokok bahasan yang esensial bagi siswa kelas IX dalam rangka menghadapi Ujian Nasional (UN); (2) Menentukan materi/pokok bahasan yang esensial dari mata pelajaran kelas VII, VIII, dan IX jenjang SMP/MTs yang dapat membantu siswa kelas IX menghadapi Ujian Nasional (UN); dan (3) Menghasilkan ringkasan materi/pokok bahasan mata pelajaran Matematika yang dapat menjadi acuan pembelajaran di sekolah, SMP dan MTs, sehingga dapat memudahkan siswa dalam belajar dan guru dalam mengajar.
Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut ini dilaksanakan pada tanggal 8-9 Oktober 2019 di aula SKB Pelaihari. Peserta kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut tersebut yang diundang  sebanyak 80 orang. Sedangkan narasumber kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut ini Ibu Herlena, S.Pd , Guru Mata Pelajaran Matematika SMAN 1 Pelaihari
Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut ini diikuti oleh sebanyak 80 orang ini dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Sugeng, M.Pd. Sebelumnya, Maslani, S.Pd , selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian menyampaikan laporan tentang kegiatan bimtek tersebut.

Seusai upacara pembukaan dilanjutkan dengan penyajian materi oleh narasumber Ibu Herlena, S.Pd.I yang memberikan arahan umum dan teknis terkait dengan pembelajaran Matematika SMP/MTs. Selanjutnya kegiatan diisi dengan diskusi kelompok beradasarkan kelas, yaitu kelas VII, VIII, dan IX. Dalam kelompok tersebut dimusyawarahkan dan disepakati materi/pokok bahasan yang esensial untuk dijadikan rangkuman/ ringkasan materi pelajaran Matematika yang akan disampaikan kepada siswa kelas IX dalam menghadapi UN (Ujian Nasional).
Pada sesi terakhir kegiatan diskusi masing-masing kelompok dilakukan penyampaian hasil musyawarah dan kesepakatan kelompok untuk mendapatkan tanggapan dari semua peserta/paripurna. Dari hasil kesepakatan seluruh peserta tersebut, maka hasil kerja diskusi kelompok tersebut merupakan keputusan dan menjadi bahan /acuan materi/pokok bahasan  bersama pembelajaran mata pelajaran Matematika dalam rangka menghadapi UN.
Sesuai dengan tujuan kegiatan sebagaimana di atas, maka pada akhir kegiatan bimbingan teknis (bimtek) bagi guru mata pelajaran Matematika SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut ini menghasilkan rangkuman/ringkasan materi pelajaran esensial dalam bentuk fail dokumen (softcopy) untuk dicetak atau digandakan oleh masing-masing guru/sekolah.
Persiapan pelaksanaan yang relatif singkat karena terbatasnya waktu yang ada menyebabkan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut masih belum sesuai dengan harapan, seperti masalah tempat kegiatan yang berada di aula SKB Pelaihari, bukan di aula Disdikbud Tanah Laut.
Pemakaian tempat di aula SKB Pelaihari menjadi pilihan/alternatif yang mau tidak mau diambil, karena aula Disdikbud Tanah Laut yang cukup refresentatif sudah dipesan pihak lain terlebih dulu. Pada aula SKB Pelaihari ini ruangannya kurang mendukung untuk kegiatan bimtek yang waktunya sampai sore, karena akan berbenturan dengan jadwal kegiatan permainan bulutangkis di tempat tersebut pada sore itu, sekitar pukul 16.00 WITA.
Kemudian, dari sisi narasumber kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembelajaran Matematika bagi Guru SMP/ MTs se Kabupaten Tanah Laut. Pemanfaatan narasumber lokal dari ASN yang bekerja dan mendapat gaji/pendapatan yang bersumber dari APBD Tanah Laut sudah tidak diperbolehkan lagi. Dapat digunakan, namun tidak boleh dibayar honornya sebagai narasumber.
Kondisi tersebut menyebabkan perlu waktu mencari narasumber yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam hal pemberian honornya. Sementara itu, anggaran yang ada tidak memberikan peluang bagi narasumber dari luar daerah, karena tidak ada anggaran akomodasi dan trnasportnya.  Narasumber hanya mendapatkan honor semata sesuai dengan DPA-nya, sehingga perlu mencari narasumber yang terdekat dan bukan dari ASN/honorer yang sumber gajinya dari APBD Tanah Laut.
Berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi tersebut di atas, maka dapat diambil beberapa pelajaran untuk perbaikan kegiatan dimasa mendatang seperti masalah waktu perencanaan yang berdampak pada banyak hal dalam kegiatan.


Post a Comment for "CATATAN , REFLEKSI, dan EVALUASI TAHUN 2019 KEGIATAN SEKSI KURIKULUM DAN PENILAIAN BIDANG PEMBINAAN PENDIDIKAN DASAR, DISDIKBUD TANAH LAUT.. Bagian 1. Kegiatan Bimtek Pembelajaran Matematika"