BAGIAN 1. PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING


Berdasarkan hasil rekapitulasi laporan pemantauan secara langsung dan laporan tertulis kepala sekolah SMP se Kabupaten Tanah Laut yang dihimpun oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdikbud Tanah Laut, diperoleh data sekolah yang  menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya secara daring (dalam jaringan) atau online.
 " Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya" 
Dari 53 SMP negeri dan swasta di Kabupaten Tanah Laut, sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusan siswanya secara daring ada sebanyak 15 sekolah atau sekitar 28 %  yang melaksanakannya pada Jumat, 5 Juni 2020. Penyampaian hasil kelulusan siswa tersebut dalam rangka  menjalankan anjuran Pemerintah dan dengan pertimbangan situasi dan kondisi pandemi COVID -19 yang faktual di sekitar lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswanya.

Pertama. UPTD SMPN 2 Bati-Bati. Sekolah yang terletak di wilayah Kecamatan Bati-Bati ini berlokasi dekat dengan wilayah perbatasan Kota Banjarbaru ini dipimpin oleh Bustanul Arifin, S.Pd, MM. Sekolah ini memiliki siswa kelas IX sebanyak 111, dan semuanya dinyatakan lulus semua alias lulus 100 %. Dalam menyampaikan pengumuman kelulusan siswanya, sekolah mengirimkannya secara daring melalui atau menggunakan aplikasi WhatApps (WA) .
Adapun tujuan pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa kelas IX secara daring ini untuk menghindari kerumuman dan berkumpulnya siswa karena jumlah siswanya yang banyak kata kepala sekolah, Bustanul Arifin. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengumuman kelulusan tersebut terkendala pada ada pada beberapa siswa yang tidak memiliki HP android ujarnya lagi.
" Sekolah yang terletak di wilayah Kecamatan Bati-Bati ini berlokasi dekat dengan wilayah perbatasan Kota Banjarbaru ini dipimpin oleh Bustanul Arifin, S.Pd, MM.Sekolah ini memiliki siswa kelas IX sebanyak 111, dan semuanya dinyatakan lulus semua alias lulus 100 %."

Kedua. UPTD SMPN 5  Batu Ampar. Sekolah yang berada di Kecamatan Batu Ampar ini dipimpin oleh H.Slamet, S.Pd. Memiliki  siswa kelas IX sebanyak 38. Berdasarkan hasil pengumuman  kelulusan semua siswa kelas IX tersebut dinyatakan lulus semua alias lulus 100%. Meski berada di daerah pedesaan dan ralatif jauh dari pusat kota atau ibukota kabupaten, sekolah tersebut mampu melaksanakan pengumuman kelulusannya secara daring.
Adapun pelaksanaan pengumuman kelulusan siswa dengan daring tersebut menggunakan aplikasi WhatsApp (WA) grup wali kelas dan pribadi. Menurut H Slamet, kendala yang dihadapi pihaknya saat penyampaian pengumuman tersebut terkendala pada akses internet di wilayahnya yang masih kurang memadai.
" Sekolah yang berada di Kecamatan Batu Ampar ini dipimpin oleh H.Slamet, S.Pd. Memiliki  siswa kelas IX sebanyak 38. Berdasarkan hasil pengumuman  kelulusan semua siswa kelas IX tersebut dinyatakan lulus semua alias lulus 100%"


Ketiga. UPTD SMPN 2 Pelaihari. Secara geografi letak sekolah yang dipimpin oleh H. Fathur  Rahman, S.Pd ini berada di Kota Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sekitar 1,5 kilometer dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.  Memiliki jumlah siswa kelas IX sebanyak 121, dan semuanya dinyatakan lulus100 %.
Menurut kepala sekolah, H. Fathur Rahman, S.Pd, dalam penyampaian pengumuman kelulusan secara daring kepada siswanya yang relatif banyak tersebut tidak ada kendala. “alhamdulillah”, ujarnya. Adapun alasannya mengumumkan secara daring melalui pesan WhatsApp (WA) tersebut berdasarkan hasil rapat dewan guru denngan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19.
"Secara geografi letak sekolah yang dipimpin oleh H. Fathur  Rahman, S.Pd ini berada di Kota Pelaihari, Ibukota Kabupaten Tanah Laut, sekitar 1,5 kilometer dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.  Memiliki jumlah siswa kelas IX sebanyak 121, dan semuanya dinyatakan lulus100 %."


Demikian profil singkat beberapa sekolah yang lebih awal mengirimkan laporan pelaksanaan pengumuman kelulusannya, dan akan dilanjutkan dengan profil sekolah yang melaksanakan pengumuman kelulusannya secara daring pada bagian berikutnya. Masih ada 12 sekolah lagi yang belum ditampilkan profil sekolahnya. Insyaallah akan dilanjutkan dengan tulisan artikel berikut. sesuai urutan masuk laporannya.
#BangkitPendidikanIndonesia
#DirumahdanMenulisAja



Post a Comment for "BAGIAN 1. PROFIL SEKOLAH YANG MELAKSANAKAN PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA KELAS IX SECARA DARING "