UPTD SMPN 7 PELAIHARI, SEKOLAH YANG TERCEPAT MENGIRIM LAPORAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI TANAH LAUT


Semanjak penyebaran pandemi Covid-19  di Indonesia sekitar pertengahan Maret 2020 lalu  mulai merebak,  maka oleh Mendikbud menginstruksikan agar sekolah diliburkan dan pembelajaran dialihkan ke rumah yang dikenal dengan ‘Belajar Dari Rumah atau BDR’. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran wabah tersebut meluas di lingkungan satuan pendidikan, khususnya bagi kalangan guru dan siswa. 
Menindaklanjuti Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang memindahkan pembelajaran dari sekolah ke rumah tersebut. Kemudian, keluar Surat Edaran Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Nomor 800/785/Disdikbud/2020 tertanggal 26 Maret 2020 lalu ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Kadisdikbud  Nomor 800/887Disdikbud/2020 tanggal 2 April 2020 dan Surat Edaran Nomor 800/1119/Disdikbud/2020 tanggal 28 April 2020.

Dalam rangka memantau pelaksanaan pembelajaran dengan pola Belajar Dari Rumah atau BDR tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Seksi Kurikulum dan Penilaian menyebarkan angket pembelajaran dimasa pendemi Covid-19 ke SD dan SMP yang berada di Kabupaten Tanah Laut. Penyebaran dan pengambalian angket tersebut dilakukan secara daring (dalam jaringan)  atau online melalui grup WhatApps kepala sekolah  UPTD SMP se Kabupaten Tanah Laut.
Secara umum, hasil penelusuran dari  laporan yang sudah dikembalikan oleh kepala sekolah SD dan SMP se Tanah Laut yang dikirim pada Ahad, 3 Mei 2020 pada pukul 05.46 WITA, hingga ditutup pada Jumat, 22  Mei 2020 pukul 08.00 WITA sudah terkumpul  56 dari 56 SMP negeri dan swasta , atau 100  %.



"...UPTD SMPN 7 Pelaihari menjadi sekolah yang pertama mengirimkan laporannya pada jenjang SMP, yaitu pada Ahad, 3 Mei 2020,  pukul 08.08 WITA. Hanya sekitar dua jam kemudian sudah mengirimkan laporan dengan disertai foto kegiatan pembelajaran. Sekolah ini dipimpin oleh Hj.Rusmarita, M.Pd, yang melaksanakan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 memadukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau online melalui aplikasi WhatApps dan luring (luar jaringan) atau offline" 

Berdasarkan hasil rekapitulasi data laporan yang masuk, UPTD SMPN 7 Pelaihari menjadi sekolah yang pertama mengirimkan laporannya pada jenjang SMP, yaitu pada Ahad, 3 Mei 2020,  pukul 08.08 WITA. Hanya sekitar dua jam kemudian sudah mengirimkan laporan dengan disertai foto kegiatan pembelajaran. Sekolah ini dipimpin oleh Hj.Rusmarita, M.Pd, yang melaksanakan pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 memadukan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) atau online melalui aplikasi WhatApps dan luring (luar jaringan) atau offline.


" Terima kasih kepada Kepala Sekolah UPTD SMPN 7 Pelaihari, Hj.Rusmarita, M.Pd,  yang dengan cepat mengirimkan laporannya. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada  bapak/ibu kepala sekolah yang menurut data mengirimkan laporan lebih awal, yaitu Kepala Sekolah UPTD: (1) SMPN 2 Pelaihari, H.Fathurrahman; (2) SMPN 2 Kintap, Nyuwito; (3) SMPN 5 Takisung, H.Aliansyah; (4) SMPN 5 Pelaihari, Sri Wahyuningsih;  (5) SMPN 1 Kintap, Wahidin; (6) SMPN 2 Bumi Makmur, Hj.Rosaida; (7) SMPN 6 Pelaihari, H.Rahmad Safitri; (8) SMP Tahfiz Al Quran Darul Istiqomah, Ustad Mahrani; dan (9) SMPN 4 Jorong, H.Jufri" 

Terima kasih kepada Kepala Sekolah UPTD SMPN 7 Pelaihari, Hj.Rusmarita, M.Pd,  yang dengan cepat mengirimkan laporannya. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada  bapak/ibu kepala sekolah yang menurut data mengirimkan laporan lebih awal, yaitu Kepala Sekolah UPTD: (1) SMPN 2 Pelaihari, H.Fathurrahman; (2) SMPN 2 Kintap, Nyuwito; (3) SMPN 5 Takisung, H.Aliansyah; (4) SMPN 5 Pelaihari, Sri Wahyuningsih;  (5) SMPN 1 Kintap, Wahidin; (6) SMPN 2 Bumi Makmur, Hj.Rosaida; (7) SMPN 6 Pelaihari, H.Rahmad Safitri; (8) SMP Tahfiz Al Quran Darul Istiqomah, Ustad Mahrani; dan (9) SMPN 4 Jorong, H.Jufri.
Terima kasih dan apresiasi kepada semua kepala sekolah atas dedikasi dan kerjasamanya   dalam menyampaikan laporan pelaksanaan pembelajaran dimasa Covid-19 di sekolahnya. Semoga pengabdian dan dedikasinya tersebut berbuah kebajikan dan bernilai ibadah disisi Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa. Semoga.
#BangkitPendidikanIndonesia
#DirumahdanMenulisAja

Post a Comment for "UPTD SMPN 7 PELAIHARI, SEKOLAH YANG TERCEPAT MENGIRIM LAPORAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19 DI TANAH LAUT"