CATATAN PERTEMUAN DENGAN TIM KOORDINATOR PENYUSUN SOAL UAS SD TANAH LAUT


Penulis bersama tim koordinator penyusun kisi-kisi dan naskah soal UAS (Ujian Akhir Sekolah) SD Kabupaten Tanah Laut  melaksanakan kegiatan pertemuan pada Sabtu, 18 Januari 2020 pada sekitar pukul 13.30 WITA bertempat di sebuah warung makan di Jl. A.Yani, Angsai Pelaihari. Hal tersebut dalam rangkan menindaklanjuti saran dari Hari Widiansyah,S.Pd, Kepala UPTD SDN Pabahan, Kecamatan Pelaihari ,dalam pertemuan rapat kerja K3S (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) SD/MI Kecamatan Pelaihari di UPTD Ujung Batu 1 Kecamatan Pelaihari pada Kamis, 16 Januari 2020 lalu.
Sebelumnya, pada Jumat, 17 Junuari 2020, penulis melakukan pembicaraan awal dengan Hari Widiansyah, S.Pd di ruang kerja penulis untuk membicarakan dan mendiskusikan tindak lanjut dari saran Hari Widiansyah, S.Pd agar segera membentuk tim penyusun naskah soal UAS SD Kabupaten Tanah Laut. Dari hasil pembicaraan dan diskusi tersebut, maka kami merumuskan dan mendata anggota tim koordinator penyusun kisi-kisi dan tim penyusun naskah soal UAS SD Kabupaten Tanah Laut yang akan membantu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam penyelenggaran UAS SD tahun 2020.

Pertemuan pembentukan tim koordinator penyusun naskah soal UAS SD Kabupaten Tanah Laut diikuti oleh 6 (enam) orang guru yang direkomendasikan dan dihubungi oleh Hari Widiansyah, S.Pd. Mereka terdiri dari kepala sekolah dan guru SD yang dianggap telah berpengalaman dan kompeten dalam menyusun kisi-kisi soal dan melakukan mengedit naskah soal yang dibuat oleh tim penyusun soal. Tim penyusun kisi-kisi soal UAS tersebut terdiri dari mata pelajaran yang akan diujikan atau UAS, yaitu : (1)  Pendidikan Agama (PA), (2) PPKn, (3) Bahasa Indonesia, (4) IPA, (5) IPS, dan  (6) Matematika.
Setelah penulis buka dan sampaikan tujuan pertemuan tersebut, maka selanjutnya dibahas tentang kisi-kisi, tim penyusun naskah soal, dan menyiapkan agenda kegiatan pertemuan tim pembuat naskah soal, dan sebagainya. Pembahasan dan diskusi oleh tim koordinator penyusun kisi-kisi tersebut bersifat teknis, seperti mengaani jumlah soal, penentuan atau pembagian prosentase soal  mudah,sedang, dan sulit, hingga penetapan bobot nilai dari soal pilihan ganda dan uraian.
Berdasarkan kesepakatan tim koordinator penyusun kisi-kisi, maka disepakati jumlah soal bervariasi sesuai dengan tingkat kesulitan mata pelajaran masing-masing. Bentuk soal terdiri dari pilihan ganda dan uraian, sedangkan jumlah soal sebegai berikut : (1) Matematika sebanyak 35 butir soal , terdiri dari 30 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian; (2) IPA sebanyak 40 butir soal, terdiri dari 35 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian; (3) IPS sebanyak 45 butir soal, terdiri dari 40 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian;  (4) Bahasa Indonesia sebanyak 45 butir soal, yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian; (5) Pendidikan Agama sebanyak 45 butir soal, terdiri dari 40 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian; dan (6) PPKn sebanyak 45 butir soal, terdiri dari 40 soal pilihan ganda, dan 5 soal uraian.
Seusai pembahasan masalah kisi-kisi dan naskah soal, dilanjutkan dengan pendataan guru yang direkomendasikan menjadi tim koordinator penyusun naskah soal dari masing-masing mata pelajaran UAS tersebut. Penulis menginformasikan kepada koordinator  tim penyusun naskah soal  tentang tim penyusun naskah soal tersebut per mata pelajaran hendaknya diambil dari guru-guru SD yang dianggap terbaik, kompeten dalam bidangnya, mampu mengoperasionalkan komputer/laptop, dan mau bekerja.
Pembahasan dan diskusi dengan tim koordinator berlangsung selama kurang lebih 1,5 jam dalam suasana santai, penulis menutup kegiatan pertemuan ini dengan menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada tim koordinitor yang hadir, serta berharap agar semua yang telah disepakati ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. Kegiatan pertemuan diakhiri dengan menyantap hidangan makan siang dengan menu ‘nasi sop’ khas Banjar. Setelah menikmati makan siang nasi sop Banjar, maka sekitar pukul 15.30 WITA kami bubar dan pulang ke rumah masing-masing.

Post a Comment for "CATATAN PERTEMUAN DENGAN TIM KOORDINATOR PENYUSUN SOAL UAS SD TANAH LAUT"