RANCANGAN PROGRAM PENULUSARAN, PEMETAAN, DAN PENINGKATAN MUTU DAN HASIL UJIAN NASIONAL (UN) OLEH SEKSI KURIKULUM DAN PENILAIAN BIDANG BINA DIKDAS,DISDIKBUD TALA


A.           Pendahuluan
Hasil UN (Ujian Nasional)  menjadi perhatian semua pihak dalam dunia pendidikan, baik pada skala nasional maupun lokal. Sorotan hingga kritikan tajam terhadap hasil UN banyak diperhatikan oleh berbagai pihak yang peduli dengan dunia pendidikan. Hasil UN masih menjadi barometer keberhasilan dunia pendidikan oleh sebagian besar kalangan yang peduli pendidikan di tanah air, tidak terkecuali di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Meski, hasil UN bagi siswa tidak menjadi penentu kelulusan lagi.

Hasil UN SMP di Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2018 lalu memang cukup menggembirakan, berada di peringkat ke-4 terbaik se Kalimantan Selatan, dan pelaksanakan UN sudah berbasis komputer atau UNBK semunya. Namun, hasil UN yang sudah cukup baik tersebut perlu dipertahankan dan tentunya juga patut ditingkatkan semaksimal mungkin melalui berbagai kebijakan dan program terobosan.
Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Laut menjadi ujung tombak institusi dalam mensukseskan pelaksanaan UN, termasuk sukses dalam bentuk hasil UN yang terus meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu, perlu evaluasi kebijakan dan program yang telah dilakukan sebelumnya dengan melakukan penulusan dan pemetaan guna peningkatan mutu dan hasil UN ke depan yang lebih baik lagi.

B.            Bentuk Kegiatan
1.      Melakukan evaluasi dan pemetaan masalah yang terkait dengan hasil UN
2.      Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait langsung dengan upaya peningkatan mutu dan hasil UN.
3.      Melakukan langkah-langkah konkrit dan konstruktif dalam upaya peningkatan mutu dan  hasil UN.
4.      Menampung aspirasi dan saran yang konstruktif dan solutif guna meningkatkan mutu dan  hasil UN.

C.           Maksud dan Tujuan
Maksud kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN tersebut adalah mencari mencari alternatif dalam rangka meningkatkan hasil UN ke depan secara konstruktif dan solutif.
Adapun tujuan kegiatannya antara lain :
1.      Melakukan evaluasi program dan kebijakan yang telah dilakukan melalui penulusan dan pemetaan masalah dari program dan kegiatan ‘bedah SKL’ selama ini dalam upaya peningkatan dan  mutu hasil UN.
2.      Mencari alternatif solusi terbaik dalam upaya meningkatkan mutu dan hasil UN melalui program dan kegiatan alternatif lainnya yang berdasarkan ide, saran, dan masukan guru-guru mata pelajaran yang di-UN –kan.

D.           Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN tersebut adalah guru-guru mata pelajaran UN yang tergabung dalam MGMP mata pelajaran : (1) Bahasa Indonesia; (2) Bahasa Inggris; (3) Ilmu Pengetahuan Alam; dan (4) Matematika jenjang SMP / MTs di Kabupaten Tanah Laut.

E.            Waktu Kegiatan
Kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan  hasil UN tersebut dilaksanakan secara terjadwal sebelum dan menjelang pelaksanaan UN jenjang SMP tahun 2020. Adapun pelaksanaanya terbagi dalam 2 (dua) periode ; yaitu (1) Masa Konsulidasi : Nopember –Desember 2019; dan (2) Pemantapan : Januari- Maret 2020.
Jadwal kegiatan terlampir.

F.            Langkah Kegiatan
Adapun langkah kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN tersebut dilaksanakan dengan : (1) Melakukan kunjungan langsung/ bertatap muka dengan Pengurus dan guru-guru anggota MGMP mata pelajaran UN yang melaksanakan pertemuan pada sanggar MGMP di UPTD SMPN 2 Pelaihari; dan (2)  Melakukan rapat kerja khusus dengan pengurus MGMP mata pelajaran UN di tempat yang disepakati.

G.           Hasil yang Diharapkan
Sesuai dengan maksud dan tujuan yang dipaparkan di atas, maka hasil yang diharapkan adalah adanya peningkatan mutu dan hasil UN, baik secara kualitatif maupun kuantitaif.

H.           Penutup
Demikian rancangan program dan kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut.

Pelaihari, Oktober 2019
Kepala Seksi,



Maslani, S.Pd
NIP 19631105 198803 1017



Lampiran

JADWAL
KEGIATAN KUNJUNGAN DAN PERTEMUAN DENGAN MGMP
MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL

NO
HARI /TANGGAL
MATA PELAJARAN
TEMPAT

1
Sabtu, 2 Nopember 2019
Matematika
Sanggar MGMP Tanah Laut di UPTD SMPN 2 Pelaihari
2
Selasa,  5 Nopember 2019
Ilmu Pengetahuan Alam
Sda
3
Kamis, 14 Nopember 2019
Bahasa Indonesia
Sda
4
 Selasa,           Nopember 2019
Bahasa Inggris
Sda


JADWAL
KEGIATAN PERTEMUAN /RAPAT KERJA DENGAN PENGURUS MGMP
MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL
NO
HARI /TANGGAL
TOPIK  BAHASAN
PESERTA

1
,  Januari  2020
1.    Membahas hasil angket penulusuran dan pemetaan dalam upaya peningkatan mutu dan hasil UN tahun 2020.
2.    Menyusun stategi dan rencana aksi dalam merealisasikan upaya peningkatan mutu dan hasil UN tahun 2020.
Pengurus MGMP mata pelajaran UN ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika
2
, Pebruari 2020
1.    Mencari langkah konkrit upaya peningkatan mutu dan hasil UN tahun 2020
Pengurus MGMP mata pelajaran UN ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Matematika






Lampiran
ANGKET
EVALUASI, PENELUSURAN, DAN PEMETAAN PROGRAM PENINGKATAN
HASIL UJIAN NASIONAL

Mata pelajaran             :___________________________________________
Jenjang                        :  SMP

Petunjuk :
Isilah pertanyaan angket di bawah ini dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan fakta  atau persepsi Anda sendiri untuk kebaikan kita bersama membangun pendidikan yang bermutu, khususnya di Kabupaten Tanah Laut. Terima kasih.

1. Selama ini Disdikbud Tanah Laut melaksanakan program dan kegiatan ‘ bedah SKL ‘ bagi guru mata pelajaran yang UN untuk meningkatkan hasil UN. Menurut Anda, kemanfaatan  program dan kegiatan tersebut adalah :
     Pilih  salah satu dengan memberi  tanda ceklist (v) :
                kurang bermanfaat
    
                cukup bermanfaat

               sangat bermanfaat

2. Jika Anda memilih /menjawab ‘ kurang bermanfaat’, lalu solusi program dan kegiatan apa yang menurut Anda dapat menggantikan program dan kegiatan ‘bedah SKL’ tersebut ?
    
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________


3. Jika Anda memilih/menjawab ‘ cukup bermanfaat ‘, lalu bagaimana /apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan untuk meningkatkat kemanfaatan program dan kegiatan’ bedah SKL’ tersebut ?
  ______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

4.  Jika Anda  memilih/menjawab ‘ sangat bermanfaat’ , lalu sebutkan apa saja keunggulan dari program dan kebijakan ‘bedah SKL ‘ tersebut?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

5.  Jika Anda memiliki ide/gagasan/ saran/ masukan dan sebagainya tentang cara atau upaya lain dalam rangka peningkatan hasil UN pada mata pelajaran yang Anda ajarkan saat ini, maka mohon sampaikan ide /gagasan/saran /masukan tersebut !
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________



Post a Comment for "RANCANGAN PROGRAM PENULUSARAN, PEMETAAN, DAN PENINGKATAN MUTU DAN HASIL UJIAN NASIONAL (UN) OLEH SEKSI KURIKULUM DAN PENILAIAN BIDANG BINA DIKDAS,DISDIKBUD TALA"