CATATAN MENGIKUTI RAKOR UJIAN NASIONAL DISDIKBUD PROVINSI KALSEL. Bagian 1. Upacara Pembukaan


Seusai mengisi registrasi, biodata, dan kelengkapan administrasi lainnya di depan ruang aula hotel NASA Banjarmasin yang berada di lantai II pada Kamis, 5 Maret 2020 sekitar pukul 18.00 WITA, penulis dan peserta lainnya dipersilahkan masuk aula untuk mengikuti upacara pembukaan. Penulis mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Provinsi Kalimantan Selatan ini selaku utusan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut bersama dengan  pengelola Ujian Nasional dari Bidang PAUD dan PNF serta operator UNBK.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan bersama rombongan baru saja memasuki aula untuk membuka kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Provinsi Kalimantan Selatan. Tidak berapa lama penulis masuk dan duduk di aula hotel tersebut, upacara  pembukaan pun dimulai meski tidak semua kursi yang disediakan dipenuhi oleh peserta. Peserta RAKOR UN ini diikuti oleh dari unsur dinas pendidikan kabupate /kota dan MKKS SMA dan SMK  kabupaten/kota se Kalimantan Selatan.
Upacara pembukaan RAKOR (Rapat Kerja) UN (Ujian Nasional) Tahun Pelajaran 2019/2020 Provinsi Kalimantan Selatan dibuka dengan ucapan ‘basmalah’ oleh pembawa acara dan diikuti oleh seluruh hadirin pada sekitar pukul 18.15 WITA. Kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia penyelenggara kegiatan yang disampaikan oleh  Yulia Zhahara, ME , yang antara lain melaporkan tentang latar belakang, dasar pelaksanaan, tujuan, hasil yang diharapkan, waktu dan tempat, narasumber, peserta, materi, pembiayaan, dan tata tertib kegiatan. Sebelum mengakhiri laporannya, Ibu Yulia Zhahara, ME memohon kepada  Muhammad Yusuf Effendi, selaku Kepala Dinas membuka kegiatan secara resmi, dan kemudian menutup laporannya dengan beberapa pantun.
Acara berikutnya, sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yusuf Effendi. Dalam sambutannya antara lain diawali dengan penyampaian permohonan maaf kepada hadirin karena terlambat datang ke tempat kegiatan dan akan menyampaikan sambutan hanya pokok-pokoknya saja mengingat waktu Shalat Magrib sudah dekat. Kepala Dinas menyampaikan pokok-pokoknya terkait UN yang antara lain UN tahun ini merupakan UN terakhir, ujian sekolah (US) akan diganti dengan AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) dan SK (Survey Karakter), kebijakan Mendikbud yang baru, persiapan kepanitian UN tingkat kabupaten/kota, persenolia pendukung, data peserta, proses pembelajaran dan sebagainya.
Selanjutnya, Muhammad Yusuf Effendi mengingatkan kepada peserta agar memperhatikan tentang jaringan internet, memeriksa kembali segala perangkat yang mendukung UNBK, dan peserta  ujian agar jangan ada yang melanggar ketentuan atau tata tertib sebagaimana tahun lalu. Selain itu, beliau juga berharap agar pada UN terakhir ini  peserta dapat mengukir prestasi yang terbaik, baik ujian sekolah tingkat SMP maupun SMA serta SMK. Kemudian, dengan mengucapkan ‘basmalah’ Kepala Dinas Pendidikan dan Kebduayaan Provinsi Kalimantan Selatan membuka secara resmi Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Provinsi Kalimantan Selatan secara resmi.
Pembacaan doa menjadi acara terakhir dalam upacara pembukaan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Provinsi Kalimantan Selatan yang dipimpin oleh salah satu peserta dari Kabupaten Hulu Sungai Utara. Setelah pembacaan doa, pembawa acara menutup upacara pembukaan dengan mengajak hadirin untuk bersama –sama mengucapkan ‘hamdalah’. Upacara pembukaan Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020 Provinsi Kalimantan Selatan berakhir sekitar pukul 18 45 WITA.

Post a Comment for "CATATAN MENGIKUTI RAKOR UJIAN NASIONAL DISDIKBUD PROVINSI KALSEL. Bagian 1. Upacara Pembukaan "