CATATAN MENGIKUTI REUNI AKBAR ALUMNI SMPN 2 MARTAPURA. Bagian 2. Acara Reuni Akbar


Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, maka tidak lama setelah penulis duduk bersama dengan Syarkawi, kawan penulis yang pernah mengajar beberapa tahun di SMPN 2 Martapura, maka upacara reuni akbar pun segera dimulai.  Pada barisan kursi paling depan duduk undangan, kepala sekolah, dan guru-guru yang pernah mengajar dan telah pensiun, sedangkan di kursi barisan di belakangnya para alumni dari semua angkatan, dari tahun 1982 hingga yang selanjutnya.
Bagi penulis sendiri, menginjakkan kaki di lingkungan SMPN 2 Martapura, yang kini namanya menjadi SMPN 2 Martapura Timur, merupakan yang pertama kali sejak lulus tahun 1982 silam. Dulu, sekolah ini berlokasi di tengah kota, tepatnya di samping Kantor Bupati Banjar, yang sekarang berdiri gedung DPRD Kabupaten Banjar. Kini, SMPN 2 Martapura /SMPN 2 Martapura Timur berada di Jl.Martapura Lama, Desa Pakauman, Kecamatan Martapura Timur, sekitar 3 kilometer dari lokasi sekolah semula.

Persiapan pelaksanaan acara reuni sudah tuntas dengan hadirnya undangan, selanjutnya pembawa acara /MC pun membuka acara dengan mengajak seluruh hadirin membacakan ‘basmalah’, lalu acara dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin, serta diteruskan dengan mendengarkan  pembacaan ayat-ayat suci al Quran oleh qori.
Berlanjut ke acara berikutnya, sambutan Ketua Umum Panitia Reuni Akbar, Drs. Sufian, AH, MM; yang antara lain mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para guru, alumni, dan para undangan; menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan reuni akbar yang pertama dilaksanakan selama puluhan tahun; mengapreasi dan terima kasih kepada kepala sekolah dan dewan guru yang memfasilitasi hingga terlaksananya reuni akbar ini; menyampaikan terima kasih kepada alumni dan donatur reuni akbar; dan berharap semoga reuni akbar dapat dilaksanakan setiap tahun.

Seusai sambutan Ketua Umum Panitia Reuni Akbar dilanjutkan dengan sambutan dari salah satu alumni SMPN 2 Martapura, yang disampaikan oleh DR. Andin  Sofyanoor, SH, MH, lulusan atau angkatan tahun 1992. Perhelatan reuni akbar yang pertama ini tentunya tidak terlepas dari andil  dan peran dari DR. Andin  Sofyanoor, SH, MH ini bersama dengan kawan-kawan alumni lainnya yang berada di Martapura dan sekitarnya.  Seusai sambutan dari DR. Andin  Sofyanoor, SH, MH diteruskan dengan sambutan Kepala Sekolah SMPN 2 Martapura yang sedang menjabat sekarang ini, Drs.Bujairimi, M.Pd.
Penyarahan cendra mata dan kenang-kenangan dari alumni kepada guru yang purnatugas menjadi acara berikutnya. Panitia sudah menyiapkan bingkisan dan hadiah yang cukup banyak yang berasal dari alumni masing-masing angkatan yang diberikan langsung kepada guru-guru yang sudah purnatugas atau pensiun dan masih hidup.  Kegiatan pemberian bingkisan dan hadiah kenang-kenangan ini merupakan bentuk upaya memelihara hubungan emosional guru dengan muridnya, meski sudah pensiun dan tidak aktif mengajar seperti dulu lagi.

Kegiatan reuni akbar awal tahun 2020 tersebut diisi pula dengan tausyiah agama yang disampaikan oleh KH. Muhammad Syarif Busthomi atau akrab dikenal sebagai Guru Oton oleh masyarakat Martapura dan sekitarnya. Beliau menyampaikan pesan agama yang berkaitan kedudukan dan derajat seorang guru, mengutip ungkapan  Sayyidina Ali Bin Abu Tholib tentang bagaimana pentingnya seorang guru.  Kegiatan reuni akbar seperti ini menurut Guru Oton merupakan bagian dari upaya menghormati guru dan sekaligus menjaga silaturrahim antar alumni.
Menjelang pelaksanaan shalat Dhuhur, sekitar pukul 12.30 WITA, kegiatan reuni akbar utama selesai dan terlaksana sukses dan lancar. Kemudian, peserta reuni akbar menikmati hidangan makan siang yang disediakan oleh pihak panitia. Syukur alhamdulillah, pelaksanaan reuni akbar pertama kalinya ini diliputi oleh suasana keakraban yang kental dan didukung oleh kondisi cuaca yang baik, cerah, terang pula hingga pukul 12.30 WITA pada hari Sabtu, 4 Januari 2020.


Post a Comment for "CATATAN MENGIKUTI REUNI AKBAR ALUMNI SMPN 2 MARTAPURA. Bagian 2. Acara Reuni Akbar "