Sebelum memulai tulisan tentang hidden curriculum ini, saya akan
mengutip kisah tentang Nabi Musa a.s dengan nabi Khaidir a.s yang dikenal luas dikalangan umat Islam. Nabi Khaidir a.s memang tidak termasuk dalam
25 nabi yang wajib diketahui dan diimani dalam rukun iman. Meski demikian, nama
Nabi Khaidir a.s dikenal banyak umat Islam karena diceritakan dalam Al Quran
pada Surah Al Kahfi Ayat 60-82.
Kisah yang diceritakan dalam Al
Quran Surah Al Kahfi Ayat 60-82 tersebut pada intinya tentang Nabi Khidir a.s yang
memberikan pelajaran tersembunyi lewat perbuatan-perbuatan yang dilakukannya saat
bersama Nabi Musa a.s dalam sebuah perjalanan. Selama dalam perjalanan tersebut, Nabi Musa a.s selalu bertanya
kepada Nabi Khaidir a.s mengapa melakukan perbuatan yang diluar nalarnya. Kemudian,
pada akhir perjalanan Nabi Khidir a.s pun menjelaskan apa maksud setiap
perbuatannya. Akhirnya, Nabi Musa a.s. dapat mengambil pelajaran dari setiap kejadian
yang memiliki makna tersembunyi didalamnya tersebut.
Begitulah
sebagai kisah inspirasi yang saya sarikan dari kitab suci Al Quran yang yang
penuh pelajaran bagi kehidupan umat manusia. Selanjutnya, saya mengutip tulisan
dari buku yang berjudul “ The Hidden
Curriculum. Membangun Karakter Melalui
Kegiatan Ekstrakurikuler” karangan M.Noor, MA. Dalam pembahasan tentang hidden
curriculum pada bab yang kedua dengan judul “ The Hidden Curriculum dan Sekolah” . Buku tersebut diterbitkan oleh Insan Madani, cetakan pertama
Januari 2012. .
Pada
bagian awal bab tersebut dibahas tentang sejaran the hidden curriculum dalam pendidikan, kamudian dibagian
berikutnya dibahas tentang memahami konsep dan variabel the hidden curriculum. Saya mencoba meringkas dari isi bab buku
tersebut untuk memberikan informasi dan wawasan tentang the hidden curriculum bagi kita semua.
" the hidden curriculum atau kurikulum tersebunyi atau kurikulum terselubung secara umum dapat dideskripsikan sebagai “ hasil (sampingan) dari pendidikan dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya yang dipelajari tetapi tidak secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan”
Menurut
definisi penulis buku tersebut, the
hidden curriculum atau kurikulum tersebunyi atau kurikulum terselubung
secara umum dapat dideskripsikan sebagai “ hasil (sampingan) dari pendidikan
dalam latar sekolah atau luar sekolah, khususnya yang dipelajari tetapi tidak
secara tersurat dicantumkan sebagai tujuan”.
Selain
memberikan definisi sendiri tentang hidden
curriculum, penulisnya juga mengutip beberapa pendapat ahli pendidikan,
baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Penulis mengutip pendapat Jhon D.MC Neil yang mendifinisikan hidden curriculum adalah pengaruh pembelajaran yang tidak resmi
(tidak direncanakan) hal mana bisa melemahkan atau menguatkan dalam
merealisasikan tujuan.
Kemudian
penulis mengutip pendapat Allan
A.Glattron, bahwa hidden curriculum adalah kurikulum yang
tidak menjadi bagian untuk dipelajari, yang secara definitif digambarkan
sebagai berbagai aspek dari sekolah di luar kurikulum yang dipelajari, namun
mampu memberikan pengaruh dalam perubahan nilai, persepsi, dan perilaku siswa.
Memahami
tentang hidden curriculum di atas,
saya menafsirkan bahwa setiap ucapan dan tindakan atau stimulus yang diberikan
oleh guru memiliki tujuan dan dampak dari
tujuan pembelajaran sesuai mata pelajaran masing-masing. Pada sisi lain setiap
guru juga dapat menimbulkan dampak sampingan dari proses pembelajaran yang dilaksanakannya
setiap hari terhadap siswanya. Ada dampak yang yang bersifat nyata dan kontan
sesuai dengan tujuan pembelajaran yang tertulis, namun ada juga dampak yang
tidak dapat terlihat atau tersembunyi.
Dengan
demikian, pembelajaran yang diberikan oleh guru pada dasarnya selain
menyampaikan pengetahuan atau ilmu yang yang sesuai dengan materi pelajaran
yang diajarkan, juga ada nilai esensial lain yang terkandung dalam pelajaran
tersebut. Itulah pentingnya guru memahami setiap materi pelajaran yang akan
diajarkannya dan memberikan nilai esensial yang terkandung di dalamnya. Begitulah
sedikit pemahaman saya terhadap hidden
curriculum. Bagi pembaca yang punya pemahaman lain, silahkan mengungkapkannya
dengan melalui tulisan. Semoga. #DirumahdanMenulisAja.
Post a Comment for "SEKILAS TENTANG THE HIDDEN CURRICULUM"