BAGIAN 2. PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING

Berdasarkan hasil rekapitulasi laporan pemantauan secara langsung dan laporan tertulis kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut yang dihimpun oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut, diperoleh data sekolah yang  menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya secara daring (dalam jaringan) atau online.
 " Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya" 
Dari 53 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Tanah Laut, sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara daring ada sebanyak 15 sekolah atau sekitar 28 %  yang melaksanakannya pada Jumat, 5 Juni 2020. Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya.

KeempatSMP ISLAM TERPADU ASSALAM Pelaihari. Sekolah yang terletak di wilayah Kota Pelaihari, yang merupakan salah satu sekolah swasta berbasis keagamaan di Kota Pelaihari Meski sekolah yang dipimpin oleh Nursahid,S.Pd,Si ini relatif baru, namun mampu eksis ditengah persaingan dengan sekolah negeri di Pelaihari. Sekolah ini memiliki siswa kelas IX sebanyak 8, dan semuanya dinyatakan lulus semua alias lulus 100 %.  Merupakan angkatan pertama lulusan sekolah tersebut. 
Dalam menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya, sekolah mengirimkannya secara daring melalui atau menggunakan aplikasi zoom meeting.Adapun tujuan pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa kelas IX secara daring ini merupakan yang aman untuk kondisi saat ini, dimana pendemi belum terkendali ujar kepala sekolah. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengumuman kelulusan tersebut terkendalanya, ada beberapa lokasi siswa yang kurang bagus signal internetnya,  ujarnya lagi.


" Meski sekolah yang dipimpin oleh Nursahid,S.Pd,Si ini relatif baru, namun mampu eksis ditengah persaingan dengan sekolah negeri di Pelaihari. Sekolah ini memiliki siswa kelas IX sebanyak 8, dan semuanya dinyatakan lulus semua alias lulus 100 %.  Merupakan angkatan pertama lulusan sekolah tersebut"

Kelima UPTD SMPN 7 Pelaihari. Sekolah yang berada di dekat perbatasan  Kecamatan Pelaihari dengan Kecamatan Batu Ampar ini dipimpin oleh Hj.Rusmarita, M.Pd.  Memiliki  siswa kelas IX sebanyak 16, dan berdasarkan hasil pengumuman  kelulusan semua siswa kelas IX tersebut dinyatakan lulus semua alias lulus 100%.
Meski berada di daerah pedesaan dan ralatif jauh dari pusat kota atau ibukota kabupaten, sekolah tersebut masih mampu melaksanakan pengumuman kelulusannya secara daring.  
Adapun pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa dengan daring tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp (WA)  Menurut Hj. Rusmarita, kendala yang dihadapi pihaknya saat penyampaian pengumuman tersebut terkendala tidak semua siswa memiliki HP,katanya.


" Sekolah yang berada di dekat perbatasan  Kecamatan Pelaihari dengan Kecamatan Batu Ampar ini dipimpin oleh Hj.Rusmarita, M.Pd.  Memiliki  siswa kelas IX sebanyak 16, dan berdasarkan hasil pengumuman  kelulusan semua siswa kelas IX tersebut dinyatakan lulus semua alias lulus 100% "

KeenamUPTD SMPN 1 Kintap. Secara geografi letak sekolah yang dipimpin oleh Wahidin, S.Pd ini berada di  relatif jauh dengan Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sekitar 100 kilometer lebih.  Memiliki jumlah siswa kelas IX sebanyak 74, namun siswa yang dinyatakan lulus sebanyak 73 , atau 98 %. Menurut informasi kepala sekolahnya, siswa yang tidak lulus tersebut selama dua  semester tidak hadir, atau  selama duduk di kelas IX. Meski sudah diperingatkan kepada siswa tersebut untuk sekolah. Sungguh disayangkan, ujarnya.
Menurut kepala sekolah, Wahidin, S.Pd, dalam penyampaian pengumuman kelulusan secara daring kepada siswanya yang relatif banyak tersebut tidak ada kendala.. Adapun alasannya mengumumkan secara daring melalui pesan WhatsApp (WA) tersebut karena melaksanakan peraturan pemerintah, kata kepala sekolah. 


Secara geografi letak sekolah yang dipimpin oleh Wahidin, S.Pd ini berada di  relatif jauh dengan Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sekitar 100 kilometer lebih.  Memiliki jumlah siswa kelas IX sebanyak 74, namun siswa yang dinyatakan lulus sebanyak 73 , atau 98 % . Menurut informasi kepala sekolahnya, siswa yang tidak lulus tersebut selama dua  semester tidak hadir, atau  selama duduk di kelas IX. Meski sudah diperingatkan kepada siswa tersebut untuk sekolah. Sungguh disayangkan, ujarnya."

Demikian profil singkat beberapa sekolah yang lebih awal mengirimkan laporan pelaksanaan pengumuman kelulusannya, dan akan dilanjutkan dengan profil sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusannya secara daring pada bagian berikutnya. Masih ada 9  sekolah lagi yang belum ditampilkan profil sekolahnya. Insyaallah akan dilanjutkan dengan tulisan artikel berikut. sesuai urutan masuk laporannya.
#BangkitPendidikanIndonesia
#DirumahdanMenulisAja



Post a Comment for "BAGIAN 2. PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING "