HASIL KEGIATAN MONITORING SAAT dan PASCA KEGIATAN ULANGAN UMUM/ PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1/ GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019-2020 TAHAP/MINGGU KEDUA


Dasar kegiatan monitoring saat dan pasca pelaksanaan ulangan umum/ penilaian akhir semester 1 /ganjil tahun pelajaran 2019-2020 ini adalah (1)Tugas dan fungsi Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Dikdas,Disdikbud Tanah Laut; dan (2) SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) tahun 2019 ( Oktober-Desember) selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Bina Pendidikan Dasar ,Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut.
Adapun maksud kegiatan monitoring saat dan pasca kegiatan ulangan umum semester 1/ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dimaksudkan untuk melihat dan memperoleh data langsung dari pengelola sekolah, baik jenjang SD dan SMP. Sedangkan  tujuannya, antara lain sebagai berikut : (1) Mendapatkan data tentang pelaksanaan sebagaimana disiapkan dalam format /lembar pengamatan yang telah disadiakan: (2) Mendapatkan informasi secara lisan melalui wawancara singkat dengan kepala sekolah  atau ketua panitia ulangan umum terkait dengan kegiatan ulangan umum di sekolah yang dikunjungi.


Tujuan selanjutnya, (3) Mendapatkan contoh /sampel naskah soal yang digunakan saat pelaksanaan ulangan umum tersebut, baik yang dibuat secara kolektif (K3S/MKKS),  maupun sekolah sendiri sebagai bahan kajian analisis dan evaluasi; (4) Memperoleh informasi tentang pengelolaan hasil ulangan umum hingga menjadi laporan penilaian /rapot siswa; dan (5) Mendapatkan informasi lisan/tertulis tentang kurikulum yang digunakan, proses pembelajaran, penilaian, dan informasi terkait kegiatan sekolah lainnya.
Sasaran dari kegiatan pemantauan/monitoring saat dan pasca kegiatan ulangan umum semester 1/ganjil tahun pelajaran 2019/2020 pada dasarnya untuk semua sekolah, namun dalam rangka pengambilan sampel atau uji petik,  maka sasarannya hanya beberapa sekolah di Kecamatan Pelaihari dan sekitarnya, baik jenjang SD maupun SMP negeri dan swasta.
Pelaksanaan kegiatan pemantauan/monitoring saat dan pasca kegiatan ulangan umum semester 1/ganjil tahun pelajaran 2019/2020 mulai saat kegiatan ulangan umum hingga menjelang pembagian rapot semester 1, atau antara tanggal 2 – 21 Desember 2019.  Waktu kegiatan tersebut bersifat fleksibel, dimana ada waktu luang pada hari kerja dan pada pada hari libur kantor (Sabtu), tanpa jadwal yang mutlak.  Waktu kegiatan dibagi dalam tahap/minggu sesuai dengan waktu yang tersedia.
Perlengkapan yang disediakan atau disiapkan untuk mendukung kegiatan pemantauan/monitoring saat dan pasca kegiatan ulangan umum semester 1/ganjil tahun pelajaran 2019/2020 berupa lembar pendataan yang berisi tentang kepanitiaan, jadwal, kepengawasn, daftar hadir pengawas, dan daftar hadir peserta ulangan umum.

Kegiatan monitoring tahap /minggu I (pertama) ini dilaksanakan pada 2- 6 Desember 2019. Fokus pemantauan pada tahap ini lebih dititikberatkan pada pelaksanaan dan mencermati naskah soal yang digunakan pada ulangan umum tersebut.
Dalam tahap/minggu II (kedua) ini dapat dilaporkan data sekolah yang dikunjungi sebanyak Pada kegiatan monitoring tahap /minggu II (kedua) ini dilakukan terhadap beberapa sekolah yang berada di Pelaihari dengan penekanan pada proses atau pemeriksaan dan pengolahan hasil ulangan umum dan pengambilan sampel naskah soal ulangan umum yang digunakan.
Adapun sekolah yang dikunjungi dalam monitoring tahap /minggu II (kedua) ini adalah sebagai berikut : (1) SD Alam Bambu Hijau Pelaihari yang dilaksanakan pada Jumat, 13 Desemner 2019; dan (2)  SMP Sirajul Huda Pelaihari yang dikunjungi pada 14 Desember 2019. Sebagaimana sekolah –sekolah yang telah dikunjungi pada minggu sebelumnya, kedua sekolah ini dalam melaksanakan ulangan umum atau penilaian akhir semester juga ada kepanitiaan, pengawas dan jadwal kegiatan kepengawasan, dan daftar hadir peserta ulangan umum atau penilaian akhir semester.

Pada  SD Alam Bambu Hijau Pelaihari, sekolah ini masih menerapkan Kurikulum 2006/ KTSP, serta  dalam pelaksanaan ulangan umum membuat sendiri naskah soal.  Dari hasil pemeriksaan terhadap naskah soal yang dibuat oleh guru-guru SD Alam Bambu Hijau Pelaihari tersebut diperoleh fakta yang terkait dengan penulisan /kontruksi naskah soal belum sesuai dengan kaidah penulisan soal yang baik sebagai berikut : (1) Jumlah option atau pilihan jawan hanya sebanyak 3 (tiga) pilihan (ABC); (2) Peletakan option/pilihan jawaban banyak yang mendatar ; (3)   option dengan huruf kecil dan awal isi option yang huruf besar; (4) Penulisan titik-titik pada bagian soal relatif sangat banyak, melebihi ketentuannya sebanyak 4 (empat) titik saja; dan (5) Pada kop naskah soal tidak jelas antara nama sekolah atau judul kegiatan.

Sedangkan di  SMP Sirajul Huda Pelaihari, diperoleh fakta bahwa : (1) Sekolah ini memadukan antara pendidikan pesentren (agama) dengan pendidikan umum dengan Kurikulum 2013. Oleh sebab itu, pelaksanaan ulangan umum di sekolah ini terbagi dalam 2 (dua) tahap, yaitu ulangan umum pendidikan umum dan ulangan umum pendidikan pesantren; (2) Selain melaksanakan ulangan umum untuk mata pelajaran pendidikan umum yang sesuai dengan jadwal dari MKKS SMP Tanah Laut, yaitu tanggal 2-10 Desember 2019, sekolah ini juga melaksanakan  ulangan umum bagi mata pelajaran pendidikan pesantren, yang dilaksanakan tanggal 14-21 Desember 2019.

Selanjutnya, (3) Berdasarkan informasi kepala sekolah dan fakta yang ada, bahwa sekolah ini tidak memiliki ruang belajar yang permanen sebagaimana sekolah pada umumnya yang mempunyai ruang kelas. Proses belajar mengajar dan pelaksanaan ulangan umum dilakukan di bangunan atau ruang terbuka berupa gajebo dengan ukuran 4 x 6 meter di ruang terbuka dengan latar belakang pegunungunan.
Demikian hasil kegiatan monitoring pada saat dan pasca pelaksanaan ulangan umum/ penilaian akhir semester 1 /ganjil tahun pelajaran 2019-2020 terhadap SD dan SMP yang telah dikunjungi pada tahap/minggu kedua  tanggal 13 dan 14 Desember 2019.


Post a Comment for "HASIL KEGIATAN MONITORING SAAT dan PASCA KEGIATAN ULANGAN UMUM/ PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1/ GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019-2020 TAHAP/MINGGU KEDUA"