SELAMAT DATANG TAHUN PELAJARAN BARU,, DAN COVID-19 CEPATLAH BERLALU


Membaca berita koran Banjarmasin Post pada Rabu, 6 Mei 2020, di halaman 8 dengan judul “ SMPN 1 Loksado Sebar Formulir di Pasar “ dan subjudul beritanya “ Disdik HSS Keluarkan Edaran Penerimaan Siswa Baru”. Dalam pemberitaannya, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SDN dan SMPN di Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus bergulir. SMPN 1 Loksado di Kecamatan Loksado selain membuka pendaftaran secara online, melalui WA panitia, juga dilakukan dengan menyebarkan formulir pendaftaran ke pasar kecamatan.
Kepsek SMPN 1 Loksado Artani,Selasa (5/5) menyatakan pihak sekolah menyebarkan formulir pendaftaran di pasar untuk para orangtua di Loksado karena ketika hari pasar yaitu Rabu banyak warga berkumpul di Pasar Kecamatan.

"  Penerimaan siswa baru tahun ini memang sangat jauh terasa beda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu kegiatan yang tidak dapat lagi dilakukan pihak panitia pendaftaran guna menjaring calon siswanya dengan melakukan promosi ke sekolah lain secara langsung alias ‘door to door’" 

Kembali, proses dan rutinitas penerimaan siswa baru untuk mengisi sekolah pada tahun pelajaran baru, 2020/2021,bergulir kembali ditengah masa pendemi wabah Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Penerimaan siswa baru tahun ini memang sangat jauh terasa beda dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Salah satu kegiatan yang tidak dapat lagi dilakukan pihak panitia pendaftaran guna menjaring calon siswanya dengan melakukan promosi ke sekolah lain secara langsung alias ‘door to door’.
Kondisi yang masih dimasa pendemi wabah Covid-19 membuat beberapa tahapan penerimaan siswa baru tidak dapat dilakukan sebagaimana mestinya, seperti promosi ke sekolah yang potensial menjadi pemasok siswa baru. Kini, promosi penerimaan siswa baru  dan proses pendaftarannya lebih banyak dilakukan secara online sebagaimana diberitakan oleh koran tersebut. Tentu, promosi dan pendaftaran secara online tersebut masih banyak kendalanya, karena terkadang sulit menjangkau sekolah atau daerah yang tidak memiliki jaringan internet dan sebagainya.

"  Khawatiran tersebut beralasan, sebab pada tahun pelajaran lalu banyak sekolah yang mengalami kemunduran dalam jumlah siswa barunya. Terlebih lagi tahun pelajaran baru yang akan datang yang diperkirakan masih dalam masa pendemi wabah Covid-19 yang membatasi gerak dan pertemuan orang dalam jumlah banyak"


Ada kekhawatiran beberapa sekolah akan adanya penurunan jumlah siswa baru pada tahun pelajaran 2020/2021, karena promosi kepada calon siswa tidak dapat terlaksana  sebagaimana mestinya. Khawatiran tersebut beralasan, sebab pada tahun pelajaran lalu banyak sekolah yang mengalami kemunduran dalam jumlah siswa barunya. Terlebih lagi tahun pelajaran baru yang akan datang yang diperkirakan masih dalam masa pendemi wabah Covid-19 yang membatasi gerak dan pertemuan orang dalam jumlah banyak.
Masalah kekurangan siswa baru dari tahun ke tahun yang dialami sekolah di berbagai daerah di  Kalimantan Selatan menjadi dilema yang cukup serius. Menurut berita koran Banjarmasin Pos sekitar bulan Juni 2019 lalu yang mengangkat beritanya tentang masalah sekolah kekurangan siswa pada tahun pelajaran 2019/2020 dengan judul berita pada halaman pertamanya “ 55 SDN di Batola Bakal Digabung” , dan subjudul “ Disdik Banjarmasin Incar Dua Sekolah”.
Menurut beritanya, Dinas Pendidikan Kabupaten Baritokuala (Batola) segera melakukan regrouping atau penggabungan  puluhan Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang kekurangan siswa. Regrouping dilakukan terhadap SDN yang jaraknya tidak sampai satu kilometer. “Iya ini sedang kami pikirkan regrouping puluhan SDN,” kata Kadisdik Batola, Sumarji, Kamis (13/6).
Kita berharap pada tahun pelajaran 2020/2021 yang akan datang masih banyak siswa baru yang masuk sekolah pada semua jenjang satuan pendidikan, baik SD hingga SMA sederajat. Meski kondisi ekonomi banyak keluarga dari calon siswa baru tersebut sangat terganggu sebagai dampak pendemi wabah Covid-19 yang membuat banyak orangtua tidak mendapatkan pekerjaan dan penghasilan guna membiayai anaknya sekolah. Semoga Covid-19 segera berlalu dan kehidupan berjalan normal kembali seperti biasa.
Selamat datang tahun pelajaran baru, dan selamat tinggal Covid-19. Semoga.
#DirumahdanMenulisAja


Post a Comment for "SELAMAT DATANG TAHUN PELAJARAN BARU,, DAN COVID-19 CEPATLAH BERLALU"