Pilihan Ganda
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Tes
|
No
Soal
|
1.
|
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
Membaca peta
lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana
|
Peta Lingkungan Setempat
|
1.
Menentukan arti simbol pada peta
|
PG
|
1
|
Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial dan budaya
|
Kenampakan Alam Lingkungan Setempat
|
2.
Mengidentifikasi kenampakan alam
(gunung, dataran tinggi, laut, dll)
|
PG
|
2
|
||
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
|
Kenampakan Alam Sosial dan Budaya
|
3. Mengidentifikasi jenis dan persebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya
|
PG
|
3
|
||
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
|
Kenampakan Alam Sosial dan Budaya
|
4. Menjelaskan cara menghargai
keragaman
suku bangsa dan budaya
|
PG
|
4
|
||
Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dan menjaga kelestariannya
|
Peninggalan Bersejarah di Daerah Setempat
|
5. Menjelaskan cara menghargai
peninggalan sejarah
|
PG
|
5
|
||
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya
|
Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme
|
6. Menjelaskan cara menghargai jasa
pahlawan
|
PG
|
6
|
||
2.
|
Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
Mengenal
aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di
daerahnya
|
Kegiatan Ekonomi
|
7. Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya
alam dalam kaitannya dengan kegiatan
ekonomi
|
PG
|
7
|
Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
|
Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia
|
8. Mengidentifikasi jenis koperasi
berdasarkan kalimat yang disajikan
|
PG
|
8
|
||
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
|
Masalah Sosial di Lingkungan Setempat
|
9. Menjelaskan cara mengatasi masalah
sosial di masyarakat
|
PG
|
9
|
||
3.
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah yang berskala nasional pada
masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
|
Peninggalan
Sejarah dari Masa
Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
10. Mengidentifikasi
penyebab runtuhnya
salah satu kerajaan yang bercorak
Hindu
|
PG
|
10
|
Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada
masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
Tokoh Sejarah dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
11. Menyebutkan tokoh
sejarah pada masa
Hindu-Budha di Indonesia
12. Menyebutkan tokoh
sejarah pada masa
Islam di Indonesia
|
PG
|
11
12
|
||
Mengenal
keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di
Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
|
Kenampakan Alam dan Buatan Serta Pembagian Wilayah Waktu
|
13.
Mengidentifikasi kenampakan buatan
14.
Menyebutkan nama provinsi yang
termasuk daerah waktu tertentu (WIB,
WIT, atau WITA)
|
PG
|
13
14
|
||
Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya di Indonesia
|
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
|
15.
Menentukan asal budaya di Indonesia berdasarkan gambar yang disajikan
|
PG
|
15
|
||
Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi
|
16.
Mengidentifikasi kegiatan ekonomi
|
PG
|
16
|
||
4.
|
Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
|
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
|
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang
|
17.
Menyebutkan nama pencetus kerja paksa/
tanam paksa
18.
Mengidentifikasi penyebab perlawanan
terhadap Belanda pada suatu daerah
tertentu
|
PG
|
17
18
|
Menghargai jasa dan peranan tokoh
perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
|
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang
|
19.
Mengidentifikasi tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan
berdasarkan peranannya
|
PG
|
19
|
||
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam
memproklamasikan kemerdekaan
|
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang
|
20.
Mengidentifikasi tokoh perjuangan yang
berperan dalam proses proklamasi
kemerdekaan
|
PG
|
20
|
||
Menghargai perjuangan para tokoh dalam
mempertahankan kemerdekaan
|
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda dan Jepang
|
21.
Mengidentifikasi tokoh perjuangan yang
berperan dalam mempertahankan
kemerdekaan
|
PG
|
21
|
||
5.
|
Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara, serta
benua-benua
|
Mendeskripsikan
perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia
|
Perkembangan Provinsi di Indonesia
|
22.
Mengidentifikasi perkembangan provinsi
di Indonesia
23.
Mengidentifikasi zona wilayah laut
Indonesia
|
PG
|
22
23
|
Membandingkan
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
Kenampakan Alam dan Sosial di Asia Tenggara
|
24.
Menentukan kenampakan alam utama di
negara tetangga
25.
Mengidentifikasi bentuk pemerintahan salah satu negara di Asia Tenggara
26.
Mengidentifikasi salah satu batas wilayah Brunei Darusalam
|
PG
|
24
25
26
|
||
Mengidentifikasi benua-benua
|
Mengenal Benua
|
27.
Menentukan salah satu nama negara bagian di Benua Australia
berdasarkan peta yang disajikan
28.
Menentukan sebutan salah satu negara di Benua Eropa
29. Mengidentifikasi
keajaiban dunia dan
letaknya berdasarkan tabel yang
disajikan
30.
Menyebutkan ibukota salah satu negara di
Benua Amerika
31.
Menentukan salah satu kenampakan alam di Benua Afrika
|
PG
|
27
28
29
30
31
|
||
6.
|
Memahami gejala alam yang terjadi di
Indonesia dan sekitarnya
|
Mendeskripsikan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
Peristiwa Alam di Indonesia dan Negara Tetangga
|
32.
Menentukan penyebab bencana alam yang
terjadi pada salah satu negara
tetangga
33.
Menyebutkan akibat pemanasan global
|
PG
|
32
33
|
Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
|
Cara-Cara Menghadapi Bencana Alam
|
34.
Menjelaskan cara menghadapi
bencana alam
|
PG
|
34
|
||
7.
|
Memahami
peranan bangsa Indonesia di era global
|
Menjelaskan peranan Indonesia pada era
global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesi
|
Dampak Globalisasi
|
35.
Menyebutkan ciri/tanda globalisasi
36.
Menyebutkan salah satu contoh
globalisasi pada bidang tertentu
37. Menidentifikasi
barang yang dieskpor atau diimpor Indonesia
|
PG
|
35
36
37
|
Mengenal manfaat ekspor dan impor di
Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
Kegiatan Ekonomi Antar Negara
|
38.
Mengidentifikasi barang yang diekspor atau diimpor Indonesia
39.
Menyebutkan manfaat perdagangan antar negara
40.
Mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya perdagangan antar negara
berdasarkan ilustrasi yang disajikan
|
PG
|
38
39
40
|
Soal Uraian
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Bentuk
Tes
|
No
Soal
|
8.
|
Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
Mengenal
perkembangan teknologi produksi, komunikasi,
dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
|
Perkembangan Teknologi
|
41. Menjelaskan
kelebihan dan
kekurangan penggunaan
teknologi
|
Uraian
|
41
|
9.
|
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah yang berskala nasional pada
masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Mengenal makna
peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha
dan Islam di Indonesia
|
Peninggalan
sejarah dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
|
42. Menyebutkan bukti adanya
salah satu kerajaan yang
bercorak Hindu berdasarkan
prasasti yang ditemukan
|
Uraian
|
42
|
10.
|
Menghargai peranan tokoh pejuang dan
masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
|
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan
Belanda dan Jepang
|
Perjuangan para tokoh
pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
|
43. Menjelaskan
latar belakang perjuangan dari salah satu tokoh pejuang pada masa penjajahan
Belanda
|
Uraian
|
43
|
11.
|
Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara, serta
benua-benua
|
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
|
Perkembangan Provinsi di Indonesia
|
44.
Menyebutkan nama-nama provinsi hasil pemekaran sejak tahun 1999
|
Uraian
|
44
|
Mengidentifikasi benua-benua
|
Mengenal Benua
|
45.
Menyebutkan negara-negara pada salah satu kawasan Amerika
|
Uraian
|
45
|
THX
ReplyDelete