CATATAN MENGIKUTI SOSIALISASI REFORMASI BIROKRASI LINGKUP DISDIKBUD TANAH LAUT


Bertempat di aula Disdikbud Tanah Laut dilaksanakan kegiatan sosialisasi Reformasi Birokrasi pada Kamis, 14 Mei 2020. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat di lingkup Disdikbud Tanah Laut dengan narasumber dari tim Inspektorat Kabupaten Tanah Laut yang dibuka oleh Plt Kadisdikbud, Jamaluddin, M.Pd. Protokol kesehatan dimasa Covid-19 tetap dilaksanakan dengan menjaga jarak duduk dan wajib memakai masker bagi narasumber dan peserta.
Kegiatan dibuka pada pukul 09.50  WITA dengan pengantar dan arahan dari Plt Kadisdikbud Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd,  yang antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim narasumber dan peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut. Jamaluddin, M.Pd mengharapkan agar sesudah menerima penjelasan dan informasi dari narasumber, pelaksananaan reformasi birokrasi di lingkup Disdikbud Tanah Laut segera dilaksanakan. Kepada tim narasumber dapat memberikan informasi yang terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi, karena pada umumnya peserta banyak yang belum mengetahuinya, baik secara konsep maupun praktiknya.
Seusai pengantar dan arahan Plt. Kadisdikbud Tanah Laut dilanjutkan dengan paparan materi tentang reformasi birokrasi dari tim narasumber Inspektorat Kabupaten Tanah Laut yang terdiri dari Norhidayati, Hj. Rusmiati, dan Kasmiatun. Norhayati selaku narasumber pertama dalam paparan materinya menyampaikan antara lain   membahas tentang LHP BPK dan target reformasi birokrasi yang dicanangkan Bupati Tanah Laut.
Kemudian, Hj. Rusmiati selaku narasumber kedua memberikan materi yang bersifat teknis tentang praktik reformasi birokrasi yang harus dilakukan di lingkup Disdikbud Tanah Laut. Beberapa hal kegiatan reformasi birokrasi di lingkup Disdikbud Tanah Laut antara lain terkait dengan pembentukan tim reformasi birokrasi, kegiatan sosialisasi reformasi birokrasi bagi seluruh pejabat dan staf, penataan organisasi, sistem informasi dan publikasi, dan rekrutmen pegawai.
Selain itu narasumber juga menyampaikan perlunya aplikasi SIMPEG dalam manajemen kepagawaian, pentingnya ada penghargaan dan hukuman terhadap pegawai, membuat spanduk dan sejenisnya untuk gerakan dan kegiatan reformasi birokrasi di lingkup dinas. Narasumber juga membahas perlunya pengelolaan pengaduan masyarakat yang dilayani oleh dinas, baik guru maupun masyarakat umum lainnya. Tidak ketinggalan agar dinas membuat kuisioner atau angket tentang kualitas layanan yang sedikitnya 150 responden dan dalam setahun dilaksanakan sedikitnya 2 kali.
Selesai menyampaikan materi oleh tim narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan peserta. Ada beberapa penanya yang menyampaikan pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh tim narasumber. Pada sesi penutup tim narasumber melalui Norhayati menyimpulkan dan menyampaikan pesan utama kegiatan sosialisasi ini, yaitu tentang muaranya pada inovasi pelayanan yang prima dan sederhana.
Kegiatan sosialisasi tentang reformasi birokrasi bagi pejabat lingkup Disdikbud Tanah Laut ditutup oleh Plt Kadisdikbud, Jamaluddin , M.Pd, dengan kembali menyampaikan terima kasih kepada tim narasumber dan menutup kegiatan dengan ucapan ‘ hamdalah’. Sekitar pukul 12.05 WITA kegiatan ditutup dengan resmi.



Post a Comment for "CATATAN MENGIKUTI SOSIALISASI REFORMASI BIROKRASI LINGKUP DISDIKBUD TANAH LAUT"