CATATAN KOMPETISI ROBOTIK MUDA TANAH LAUT


Agenda hari ketiga kegiatan Wokshop Coding dan Robotik yang digelar Disdikbud dan MKKS SMP Tanah Laut sejak 12 Pebruari 2020  diisi dengan kompetisi robotik antar peserta worksho. Peserta pada Jumat, 14 Pebruari 2020 sejak pukul 08.00 WITA sudah dipersiapkan untuk menempilkan hasil kerjanya selama 2 (dua) hari mengikuti workshop. Guru pendamping dan siswa dari 33 SMP se Kabupaten Tanah Laut sibuk menyiapkan segala sesuatunya agar dapat meraih yang terbaik, karena tim yang akan mendapatkan juara I akan diberikan hadiah sebuah robot untuk digunakan praktikum robotik nantinya.

Adanya kompetisi robotik antar peserta workshop tersebut menjadikan kompetisi robotik tersebu
t yang pertama kalinya diselenggarakan di  Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, karena selama ini tidak pernah ada kompetisi serupa, bahkan mungkin yang pertama kali se Kalimantan Selatan. Dalam kompetisi robotik perdana tersebut, tim juri yang menilai dari Makeblock Indonesia –Jakarta, Axioo Class Program – Bandung, tim Poliban (Politeknik Banjarmasin ) Banjarmasin, dan tim SMKN 1 Pelaihari. Ada beberapa tantangan yang harus ditaklukkan oleh tim ikut kompetisi robotik tersebut, seperti melalui rintangan atau benda tanpa menabrak atau menjatuhkannya, menggiring benda atau objek, dan sebagainya.

Tujuan kompetisi robotik antar peserta workshop coding dan robotik tersebut untuk mengevaluasi sudah sejauh mana peserta mampu menyerap ilmu dan mengaplikasikan hasil workshop selama ini dan memberikan pengalaman berkompetisi yang nyata antar mereka. Hal tersebut seiring dengan tujuan kegiatan workshop itu sendiri yang bertujuan mempersiapkan siswa Tanah Laut mampu menghadapi persaingan global dalam penguasaan teknologi, khususnya menguasai teknologi robotik yang selalu berkembang setiap waktu. Workshop robotik perdana di Kabupaten Tanah Laut yang diikuti oleh 33 SMP se-Kabupaten Tanah Laut tersebut  berlangsung dari 12 s/d 14 Februari 2020. Hari pertama dan kedua diberikan materi coding dan robotik dibimbing oleh Sapta Eky Abdillah dari Axioo Class Program- Bandung dan Mikael Timotius Kenny dari Makeblock Indonesia -Jakarta.

Semangat berkompetisi menjadi sesuatu yang perlu dikembangkan kepada peserta workshop selaku anak-anak muda Indonesia yang akan menghadapi persaingan global yang semakin ketat dari hari-hari. Tanpa semangat berkompetisi yang sehat, maka tentu anak muda Indonesia akan tertinggal jauh dari bangsa-bangsa lain yang telah lebih dulu menguasai berbagai sektor dan berbasis teknologi, termasuk teknologi robotik. Materi coding dan robotik yang sedang diberikan kepada peserta workshop diharapkan nantinya dapat menjadi pelajaran di sekolah, baik dalam bentuk intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Terlihat setiap tim terlihat sibuk menyempurnakan program robot untuk bisa menjalankan misi menghindari dan menabrak beberapa objek di arena jalur yang telah disediakan. Tim dengan robot yang mampu menjalankan misi dengan benar dan tercepat nantinya akan dinyatakan sebagai pemenang. Seperangkat alat robotik dan beberapa hadiah menarik lainnya telah dipersiapkan untuk tim pemenang.

Berdasarkan hasil penilaian tim juri dari penampilan hasil peserta kompetisi robotik siswa SMP se Tanah Laut, maka yang berhasil memperoleh peringkat juara I dari SMP IT (Islam Terpadu) Assalam Pelaihari. Sedangkan juara II diraih dari tim robotik UPTD SMPN 2 Pelaihari, juara III diraih oleh tim robotik UPTD SMPN 3 Panyipatan. Selain ini diberikan hadiah pula kepada tim yang menempati juara harapan I, II, dan III. Bagi tim yang memperoleh predikat sebagai juara I diberikan hadiah sebuah robot dari Makebloc Indonesia-Jakarta yang diserahkan oleh Timotius  Theopelus, ST,MCSE didampingi Erwin Oktavia dari Makeblock Indonesia-Jakarta, Abdillah, M.Pd, Kadisdik Tanah Laut, dan Edy Porwanto, Ketua Komisi II DPRD Tanah Laut. Selain mendapatkan hadiah robot, juara pertama juga mendapat hadiah dadakan dari Edy Porwanto berupa uang pembinaan. Kegiatan kompetisi, penyerahan hadiah, dan sesi foto bersama berakhir pada sekitar pukul 11.30 WITA. Selamat kepada para pemenang.


Post a Comment for "CATATAN KOMPETISI ROBOTIK MUDA TANAH LAUT"