CATATAN WORKSHOP CODING DAN ROBOTIK SMP TANAH LAUT. Bagian 3. Workshop Hari Kedua.


Peserta kegiatan Workshop Coding dan Robotik bagi Siswa SMP Tanah Laut sudah mulai berdatangan ke aula Disdikbud Tanah Laut  pada sekitar pukul 07.30 WITA, Kamis, 13 Pebruari 2020. Kehadiran beberapa peserta lebih awal tersebut menunjukkan antusias dan motivasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan workshop pada kedua  yang rencananya dimulai pada pukul 0830 WITA. Meski kondisi cuaca pada hari kedua tersebut kurang baik, karena malam hingga pagi hari telah turun hujan yang mengguyut Pelaihari dan sekitarnya.

Agenda kegiatan workshop pada hari kedua tersebut diisi dengan melanjutkan praktik membuat program coding dan merakit robot yang disediakan oleh pihak pelatih. Kegiatan hari pertama workshop lebih banyak diisi dengan praktik membuat atau merumuskan coding, sedangkan pada hari kedua lebih menekankan pada mencoba mempraktikkan coding dengan menjalankan robot yang disediakan oleh pelatih. Kehadiran peserta workshop lebih awal pada dasarnya agar waktu praktikumnya dapat lebih lama dan efektif, karena sesuai jadwal kegiatan pada pukul 14.00 WITA kegiatan workshop direncanakan berakhir, sesuai dengan waktu belajar peserta di sekolahnya setiap hari.

Kembali, pada sesi kegiatan workshop yang menerapkan metode dan prinsif ‘merdeka belajar’ , dimana peserta tidak dibebankan untuk ‘berhasil’ , tetapi bagaimana belajar dan terus belajar dari sesuatu yang ‘salah’ dengan terus mencoba tanpa henti. Demikian pula dalam praktiknya, peserta diajak untuk saling berkolaborasi dengan anggota tim sendiri atau tim dari sekolah lain dalam memecahkan suatu permasalahan. Pelatih hanya memberikan arahan dan membantu jika diperlukan oleh peserta saja, sekedar mengarahkan dan memberikan petunjuk teknis yang selanjutnya peserta sendiri mengatasi masalahnya dengan saling mencari cara pemecahannya melalui diskusi atau bertanya dengan anggota tim sendiri maupun tim sekolah yang lain.
Pada hari kedua worshop tersebut, peserta sudah ‘action’ mencoba menjalankan robot dengan program yang mereka buat sendiri. Kenyataanya, percobaan yang mereka lakukan tersebut memang banyak ‘salah’ atau tidak sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pelatih. Namun demikian, peserta tidak ‘kapok’ untuk terus mencoba dan mencoba, sehingga akhirnya dapat meminimalisir kesalahan yang sebelumnya. Tidak ada kata putus asa dan terus mencoba untuk mendapatkan suatu keberhasilan. Itulah prinsif yang ditanamkan dalam kegiatan workshop tersebut. Peserta terlihat antusias dan tanpa lelah terus mencoba dengan dorongan semangat dari guru pendamping dan pelatih yang terus memberikan dorongan semangat untuk terus mencoba beberapa kali.

Pada kegiatan workshop hari kedua tersebut, terjadi penambahan waktu kegiatan atas permintaan banyak peserta yang masih penasaran dengan hasil percobaan mereka. Tidak terlihat adanya kejenuhan atau kebosanan mereka dalam mengikuti workshop, meski waktu sudah melebihi jadwal yang telah ditentukan, yaitu pukul 14.00 WITA. Kondisi tersebut dipantau langsung oleh Abdillah, M.Pd,   Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut yang turut hadir dan bergabung dengan Timotius Theopelus ST., MCSE dari Education Program Director Axioo Class Program Bandung, yang dikenal dengan Pak Timmy.  Mereka memantau dan larut dalam keasyikan peserta workshop yang terlihat ‘enjoy dalam mengikuti kegiatan workshop tanpa terdengar mengeluh apalagi malas mengikuti workshop. Mereka terlihat masih segar dan bersemangat mengikuti kegiatan, meski waktu saat itu mendekati pukul 15.00 WITA, atau sudah melampaui satu jam dari jadwal berakhirnya kegiatan workshop.

Pelatih memberikan arahan penutup kepada peserta workshop tentang kegiatan besok hari, Jumat , 14 Pebruari 2020, yaitu kompetisi robotik antar peserta yang akan dimulai pukul 08.00 WITA di aula SKB Pelaihari. Selanjutnya, setelah mendapatkan arahan dan informasi dari pelatih tersebut, peserta dipersilahkan untuk pulang ke rumah masing-masing. Saat itu waktu menujukkan pukul 15.15 WITA. Kondisi cuaca sore itu cukup baik, meski sinar mentari tidak bersinar terang. Peserta dan guru pendamping pulang ke tempatnya masing-masing guna berisitirahat seraya mempersiapkan diri untuk kegiatan kompetisi robotik pada hari terakhir workshop, yaitu Jumat, 14 Pebruari 2020.


Post a Comment for "CATATAN WORKSHOP CODING DAN ROBOTIK SMP TANAH LAUT. Bagian 3. Workshop Hari Kedua."