KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SD/MI MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020


 Pilihan Ganda 
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk
Tes
No
Soal
1.

Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala sederhana
Peta Lingkungan Setempat
1.    Menentukan arti simbol pada peta
PG
1
Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial  dan budaya
Kenampakan Alam Lingkungan Setempat
2.    Mengidentifikasi kenampakan alam
       (gunung, dataran tinggi, laut, dll)
PG
2
Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
Kenampakan Alam Sosial dan Budaya
3.    Mengidentifikasi jenis dan persebaran
       sumber daya alam serta pemanfaatannya
PG
3
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
Kenampakan Alam Sosial dan Budaya
4.    Menjelaskan cara menghargai keragaman 
       suku bangsa dan budaya
PG
4
Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya

Peninggalan Bersejarah di Daerah Setempat
5.    Menjelaskan cara menghargai
       peninggalan sejarah
PG
5
Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya 

Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme
6.    Menjelaskan cara menghargai jasa  
       pahlawan
PG
6
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi

Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
Kegiatan Ekonomi
7.    Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya
       alam dalam kaitannya dengan kegiatan
       ekonomi
PG
7
Mengenal  pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
Koperasi Dalam Perekonomian Indonesia
8.    Mengidentifikasi jenis koperasi
       berdasarkan kalimat yang disajikan
PG
8
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
Masalah Sosial di Lingkungan Setempat
9.    Menjelaskan cara mengatasi masalah  
       sosial di masyarakat

PG
9


 3.
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia


Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Peninggalan Sejarah dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
10. Mengidentifikasi penyebab runtuhnya
       salah satu kerajaan yang bercorak Hindu

PG
10
Menceriterakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia

Tokoh  Sejarah dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
11. Menyebutkan tokoh sejarah pada masa
      Hindu-Budha di Indonesia
12. Menyebutkan tokoh sejarah pada masa
       Islam di Indonesia

PG
11

12
Mengenal  keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
Kenampakan Alam dan Buatan Serta Pembagian Wilayah Waktu
13. Mengidentifikasi kenampakan buatan
14. Menyebutkan nama provinsi yang   
       termasuk daerah waktu tertentu (WIB,
        WIT, atau WITA)
PG
13
14
Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
Keragaman  Suku Bangsa dan Budaya
15. Menentukan asal budaya di Indonesia berdasarkan gambar yang disajikan
PG
15
Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi
16. Mengidentifikasi kegiatan ekonomi
PG
16


4.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa  Penjajahan  Belanda dan Jepang
17. Menyebutkan nama pencetus kerja  paksa/
       tanam paksa
18. Mengidentifikasi penyebab perlawanan
       terhadap Belanda pada suatu daerah
       tertentu
PG
17

18
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa  Penjajahan  Belanda dan Jepang
19. Mengidentifikasi tokoh perjuangan dalam
       mempersiapkan kemerdekaan
       berdasarkan peranannya
PG
19
Menghargai jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa  Penjajahan  Belanda dan Jepang
20. Mengidentifikasi tokoh perjuangan yang   
       berperan dalam proses proklamasi
       kemerdekaan
PG
20
Menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan 
PerjuanganPara Tokoh Pejuang Pada Masa  Penjajahan  Belanda dan Jepang
21. Mengidentifikasi tokoh perjuangan yang   
       berperan dalam  mempertahankan            
       kemerdekaan
PG
21


5.
Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia
Perkembangan Provinsi di Indonesia
22. Mengidentifikasi perkembangan provinsi
       di Indonesia
23. Mengidentifikasi zona wilayah laut  
       Indonesia
PG
22

23
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
Kenampakan Alam dan Sosial di Asia Tenggara
24. Menentukan kenampakan alam  utama di
       negara tetangga
25. Mengidentifikasi bentuk pemerintahan salah satu negara di Asia Tenggara
26. Mengidentifikasi salah satu batas wilayah Brunei Darusalam
PG
24

25

26
Mengidentifikasi  benua-benua
Mengenal Benua
27. Menentukan salah satu  nama  negara bagian di Benua Australia berdasarkan peta yang disajikan

28. Menentukan sebutan salah satu negara di Benua Eropa
29. Mengidentifikasi keajaiban dunia dan
       letaknya berdasarkan tabel yang disajikan
30. Menyebutkan ibukota salah satu negara di
      Benua Amerika
31. Menentukan salah satu kenampakan alam di Benua Afrika
PG
27



28

29

30

31
6.
Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya

Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga 
Peristiwa Alam di Indonesia dan Negara Tetangga
32. Menentukan penyebab bencana alam yang
       terjadi pada salah satu negara tetangga
33. Menyebutkan akibat pemanasan global

PG
32

33
Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam

Cara-Cara Menghadapi Bencana Alam
34. Menjelaskan cara menghadapi
       bencana alam
PG
34

7.
Memahami  peranan bangsa Indonesia di era global
Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesi
Dampak Globalisasi
35. Menyebutkan ciri/tanda globalisasi
36. Menyebutkan salah satu contoh  
       globalisasi pada bidang tertentu
37. Menidentifikasi barang yang dieskpor atau diimpor Indonesia

PG
35
36

37
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
Kegiatan Ekonomi Antar Negara
38. Mengidentifikasi barang yang diekspor atau diimpor Indonesia
39. Menyebutkan manfaat perdagangan antar negara
40. Mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya perdagangan antar negara berdasarkan ilustrasi yang disajikan
PG
38

39

40




Soal Uraian
No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Bentuk
Tes
No
Soal
8.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan  provinsi

Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi,  dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
Perkembangan Teknologi
41. Menjelaskan kelebihan dan  
       kekurangan penggunaan
       teknologi
Uraian
41
9.
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional  pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia
Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
Peninggalan sejarah dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
42.  Menyebutkan bukti adanya
       salah satu kerajaan yang
       bercorak Hindu berdasarkan
       prasasti yang ditemukan
Uraian
42
10.
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan kemerdekaan Indonesia
Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang
Perjuangan para tokoh pejuang pada masa  penjajahan  Belanda dan Jepang
43. Menjelaskan latar belakang perjuangan dari salah satu tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda

Uraian
43
11.
Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia
Perkembangan Provinsi di Indonesia
44. Menyebutkan nama-nama provinsi hasil pemekaran sejak tahun 1999
Uraian
44
Mengidentifikasi  benua-benua
Mengenal Benua
45. Menyebutkan negara-negara pada salah satu kawasan Amerika
Uraian
45


1 comment for "KISI-KISI UJIAN SEKOLAH SD/MI MATA PELAJARAN: ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020"