CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-KOTABARU. Bagian 13. Sesi Bertemu dengan Calon Penyedia Konsumsi


Masih ada tugas kami ke Kotabaru dalam rangka kegiatan studi banding MKKS SMP Tanah Laut pada tanggal 20 -22 September 2019 nanti. Kami belum bertemu langsung dengan pihak penyedia konsumsi atau katering yang akan menyediakan konsumsi selama beberapa hari di Kotabaru.  Urusan masalah konsusi ini penting, karena sesuai dengan fakta harga makanan yang kami dapatkan di taman Siring Laut Kotabaru dan sekitarnya relatif mahal, tidak sesuai dengan anggaran yang sudah kami tetapkan sebelumnya.

Sesuai dengan janji Supian, S.Pd dengan pihak calon penyedia konsumsi atau katering melalui telpon, bahwa kami akan bertemu langsung dengan penyedia di rumahnya, yang alamatnya tidak jauh dari  taman Siring Laut Kotabaru. Sekitar pukul 08.30 WITA pada Kamis, 5 September 2019 kami sampai di rumah calon penyedia konsumsi tersebut, yang rumahnya berada di tepi laut, sehingga kami harus melewati titian agar sampai ke rumahnya.

Saat kami parker mobil ketika berada di depan gang atau titian menuju rumah calon penyedia konsumsi tersebut, tiba-tiba datang Bahrudin, agen buku yang pernah bertugas di Tanah Laut dan kini bertugas di Kotabaru. Memang penulis ada menghubunginya untuk bertemu di SMPN 1 Kotabaru, namun karena penulis  dan kawan-kawan tidak lama di sana, maka akhirnya dicari hingga bertemu di tempat calon penyedia konsumsi dan katering tersebut. Akhirnya, Bahrudin tersebut ikut ke rumah yang kami datangi.
Kembali, Yuliansyah, M.Pd dan Supian, S.Pd menjadi negosiator dengan pihak calon penyedia konsumsi dan katering, sedangkan penulis hanya menjadi pendamping mereka berdua serta memberikan pertimbangan jika diminta oleh mereka sebelum diputuskan. Mereka merundingkan dengan calon penyedia konsumsi dan katering tersebut secara detil dan rinci tentang konsumsi yang akan dimakan nantinya, baik nasi, lauk pauk, hingga sampai bungkusan atau kotaknya. Semua dibicarakan dan dirundingkan secara jelas agar nantinya sesuai dengan keinginan banyak pihak.
Beberapa lama kemudian telah terjadi kesepakatan tentang penyediaan konsumsi selama berada di Kotabaru bagi peserta studi banding MKKS SMP Tanah Laut pada tanggal 20 -22 September 2019 nanti yang berjumlah 54 orang. Termasuk dalam kesepakatan itu penyediaan konsumsi secara prasmanan di objek wisata Pantai Gadambaan  Sarang Tiung pada Sabtu, 21 September 2019, karena peserta akan berwisata di pantai tersebut.
Setelah semua urusan yang berkaitan dengan penyediaan konsumsi selesai dengan ‘deal’ dengan pihak penyedia konsumsi, maka kami pun mohon pamit untuk melanjutkan dengan kegiatan dan urusan yang lainnya. Sekitar pukul 09.30 WITA kami keluar dari rumah penyedia konsumsi tersebut, dan selanjutnya akan menuju objek wisata Pantai Gadambaan Sarang Tiung. Dengan demikian, kembali urusan konsumsi sudah beres dan tuntas.
Sebelum pergi ke objek wisata Pantai Gadambaan Sarang Tiung tersebut, kami menjemput Bahrudin di parkir depan taman Siring Laut Kotabaru, karena yang bersangkutan akan ikut kami ke pantai tersebut.
####edisikotabaru2019###

Post a Comment for "CATATAN PERJALANAN PELAIHARI-KOTABARU. Bagian 13. Sesi Bertemu dengan Calon Penyedia Konsumsi"