DISDIKBUD TANAH LAUT AKAN MELAKSANAKAN WEBINAR PENDIDIKAN

Pendidikan menjadi salah satu sektor kehidupan yang merasakan langsung dampak pandemi COVID-19  yang merebak di Indonesia sekitar awal Maret 2020 yang lalu. Proses pembelajaran yang semula dapat dilaksanakan di ruang-ruang kelas, maka sejak pandemi tersebut makin eluas dan membahayakan keselamatan peserta didik proses pembelajaran dialihkan ke rumah peserta didik dengan pola PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh ) melalui metode  BDR (Belajar Dari Rumah).
Ada sekitar 3 (tiga) bulan pada akhir tahun pelajaran 2019/2020 proses pembelajaran dengan pola PJJ , baik dengan melalui daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan), atau perpaduan keduanya.  Selain proses pembelajaran yang tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, penilaian kolah pun demikian. Sementara itu, pihak sekolah melalui guru yang terus berjuang melakukan upaya maksimal untuk melayani peserta didik agar tetap belajar maski dalam kondisi darurat dan penuh dengan berbagai keterbatasan.
Kini, tahun pelajaran 2020/2021 sudah diambang pintu. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyatakan tetap akan membuka sekolah pada pertengahn Juli 2020  meski tetap menerapkan  BDR  dan pola PJJ  pada sekolah   yang berada di daerah zona merah, kuning, dan orange pandemi COVID-19. Sedangkan daerah zona biru dan hijau masih dapat melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka dengan aturan yang ketat sesuai dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Dalam rangka menyongsong dan menyiapkan sekolah dalam menghadapi tahun pelajaran 2020/2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut melalui Seksi Kurikulum dan Peniian Bidang Binda Pendidikan Dasar akan melaksanakan webinar pendidikan dengan topik " Mengelola Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian  Di Masa Pandemi COVID-19" . Narasumber dalam kegiata webinar pendidikan tersebut  adalah Dr. Zaenal Fanani, M.Ed, Plt Kepala LPMP Kalimantan Selatan.vMenurut agenda yang direncanakan, sebelum pemaparan materi dari narasumber, diawali denngan sambutan dan arahan dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut, Jamaluddin, M.Pd.
Sejak dibuka pendaftaran   pada Rabu, 24 Juni 2020 yang lalu melalui Microsof form hingga Senin, 29 Juni 2020 pukul 06,10 WITA menurut informasi dari A.Muzani selaku admin kegiatan, sudah terdaftar sebanyak 245 dari target 250 peserta. Peserta webinar pendidikan  tersebut dari kalangan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan stakeholder lainnya yang berasal dari Kabupaten Tanah Laut dan daerah lainnya di Kalimantan Selatan.
Kegiatan webinar Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut ini diagendakan dengan susunan sebagai berikut : (1) Pembukaan yang nantinya disampaikan oleh Ahmad Muzani, M.Pd.I yang juga akan bertindak sebagai host; (2) Sambutan dan arahan oleh Jamaluddin, M.Pd, selaku Plt.Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut; (3) Penyajian materi webinar Pendidikan yang disampaikan oleh Dr. Zaenal Fanani, M.Ed, dan akan dipandu moderator, Maslani; (4) Dialog/tanya jawab dengan peserta webinar; (5) Simpulan; (6) Penutup yang dikembalikan kepada Ahmad Muzani, M.Pd.I selaku  host.\
Kegiatan webinar Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut rencananya, sesuai jadwal yang sudah disebarkan dalam undangan ,akan dimulai pada pukul 09.00 - dan diharapkan tuintas pada  12.00 WITA.  Diharapkan kegiatan webinar pendidikan yang pertama kali dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Laut ini dapat terlaksana dan berjalan dengan baik dan lancer. Semoga.

#BangkitPendidikanNegeriku

#DirumahdanMenulisAja


Post a Comment for "DISDIKBUD TANAH LAUT AKAN MELAKSANAKAN WEBINAR PENDIDIKAN"