Soal Pilihan Ganda
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
No
Soal
|
1.
|
Memahami
pesan-pesan pokok Q.S Al-Fatihah, Q.S Al-Ikhlas
|
Q.S Al-Fatihah,
Q.S
Al-Ikhlas
|
Menentukan
Kandungan Pokok
Q.S
Al-Fatihah, Q.S Al-Ikhlas
|
1
|
Mengetahui Q.S.
al-Falaq, dan Q.S al-Fiil dengan baik dan benar.
|
Q.S. al-Falaq, dan Q.S al-Fiil
|
Menentukan hukum bacaan Q.S. al-Falaq, dan Q.S al-Fiil
|
2
|
|
Menerjemahkan Q.S. at-Tin dan Q.S. al-Fiil yang
sesuai dengan ayatnya
|
3
|
|||
Mengetahui keesaan Allah Swt Yang Maha Pencipta,
Memahami makna Q.S An- Nasr dan Q.S Al-Kautsar
|
Q.S. An Nasr dan Q.S Al- Kautsar
|
Mengidentifikasikan
Q.S. An Nasr dan Q.S Al-
Kautsar
|
4
|
|
Memahami
pesan-pesan pokok Q.S. An-Nas dan Q.S
Al-Asr
|
Q.S. An-Nas dan Q.S Al-Asr
|
Menentukan
pesan-pesan Q.S. An-Nas dan Q.S Al-Asr
|
5
|
|
Memahami makna Q.S.
At-Tin dan Q.S. Al-Maun dengan baik dan benar
|
Q.S.
At-Tiin dan Q.S. Al-Maun
|
Menentukan
Q.S. At-Tin dan Q.S. Al-Fiil yang sesuai
|
6
|
|
Memahami makna Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3
dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13 dengan benar
|
Q.S.
Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13
|
Menunjukkan isi pokok Q.S Al-Kafirun, Q.S
Al-Ma’idah /5:2-3 dan Q.S. al-Hujurat/49:12-13
|
7
|
|
Melengkapi bacaan Q.S. Al-Kafirun, Q.S. Al-Ma’idah/5:2-3 dan
Q.S. al-Hujurat/49:12-13
|
8
|
|||
2
|
Memahami makna Asmaul Husna Al-Wahab, Al-Alim, Al-Malik, As-Somad
|
Asmaul
Husna Al-Wahab, Al-Alim, Al-Malik, As-Somad
|
Menerjemahkan arti Asmaul Husna Al-Wahab,
Al-Malik, As-Samad
|
9
|
Memahami makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al- Qayyum, dan Al-Ahad
|
Asmaul
Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al- Qayyum,
dan Al-Ahad
|
Memahami makna Asmaul Husna Al-Mumit, Al-Hayyu, Al- Qayyum, dan Al-Ahad
|
10
|
|
Memahami makna Asmaul Husna Al-Quddus, As-Salam, dan Al-Khaliq
|
Asmaul
Husna Al-Quddus, As-Salam, dan
Al-Khaliq
|
Mengimplentasikan perilaku terpuji yang
sesuai dengan Asmaul Husna Al-Quddus,
As-Salam, dan Al-Khaliq
|
11
|
|
Memahami makna Asmaul Husna Al-Basir, Al-Adl, dan Al-Azim
|
Asmaul
Husna Al-Basir, Al-Adl, dan Al-Azim
|
Memahami makna Asmaul Husna Al-Basir, Al-Adl, dan Al-Azim
|
12
|
|
Memahami makna diturunkannya kitab-kitab
suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun Iman.
|
Mengenal
Nama Allah dan Kitab-Kitab Nya
|
Mencocokkan nama-nama Nabi dan
kitab-kitab yang diterimanya
|
13
|
|
Memahami nama-nama Rasul Allah Swt dan Rasul Ulul Azmi
|
Mari
mengenal Iman kepada Rasul – Rasul
Allah Swt
|
Menyebutkan 5 Rasul Ulul Azmi
|
14
|
|
Memahami hikmah beriman kepada Qada dan
Qadar yang dapat membentuk perilaku
Akhlak Mulia
|
Beriman
kepada Qada dan Qadar
|
Menyebutkan hikmah beriman kepada Qada dan Qadar
|
15
|
|
Memahami makna Iman kepada
Malaikat-Malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar
|
Beriman
kepada Malaikat-Malaikat Allah Swt
|
Memahami makna beriman kepada
Malaikat-Malaikat Allah
|
16
|
|
3
|
Memahami hadits yang terkait dengan
perilaku hidup bersih dan sehat
|
Bersih,
Sehat, dan Peduli Lingkungan
|
Memberikan contoh perilaku hidup bersih
dan sehat
|
17
|
Memahami Manfaat Gemar Membaca
|
Gemar
Membaca
|
Menjelaskan manfaat perilaku gemar
membaca
|
18
|
|
Memahami makna Saling Menghargai Sesama
Manusia
|
Cita-citaku
menjadi anak Sholeh
|
Menjelaskan makna saling menghargai
sesame manusia
|
19
|
|
Memahami Sikap santun dan menghargai teman,
baik dirumah, sekolah dan Masyarakat sekitar
|
Santun
dan menghargai teman
|
Mengevaluasi
tentang sikap santun dan menghargai teman
|
20
|
|
Memahami makna Perilaku Jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
Perilaku Jujur
|
Menerapkan makna perilaku jujur dalam
kehidupan sehari-hari
|
21
|
|
Memahami Perilaku hormat dan Patuh kepada
Orang tua, Guru, dan esame anggota keluarga
|
Perilaku
hormat dan Patuh kepada Orang tua, Guru, dan sesama anggota keluarga
|
Memberikan contoh perilaku hormat dan
patuh kepada Orang tua, Guru, dan
sesama anggota keluarga
|
22
|
|
Memahami Sikap Toleran dan Simpatik
terhadap Sesama sebagai wujud dari
pemahaman Q.S. Al-Kafirun
|
Memahami
Sikap Toleran dan Simpatik terhadap Sesama
|
Menganalisa tentang Sikap Toleran dan
Simpatik terhadap Sesama
|
23
|
|
Memahami makna perilaku Amanah dalam
kehidupan sehar-hari
|
Makna
Perilaku Amanah
|
Membedakan makna perilaku Amanah dalam
kehidupan sehari-hari
|
24
|
|
4
|
Memahami doa sebelum dan sesudah wudu
|
Doa dan
Tata cara Wudu
|
Menentukan doa sebelum dan sesudah makan
|
25
|
Memahami tata cara Sholat dan Bacaannya
|
Sholat
dan tata caranya
|
Mengidentifikasikan tata cara sholat dan
bacaannya
|
26
|
|
Memahami makna Zikir dan doa setelah Sholat
|
Zikir
dan doa setelah Sholat
|
Menyebutkan makna bacaan zikir dan doa
sesudah sholat
|
27
|
|
Memahami Hikmah Ibadah sholat melalui
pengamatan dan mengalaman dirumah dan sekolah
|
Hikmah Ibadah Sholat
|
Menentukan hikmah Ibadah sholat
|
28
|
|
Memahami tata cara bersuci dari hadats
kecil sesuai ketentuan Syariat Islam
|
Tata
cara bersuci dari hadats kecil
|
Menerapkan tata cara bersuci dari hadas
kecil yang sesuai dengan syariat Islam
|
29
|
|
Memahami pelaksanaan Sholat Tarawih dan
Tadarus Al-Quran
|
Memperbanyak
Kebaikan dibulan Ramadhan
|
Menyebutkan amalan – amalan yang dianjurkan
di bulan Ramadhan
|
30
|
|
Memahami Hikmah Puasa Ramadhan yang dapat
membentuk Akhlak mulia.
|
Manfaat Puasa Ramadhan
|
Menjelaskan manfaat Puasa Ramadhan
|
31
|
|
Memahami hikmat zakat, Infaq dan sedekah
sebagai Implementasi dari Rukun Islam
|
Memahami
Makna berinfaq dan Sedekah
|
Menyimpulkan Hikmah Zakat dan Infak dan
Sedekah sebagai Implementasi Rukun Islam
|
32
|
|
5
|
Memahami kisah keteladanan Nabi Adam as
|
Cinta
Nabi dan Rasul
|
Mengidentifikasikan kisah keteladanan
Nabi adam as
|
33
|
Memahami Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim as
dan Ismail as
|
Kisah
Keteladanan Nabi Ibrahim as dan Ismail as
|
Menjelaskan kisah keteladanan Nabi
Ibrahim as dan Ismail as
|
34
|
|
Memahami Kisah Keteladanan Nabi Isa as
|
Kisah
Keteladanan Nabi Isa as
|
Menentukan kisah keteladanan Nabi Isa as
|
35
|
|
Memahami Kisah Keteladanan Nabi Ayyub as
|
Kisah
Keteladanan Nabi Ayyub as
|
Menentukan kisah Keteladanan Nabi Ayyub as
|
36
|
|
Memahami Kisah Keteladanan Wali Songo
|
Kisah
Keteladanan Wali Songo
|
Menetukan Keteladanan Wali Songo
|
37
|
|
Memahami Kisah Keteladanan Nabi Daud as
|
Rasul
Allah Idolaku
|
Memberikan contoh sikap keteladanan Nabi
Daud as
|
38
|
|
Memahami Kisah Keteladanan Luqman
sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
|
Kisah
Teladan Luqman
|
Menjelaskan kisah keteladanan Luqman
|
39
|
|
Memahami Kisah Keteladanan Nabi Muhammad
SAW
|
Kisah
Teladan Nabi Muhammad SAW
|
Menyebutkan kisah keteladanan Nabi
Muhammad SAW
|
40
|
Soal
Uraian
No.
|
Standar Kompetensi
|
Materi
|
Indikator
|
No
Soal
|
1
|
Memahami makna Q.S At-Tiin dan Q.S
Al-Maun dengan baik dan benar
|
Q.S
At-Tiin dan Q.S Al-Maun
|
Menyebutkan Isi Kandungan Q.S At-Tiin dan
Q.S Al-Maun
|
41
|
2.
|
Memahami hikmah beriman kepada hari akhir
yang dapat membentuk prilaku Akhlak Mulia
|
Hikmah
beriman kepada Hari Akhir
|
Menyebutkan nama-nama hari akhir beserta
artinya
|
42
|
3.
|
Memahami makna
sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
Mari
hidup Sederhana
|
Memberikan contoh hidup sederhana
|
43
|
4.
|
Memahami Makna
Ibadah Sholat
|
Keutamaan
Sholat
|
Menyebutkan hikmah Ibadah sholat
|
44
|
5.
|
Memahami
Ashabul Kahfi
sebagaimana tercantum
dalam Al-Quran
|
Kisah
keteladan Ashabul Kahfi
|
Menyebutkan Perilaku terpuji dan kisah
keteladanan Ashabul Kahfi
|
45
|
Post a Comment for "KISI-KISI UJIAN AKHIR SD MATA PELAJARAN: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TAHUN PELAJARAN 2019/2020"