A.
Pendahuluan
Hasil UN (Ujian
Nasional) menjadi perhatian semua pihak
dalam dunia pendidikan, baik pada skala nasional maupun lokal. Sorotan hingga
kritikan tajam terhadap hasil UN banyak diperhatikan oleh berbagai pihak yang
peduli dengan dunia pendidikan. Hasil UN masih menjadi barometer keberhasilan
dunia pendidikan oleh sebagian besar kalangan yang peduli pendidikan di tanah
air, tidak terkecuali di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Meski, hasil
UN bagi siswa tidak menjadi penentu kelulusan lagi.
Hasil UN SMP di
Kabupaten Tanah Laut pada tahun 2018 lalu memang cukup menggembirakan, berada
di peringkat ke-4 terbaik se Kalimantan Selatan, dan pelaksanakan UN sudah
berbasis komputer atau UNBK semunya. Namun, hasil UN yang sudah cukup baik
tersebut perlu dipertahankan dan tentunya juga patut ditingkatkan semaksimal
mungkin melalui berbagai kebijakan dan program terobosan.
Seksi Kurikulum
dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Tanah Laut menjadi ujung tombak institusi dalam mensukseskan pelaksanaan UN,
termasuk sukses dalam bentuk hasil UN yang terus meningkat setiap tahunnya.
Oleh sebab itu, perlu evaluasi kebijakan dan program yang telah dilakukan
sebelumnya dengan melakukan penulusan dan pemetaan guna peningkatan mutu dan
hasil UN ke depan yang lebih baik lagi.
B.
Bentuk Kegiatan
1.
Melakukan
evaluasi dan pemetaan masalah yang terkait dengan hasil UN
2.
Melakukan
komunikasi dan koordinasi dengan pihak-pihak yang terkait langsung dengan upaya
peningkatan mutu dan hasil UN.
3.
Melakukan
langkah-langkah konkrit dan konstruktif dalam upaya peningkatan mutu dan hasil UN.
4.
Menampung
aspirasi dan saran yang konstruktif dan solutif guna meningkatkan mutu dan hasil UN.
C.
Maksud dan Tujuan
Maksud kegiatan
penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN tersebut
adalah mencari mencari alternatif dalam rangka meningkatkan hasil UN ke depan
secara konstruktif dan solutif.
Adapun tujuan
kegiatannya antara lain :
1.
Melakukan
evaluasi program dan kebijakan yang telah dilakukan melalui penulusan dan
pemetaan masalah dari program dan kegiatan ‘bedah SKL’ selama ini dalam upaya
peningkatan dan mutu hasil UN.
2.
Mencari
alternatif solusi terbaik dalam upaya meningkatkan mutu dan hasil UN melalui
program dan kegiatan alternatif lainnya yang berdasarkan ide, saran, dan
masukan guru-guru mata pelajaran yang di-UN –kan.
D.
Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan
penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN tersebut
adalah guru-guru mata pelajaran UN yang tergabung dalam MGMP mata pelajaran :
(1) Bahasa Indonesia; (2) Bahasa Inggris; (3) Ilmu Pengetahuan Alam; dan (4)
Matematika jenjang SMP / MTs di Kabupaten Tanah Laut.
E.
Waktu Kegiatan
Kegiatan
penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN tersebut dilaksanakan secara
terjadwal sebelum dan menjelang pelaksanaan UN jenjang SMP tahun 2020. Adapun
pelaksanaanya terbagi dalam 2 (dua) periode ; yaitu (1) Masa Konsulidasi :
Nopember –Desember 2019; dan (2) Pemantapan : Januari- Maret 2020.
Jadwal kegiatan
terlampir.
F.
Langkah Kegiatan
Adapun langkah
kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka meningkatkan mutu dan hasil UN
tersebut dilaksanakan dengan : (1) Melakukan kunjungan langsung/ bertatap muka
dengan Pengurus dan guru-guru anggota MGMP mata pelajaran UN yang melaksanakan
pertemuan pada sanggar MGMP di UPTD SMPN 2 Pelaihari; dan (2) Melakukan rapat kerja khusus dengan pengurus
MGMP mata pelajaran UN di tempat yang disepakati.
G.
Hasil yang Diharapkan
Sesuai dengan
maksud dan tujuan yang dipaparkan di atas, maka hasil yang diharapkan adalah
adanya peningkatan mutu dan hasil UN, baik secara kualitatif maupun kuantitaif.
H.
Penutup
Demikian
rancangan program dan kegiatan penelusuran dan pemetaan dalam rangka
meningkatkan mutu dan hasil UN yang dilaksanakan oleh Seksi Kurikulum dan
Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
Kabupaten Tanah Laut.
Pelaihari,
Oktober 2019
Kepala Seksi,
Maslani,
S.Pd
NIP 19631105
198803 1017
Lampiran
JADWAL
KEGIATAN KUNJUNGAN DAN PERTEMUAN
DENGAN MGMP
MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL
NO
|
HARI
/TANGGAL
|
MATA
PELAJARAN
|
TEMPAT
|
1
|
Sabtu, 2
Nopember 2019
|
Matematika
|
Sanggar MGMP
Tanah Laut di UPTD SMPN 2 Pelaihari
|
2
|
Selasa, 5 Nopember 2019
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
Sda
|
3
|
Kamis, 14
Nopember 2019
|
Bahasa
Indonesia
|
Sda
|
4
|
Selasa, Nopember 2019
|
Bahasa
Inggris
|
Sda
|
JADWAL
KEGIATAN PERTEMUAN /RAPAT KERJA
DENGAN PENGURUS MGMP
MATA PELAJARAN UJIAN NASIONAL
NO
|
HARI
/TANGGAL
|
TOPIK BAHASAN
|
PESERTA
|
1
|
, Januari
2020
|
1. Membahas
hasil angket penulusuran dan pemetaan dalam upaya peningkatan mutu dan hasil
UN tahun 2020.
2. Menyusun
stategi dan rencana aksi dalam merealisasikan upaya peningkatan mutu dan
hasil UN tahun 2020.
|
Pengurus
MGMP mata pelajaran UN ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan
Alam, dan Matematika
|
2
|
,
Pebruari 2020
|
1. Mencari
langkah konkrit upaya peningkatan mutu dan hasil UN tahun 2020
|
Pengurus
MGMP mata pelajaran UN ( Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan
Alam, dan Matematika
|
Lampiran
ANGKET
EVALUASI, PENELUSURAN, DAN
PEMETAAN PROGRAM PENINGKATAN
HASIL UJIAN
NASIONAL
Mata pelajaran :___________________________________________
Jenjang : SMP
Petunjuk :
Isilah
pertanyaan angket di bawah ini dengan sejujur-jujurnya sesuai dengan fakta atau persepsi Anda sendiri untuk kebaikan
kita bersama membangun pendidikan yang bermutu, khususnya di Kabupaten Tanah
Laut. Terima
kasih.
1. Selama ini Disdikbud Tanah Laut
melaksanakan program dan kegiatan ‘ bedah SKL ‘ bagi guru mata pelajaran yang
UN untuk meningkatkan hasil UN. Menurut Anda, kemanfaatan program dan kegiatan tersebut adalah :
Pilih salah satu dengan memberi tanda
ceklist (v) :
kurang bermanfaat
cukup bermanfaat
sangat bermanfaat
2. Jika Anda memilih /menjawab ‘ kurang
bermanfaat’, lalu solusi program dan kegiatan apa yang menurut Anda dapat menggantikan
program dan kegiatan ‘bedah SKL’ tersebut ?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Jika Anda memilih/menjawab ‘ cukup
bermanfaat ‘, lalu bagaimana /apa saja yang perlu diperbaiki/ditingkatkan untuk
meningkatkat kemanfaatan program dan kegiatan’ bedah SKL’ tersebut ?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4.
Jika Anda memilih/menjawab ‘
sangat bermanfaat’ , lalu sebutkan apa saja keunggulan dari program dan
kebijakan ‘bedah SKL ‘ tersebut?
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Jika
Anda memiliki ide/gagasan/ saran/ masukan dan sebagainya tentang cara atau
upaya lain dalam rangka peningkatan hasil UN pada mata pelajaran yang Anda
ajarkan saat ini, maka mohon sampaikan ide /gagasan/saran /masukan tersebut !
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Post a Comment for "RANCANGAN PROGRAM PENULUSARAN, PEMETAAN, DAN PENINGKATAN MUTU DAN HASIL UJIAN NASIONAL (UN) OLEH SEKSI KURIKULUM DAN PENILAIAN BIDANG BINA DIKDAS,DISDIKBUD TALA"