CATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 4. Mata Pelajaran Bahasa Inggris Hari Pertama


Kegiatan bimbingan teknis atau bimtek bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan) dan kisi-kisi UN (Ujian Nasional ) yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas Disdikbud Tanah Laut kembali dilaksanakan bagi guru mata pelajaran Bahasa Inggris   SMP dan MTs se Kabupaten Tanah Laut. Kegiatan bedah SKL tersebut berlangsung dari tanggal 6 dan 7 Pebruari 2020 di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut yang dibimbing oleh dari SMPN 1 Kalasan,Sleman, DI Yogyakarta.
Pelaksanaan bimtek bedah SKL dan kisi-kisi  mata pelajaran Bahasa Inggris pada hari pertama, Kamis, 6 Pebruari 2020, sesi pagi dimulai pada sekitar pukul 09.00 WITA yang diawali dengan perkenalan, meski narasumber telah dikenal banyak peserta dari pengurus dan anggota MGMP Bahasa Inggri Kabupaten Tanah Laut yang dikenal dengan Ibu Niken.  Memang, selama ini Ibu Niken sudah cukup terkenal dan familiar, karena selama beberapa tahun kegiatan bedah SKL dan kisi-kisi UN Disdikbud Tanah Laut maupun kegiatan yang dilaksanakan oleh MGMP Bahasa Inggris menjadi narasumber, sehingga familiar serta akrab dengan banyak pengurus dan anggota MGMP Bahasa Inggris SMP Kabupaten Tanah Laut.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hidirin, dan diakhiri dengan pembacaan  doa yang dipimpin Suhardi, S.Pd,salah satu peserta bimtek bedah SKL dan kisi-kisi soal UN . Seusai upacara pembukaan, narasumber menyampaikan materi yang menggambarkan materi yang muncul dalam soal  Ujian Nasional tahun pelajaran 2019/2020. Kemudian, mengajak peserta untuk memahami kisi-kisi soal, menemukan materi yang sudah dan belum dikuasai siswa berdasar analisis hasil  Ujian Nasional dalam 2(dua) tahun terakhir. Narasumber juga menayangkan  daya serap hasil Ujian Nasional kabupaten dan  dibahas  secara bersama-sama.
Setelah istirahat pada sekitar pukul 13.30 WITA , narasumber kembali memberikan penguatan karakter kepada peserta agar menjadi guru yng selalu berusaha meluruskan niatnya untuk melayani peserta didik karena Allah Swt, penuh kasih sayang dalam menghadapi siswa tanpa syarat, selalu tersenyum, memahami karakteristik peserta didik, selalu membangun komunikasi dengan mereka, dan per 20 menit peserta didik diberi kesempatan untuk  minum dan rileks saat pembelajaran.
Add caption
Selanjutnya, narasumber mengajak kepada seluruh peserta untuk menganalisis daya serap sekolah masing-masing dengan syarat harus menulis alamat email guru yang bersangkutan. Namun, karena adanya kendala jaringan internet yang kurang baik saat mau melaksanakan pengunduhan, maka peserta melakukannya di rumah masing-masing. Peserta diminta untuk mengunduh daya serap hasil UN tahun 2019 /2020 dan menganalisisnya sesuai dengan nilai UN sekolah masing-masing.
Sebelum peserat kembali ke rumah, Kepala Seksi Kurikulum dan Penailaian , Maslani, S.Pd, menyampaikan beberapa arahan dan informasi yang terkait dengan ketentuan dalam kegiatan bimtek bedah SKL dan kisi-kisi UN.  Arahan dan informasi yang disampaikan antara lain terkait dengan jadwal kegiatan bimtek, aturan dan ketentuan dalam mengikuti bimtek, dan informasi yang berkaitan dengan kehadiran peserta selama 2 (dua) hari kegiatan. Sekitar pukul 15.45 WITA peserta kembali ke rumah masing-masing dengan syarat segera menyelesaikan PR yang diberikan oleh narasumber.


Post a Comment for "CATATAN BIMTEK BEDAH SKL UJIAN NASIONAL . Bagian 4. Mata Pelajaran Bahasa Inggris Hari Pertama "